Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Pecinta Kopi Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Menurut Sains

Lulu
Lulu
22 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Inilah 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Berkat tingkat antioksidannya yang tinggi dan kaya akan nutrisi, kopi diyakini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Studi menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit serius. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat bagi kopi, harus pula diiringi dengan pola hidup yang sehat.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 manfaat kopi untuk kesehatan menurut sains:

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkat energi dan kecerdasan

Kopi dapat membantu orang merasa tidak terlalu lelah dan meningkatkan tingkat energi. Ini karena mengandung stimulan yang disebut kafein.

Setelah mengonsumsi kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah. Setelah itu, kafein akan bergerak menuju otak.

Di otak, kafein akan memblokir neurotransmitter adenosis. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinegrin dan dopamin akan meningkat.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi mampu meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memosi, suasana hati, kewaspadaan, energi, dan fungsi mental.

2. Membakar lemak 


Kafein ditemukan di hampir suplemen pembakar lemak. Kafein ini merupakan salah satu zat alami yang sudah terbukti dapat membantu membakar lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 3-11 persen.

Studi lain menunjukkan, kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang yang mengalami obesitas dan 29 persen pada orang yang kurus.

banner consideration promotion bg blue

3. Meningkatkan kinerja fisik


Kafein dapat menstimulasi sistem saraf yang menandakan sel lemak untuk memecah lemak dalam tubuh. Selain itu, kafein juga meningkatkan tingkat adrenalin.

Ketika kafein memecah lemak dalam tubuh, asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar. Mengingat efek ini, tak mengherankan jika kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11 hingga 12 persen.

4. Mengandung nutrisi esensial 


Banyak nutrisi dalam biji kopi yang masuk dalam kopi yang sudah diseduh. Secangkir kopi mengandung riboflavin 11 persen, asam pantotenat 6 persen, mangan dan kalium 3 persen, serta magnesium dan niasin 2 persen.

Jika seseorang mengonsumsi beberapa cangkir per hari, jumlah nutrisi tersebut akan meningkat dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang serius. Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau kurangnya kemampuan tubuh memproduksi insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko terserang penyakit diabetes tipe 2 yang lebih rendah secara signifikan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Studi mengatakan bahwa orang yang minum kopi, paling banyak memiliki risiko 23 hingga 50 persen terkena penyakit diabetes tipe 2.

Menurut sebuah tinjauan dari 18 penelitian yang melibatkan 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 7 persen risiko diabetes.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.