Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Pengertian Bisnis Plan Beserta Panduan Menyusunnya

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Bisnis plan sangat penting diketahui sebelum memulai usaha.

Menyusun bisnis plan adalah langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mulai berbisnis. Rencana bisnis yang kamu susun ini harus mengandung tujuan dan target pencapaian bisnis agar kegiatan usahamu menjadi terarah. Oleh karenanya, rencana bisnis harus mencakup target yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.


Membuat rencana bisnis bukan perkara mudah, namun kamu tetap harus menyusunnya. Hal ini disebabkan karena rencana ini akan menjadi panduan pelaksanaan kegiatan usaha yang kamu lakukan. Jika kamu ingin mengetahui pengertian dan panduan penyusunan rencana bisnis, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Apakah yang Dimaksud dengan Bisnis Plan (Rencana Bisnis)?


Rencana bisnis adalah sebuah perincian secara tertulis yang berisi maksud kegiatan usaha dan tujuan yang hendak dicapai dari sebuah bisnis. Rencana bisnis harus memuat hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas usaha. Hal-hal tersebut misalnya adalah kondisi finansial dan laba-rugi selama bisnis berjalan.


Rencana bisnis hendaknya memuat strategi pemasaran produk dan jenis-jenis kendala yang mungkin timbul beserta solusinya. Perencanaan bisnis yang disusun harus mengandung rencana untuk jangka waktu pendek, sedang, dan menengah. Menyusun rencana bisnis harus dilakukan dengan seksama, simak panduannya berikut ini.

Panduan Menyusun Rencana Bisnis


Banyak orang yang kesulitan saat menyusun rencana bisnis sehingga mereka memutuskan untuk langsung melakukan bisnis tanpa perencanaan. Keputusan ini bisa berakibat fatal karena menjalankan bisnis tanpa rencana akan membuat bisnis menjadi tidak terarah. Berikut adalah panduan menyusun rencana bisnis yang baik untuk mengatur usaha Anda.

1. Melakukan Riset

Melakukan riset adalah langkah awal menyusun rencana bisnis. Siapkan beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan jenis bisnis yang hendak dijalankan. Ketahui keunikan produk Anda yang dapat memberi nilai lebih dibanding pesaing.


Susunlah kuesioner untuk mengetahui keinginan pasar. Penyusunan kuesioner yang dilakukan berdasarkan prinsip 5W1H (apa, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana) akan memudahkan Anda dalam menyusun rencana bisnis.


Langkah selanjutnya adalah melakukan analisa terhadap pasar dan pesaing. Analisa ini kelak akan digunakan dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Analisa pasar juga membantu menentukan tujuan bisnis di masa mendatang.

2. Menentukan Tujuan dan Visi Perusahaan

Penentuan tujuan dan visi dalam rencana bisnis akan membuat calon investor memahami target yang hendak diraih oleh perusahaan. Sebuah rencana bisnis harus mengandung langkah-langkah untuk meraih tujuan tersebut. Anda harus merumuskan cara yang dilakukan untuk mencapai visi dan tujuan perusahaan dalam jangka waktu yang pendek dan panjang.


Apabila bisnis yang Anda jalankan membutuhkan investor, maka susunlah tujuan dan visi sebaik mungkin untuk memikat mereka. Jelaskan tujuan secara rinci dan manfaat yang diperoleh jika memiliki pendanaan. Terangkan bahwa pendanaan memberikan kemungkinan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi dari waktu ke waktu.

3. Menentukan Target Pasar

Penyusunan rencana bisnis selanjutnya adalah penentuan target pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenali terlebih dahulu individu yang hendak menjadi target. Berapa kisaran usianya? Produk yang dipasarkan hendak menyasar kaum pria ataukah wanita? Status sosial dan ekonomi juga perlu diperhitungkan untuk mengetahui daya belinya.


Anda harus memahami perilaku target pasar sebelum menyusun sebuah rencana bisnis. Perilaku ini bisa berupa jenis produk yang sedang digemari pada saat ini. Kenali bagaimana cara target melakukan kegiatan belanja serta apa harapan mereka saat berbelanja. Anda juga harus memahami tipe belanja yang mereka lakukan, apakah secara online atau offline.


Demikianlah pengertian bisnis plan dan cara penyusunannya yang dapat dijelaskan kali ini. Memiliki rencana bisnis yang tepat dapat membantu Anda melangsungkan bisnis secara terarah. Rencana bisnis juga menjadi panduan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik di masa depan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.