Pasta Lezat dan Sehat Sebagai Menu Buka Puasa

04 Aug 2017 @ 01:25:42
Oleh OT Handoko
Pasta Lezat dan Sehat Sebagai Menu Buka Puasa
Pasta biasanya disajikan sebagai hidangan utama karena mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak. Kalau Anda sedang bosan makan nasi, pasta memang dapat menjadi selingan yang tak kalah bergizi dan mengenyangkan. Ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, ternyata pasta juga cocok dihidangkan sebagai menu buka puasa. 

Sajian untuk berbuka puasa memang tak selalu identik dengan makanan manis. Kreasi pasta dengan aneka saus pun dapat menjadi pilihan menarik. Sekarang, mari mengenali manfaat gizi yang terkandung dalam pasta serta variasi resep pasta yang simpel dan penuh nutrisi. Maka nanti menu berbuka puasa Anda tak akan terasa membosankan lagi.

Tidak Cuma Kaya Karbohidrat, Tetapi Juga Mengandung Serat

Dalam setiap cangkir sajian spaghetti, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 43gr. Kandungan karbohidrat tersebut juga dilengkapi dengan 6,3gr serat. Artinya, secangkir sajian spagheti membantu memenuhi 17% kebutuhan serat pria dewasa dan 24% kebutuhan serat wanita dewasa. Anda pun akan merasa kenyang lebih lama bila menyantap pasta sewaktu berbuka puasa.

Pasta Juga Bebas Kandungan Gluten

Gluten adalah sejenis protein yang berasal dari biji-bijian dan biasanya juga terdapat pada produk turunannya. Ternyata tidak sedikit orang yang mengalami alergi gluten. Sehingga gejala alergi berupa gangguan kesehatan seperti mual, diare, sakit perut, dan perut kembung pun kerap terjadi. Untuk mencegah hal ini, maka bahan makanan yang mengandung gluten harus dihindari. 

Kini varian pasta bebas gluten (gluten free) dapat menjadi sumber gizi yang tepat bagi Anda. Karena Anda bisa mengolah dan menyantapnya dengan leluasa tanpa khawatir dengan kambuhnya alergi Anda. Pasta yang bebas kandungan gluten biasanya dibuat dari beras hitam, jagung, atau kacang kedelai.

Makanan Sehat untuk Pengidap Diabetes

Pasta termasuk jenis makanan dengan indeks glikemik rendah. Artinya, konsumsi pasta tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara signifikan. Anda pun bebas mengonsumsi pasta dengan porsi seimbang untuk mendukung kebutuhan gizi harian. Bahkan para penderita diabetes juga bisa menikmati pasta sebagai hidangan utama andalannya.

Balita Juga Boleh Menyantap Pasta

Bukan hanya orang dewasa yang bisa memperoleh banyak manfaat gizi dari pasta. Olahan pasta juga bisa dinikmati balita. Salah satu resep pasta istimewa untuk balita adalah pasta dengan daging, keju, dan tambahan saus tomat. 

Cara membuatnya sangat mudah. Anda tinggal merebus pasta hingga matang sempurna lalu menyisihkannya sejenak. Kemudian campurkan daging sapi cincang tanpa lemak, saus tomat homemade, dan keju cheddar yang sudah diparut. Terakhir, tinggal campurkan pasta yang sudah matang dengan tumisan daging, keju, dan saus tomat. Maka buah hati Anda akan mendapatkan asupan protein, kalsium, dan vitamin C dari kreasi menu pasta buatan Anda. Sajian pasta tentu sangat disukai oleh balita yang sedang bosan makan nasi.

Variasi Pasta Lain Tanpa Saus Tomat

Kalau Anda sedang bosan dengan saus tomat sebagai pelengkap pasta, masih banyak bahan lainnya yang bisa dijadikan alternatif. Perpaduan buah alpukat, minyak zaitun, dan sedikit air perasan lemon bisa menghasilkan pasta mayonnaise yang cita rasanya segar. Saus creamy ini cocok disajikan dengan ikan tuna atau udang sebagai pelengkap hidangan pasta. Sensasi buka puasa dengan resep pasta istimewa pasti membuat siapa pun yang mencobanya jadi ketagihan.

Kini Anda bisa memadukan kreasi pasta dengan aneka bahan lainnya yang tersedia di dapur Anda. Jangan bosan berinovasi agar cita rasa pasta buatan Anda semakin istimewa. Mari mencoba berbuka puasa dengan variasi menu pasta yang menggiurkan dan kaya akan kandungan gizi.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..