Patut Ditiru, Inilah Diet Sehat Para Atlet Indonesia Untuk ASIAN Games 2018!

31 Jul 2018 @ 11:46:52
ASIAN Games sebentar lagi! 

Rakyat Indonesia menunggu perhelatan akbar se-Asia digelar sementara para atlet sibuk berlatih untuk mempersiapkan diri dalam ajang tersebut. Sebagai tuan rumah, kontingen atlet Indonesia bertekad untuk dapat membawa pulang medali emas dan menjadi juara umum di ASIAN Games 2018. Banyak persiapan dilakukan untuk mencapai visi itu, termasuk melakukan diet sehat. 

Untuk memaksimalkan kekuatan dan kebugaran tubuh, diet sehat menjadi kunci untuk mendapatkannya. Tak hanya seputar pilihan makanan, ada beberapa hal kunci yang dilakukan. Biar begitu, tidak semua atlet melakukan diet sehat yang sama. Hal itu disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan mereka lakukan. Diet sehat apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Sarapan Dengan Oat, Sereal, atau Granola, Dan Membatasi Asupan Nasi Di Pagi Hari

Sarapan Dengan Oat, Sereal, atau Granola, Dan Membatasi Asupan Nasi Di Pagi Hari

Persiapan para atllet terus dijaga dan diawasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, salah satunya menu sarapan. Sarapan menjadi hal yang penting untuk para atlet menjaga kebugaran tubuh untuk melakukan latihan setiap harinya. Sarapan menjamin adanya tenaga dan kekuatan para atlet. 

Hal ini dilakukan oleh atlet pelari gawang, Emilia Nova, Atlet angkat besi, Surahman Wijoyo, dan para atlet atletik. Emilia Nova mengaku bahwa ia terbiasa sarapan dengan granola yang ditambah dengan susu dan buah-buahan. Untuk Surahman Wijoyo, asupan nasi sebagai sarapan yang justru dihindari agar perut tidak mual ketika latihan. Serupa dengan Surahman, para atlet atletik juga mengganti asupan nasi di pagi hari dengan sereal, roti, susu, kentang, telur dan salad. 

Diet Sehat Dengan Clean Eating dan Menjauhi Makanan yang Digoreng 

Clean Eating dan Menjauhi Makanan yang Digoreng

Sebagai seorang atlet yang akan bertanding di perhelatan akbar seperti ASIAN Games, konsumsi makanan yang diberikan tentu dibatasi. Dilansir oleh Liputan 6, Atlet Angkat Besi 56 Kg, Surahmat Wijoyo mengakui bahwa dirinya mulai melakukan diet sehat yang cukup ketat. 

Diet sehat atlet ASIAN Games ini meliputi mengonsumsi makanan yang direbus, seperti ayam rebus dan sayur rebus, dan menjauhi makanan yang digoreng. Selain itu, ia juga memaparkan bahwa ia tak disarankan untuk mengonsumsi nasi, lebih banyak makanan berprotein yang baik untuk pembentukkan otot dan meningkatkan massa otot. 

Perbanyak Minum Air Putih Untuk Mencegah Dehidrasi

Perbanyak Minum Air Putih Untuk Mencegah Dehidrasi

Selama latihan, para atlet tentu banyak kehilangan cairan yang keluar saat latihan dan kegiatan berat lainnya. Untuk menyiasatinya, air putih menjadi pilihan untuk menggantikan cairan tubuh. 

Dilansir dari berbagai sumber, air putih menjadi pilihan penting bagi para atlet untuk mencukupi cairan tubuh sehingga bahaya dehidrasi bisa dihindari selama latihan. Selain itu, air putih menjadi sumber cairan yang menjaga metabolisme tubuh untuk tetap terjaga selama latihan sampai saat hati-H pelaksanaan ASIAN Games 2018. 

Makanan Padat Bergizi dan Tidur Cepat

Makanan Padat Bergizi dan Tidur Cepat

Makanan memegang peranan penting dalam perkembangan tubuh seorang atlet. Untuk itulah, diet sehat penting dilakukan untuk para atlet menjaga kesehatan dan asupan makanan yang dikonsumsi. Inilah yang dilakukan oleh atlet pelari gawang, Emilia Nova. 

Dilansir oleh Detik, wanita yang akrab disapa Emil ini mengakui bahwa jelang ASIAN Games 2018 dimulai, ia mulai menjalani diet sehat untuk meraih emas di ajang bergengsi se-Asia itu. Ia memaparkan bahwa dirinya mulai makan tidak hanya kenyang, namun juga padat gizi seperti protein, karbohidrat, dan mineral. Selain itu, ia juga mulai membiasakan tidur cepat karena baginya, dengan tidur cepat setiap pukul 21.00, ia bisa mempertahankan kondisi tubuhnya tetap fit untuk latihan setiap hari. 

Menghindari Mie Instan, Bahkan Ada yang Potong Gaji Lho!

Menghindari Mie Instan, Bahkan Ada yang Potong Gaji Lho!

Menyantap semangkuk mie instan tentu akan sangat nikmat, apalagi jika keadaannya sedang dingin dan sejuk. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk para atlet ASIAN Games. Mie instan justru menjadi salah satu menu yang sangat dihindari untuk dikonsumsi. Hal ini diberlakukan karena mie instan kurang mengandung asupan gizi dan tidak baik untuk pembentukan tubuh para atlet. 

Atlet atletik, atlet Softball, dan atlet baseball merupakan segelintir atlet yang memberlakukan jenis diet ini. Mereka dilarang untuk makan mie instan karena bisa mempengaruhi pembentukan dan kebugaran tubuh para atlet. Bahkan, Pengurus Besar Perserikatan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) mengatakan akan memotong gaji atlet selama sebulan jika ketahuan makan mie instan. Wah, wah, wah!

Gimana, Lemonizen? Siap mengikuti diet sehat para atlet ini?


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018