Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Pengertian Analisis Peluang Usaha dan Cara Melakukannya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Analisis peluang usaha sangat penting dilakukan untuk pengusaha pemula.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis ada baiknya jika melakukan analisis peluang usaha terlebih dulu. Sebab, bisa dibilang analisis usaha merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Secara umum analisis usaha adalah kegiatan yang dilakukan meliput dari riset, perencanaan, prediksi, hingga evaluasi suatu usaha baik yang sudah dijalankan ataupun yang baru akan dimulai.


Melakukan analisis usaha sangat perlu dilakukan jika menginginkan hasil yang maksimal dalam memperoleh keuntungan.  Dalam sebuah analisa usaha yang baik biasanya akan terdapat data-data bisnis dari semua aspek yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan mulai dari faktor internal dan eksternal.


Tujuan dilakukannya analisis usaha pada dasarnya untuk memetakan kekuatan usaha yang akan dijalankan dan juga kekuatan kompetitor. Dengan memiliki analisis yang valid dan tepat pelaku bisnis akan lebih siap dan matang dalam menjalankan usahanya pada persaingan pasar yang ketat. Lalu, bagaimana cara melakukan analisis usaha? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

1. Menentukan Peluang Usaha dengan Melakukan Analisis SWOT


Analisis SWOT adalah analisis yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui potensi yang bisa dikembangkan dalam sebuah usaha. Mulai dari kekuatan (strength), kelemahan (weak), kesempatan (opportunity), dan hambatan (threats). Oleh karena itu, untuk langkah awal menentukan peluang usaha dan lakukan analisis SWOT pada ide usaha tersebut.


Dengan melakukan analisis SWOT pelaku bisnis akan mengetahui kelemahan dan hambatan pada usahanya nanti. Sehingga kelemahan dari usaha tersebut dapat diantisipasi dengan cara mencari jalan keluar terlebih dulu. Sedangkan untuk hambatan dan kesempatan yang ditemukan dapat dijadikan sebagai acuan semangat karena akan lebih tertantang dalam menjalankan usaha tersebut.

2. Mengantisipasi Ancaman dengan Membuat Inovasi


Setelah melakukan analisis SWOT, cara melakukan analisis usaha selanjutnya yaitu mempersiapkan diri dari segala kemungkinan ancaman yang berpotensi terjadi. Salah satunya dengan membuat sebuah inovasi yang lebih fresh dan berbeda dengan para kompetitor. Inovasi yang demikian bisa menjadi salah bentuk antisipasi pengusaha terkait dengan risiko yang mungkin saja terjadi pada sebuah usaha. Dengan melakukan tindakan pencegahan terhadap risiko yang bisa saja terjadi sebuah bisnis akan lebih kuat bertahan meskipun dalam kondisi terpuruk sekalipun.

3. Menentukan Target Pasar


Menentukan target pasar adalah hal utama yang wajib dilakukan ketika hendak menjalankan sebuah usaha meskipun sebenarnya target pasar bisa untuk semua kalangan. Tapi akan lebih baik jika target pasar dikategorikan secara spesifik. Mulai dari rentang umur, pekerjaan, dan minat dari target pasar yang ingin disasar. Hal tersebut diperlukan dalam membuat strategi promosi dan pemasaran yang tepat sesuai dengan segmen yang ditujukan.


Sebagai contohnya, sebuah tempat makan memiliki menu makanan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Akan tetapi, pada menu-menu tertentu bisa ditargetkan untuk kalangan tertentu. Misalnya bakmi dengan bumbu super pedas lebih diminati oleh kalangan remaja dan dewasa awal yang mayoritas didominasi oleh anak SMA dan mahasiswa.


Dengan begitu pemilik tempat makan bisa menyimpulkan bahwa target pasar yang dituju memiliki uang jajan yang terbatas. Akhirnya, pemilik usaha bisa lebih tepat menentukan harga makanan sesuai dengan kantong konsumen.

4. Merencanakan Anggaran dan Strategi Pemasaran


Selanjutnya rencanakan anggaran modal usaha mulai dari anggaran produksi, promosi, pemasaran, hingga produk sampai ke tangan konsumen. Lalu tentukan strategi promosi dan pemasaran yang akan digunakan nantinya. Rencanakan strategi promosi dan pemasaran dengan matang disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi secara berkala paling tidak setiap satu bulan sekali untuk mengetahui kinerja dan kemajuan bisnis dalam rentang waktu tertentu.


Analisis peluang usaha bisa menjadi acuan pelaku usaha untuk mengambil keputusan terkait usahanya. Dengan melakukan analisis peluang usaha seseorang dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan pada sebuah bisnis. Semoga bermanfaat ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.