Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Pengertian Bonding Antara Ibu dan Si Kecil, Moms Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Pengertian bonding ibu dan anak sangat penting diketahui.

Ikatan emosional antara ibu dan sang anak memang sudah dapat dijalin sejak anak masih di dalam kandungan, umumnya hal ini disebut sebagai bonding. Pengertian bonding adalah ikatan emosional yang kuat antara hubungan ibu dengan sang anak. Bonding atau ikatan ini sangat penting Bunda jalin dengan si kecil. Agar hubungan Anda dengan mereka dapat berjalan dengan baik.

Dalam pengertian bonding tersebut meliputi rasa cinta, kasih sayang, kebahagiaan, kehangatan, dan rasa aman. Jika tanpa adanya bonding Bunda dan si kecil akan tidak saling terhubung. Oleh sebab itu Bunda harus membangun ikatan atau bonding sedini mungkin sejak si kecil dilahirkan, bahkan sejak si kecil dalam kandungan. Agar Bunda memiliki ikatan yang kuat dengan si kecil, berikut ini beberapa cara menciptakan bonding antara ibu dan bayi.

banner consideration shipping bg blue

Mengenai Pengertian Bonding antara Ibu dan Si Kecil

Waktu yang tepat untuk membangun bonding yaitu saat 1000 hari pertama. Atau lebih tepatnya mulai saat di kandungan hingga si kecil berusia 2 tahun. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa bonding sangat diperlukan untuk membangun keterikatan dan menciptakan hubungan ibu dan anak yang harmonis.

Tidak hanya itu bonding juga mempengaruhi si kecil terhadap kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan sosialnya nanti. Bonding juga turut mempengaruhi dalam kemampuan kognitifnya. Bonding yang berjalan dengan baik dapat memberikan dampak yang positif terhadap si kecil.

Ibu yang berhasil membangun bonding dengan sang anak, akan lebih berpeluang memiliki anak dengan kepribadian yang baik. Memiliki kemampuan yang baik dalam menyesuaikan di lingkungan sosialnya, hingga memiliki kemampuan kecerdasan yang baik. Kegagalan membangun bonding atau terlambat melakukannya dapat membuat si kecil mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.

Jika hal tersebut terjadi akan mengakibatkannya memiliki kepribadian yang tertutup, kurang percaya diri, dan merasa tidak merasakan kasih sayang penuh dalam dirinya. Berikut beberapa faktor yang membuat terjadinya kegagalan saat membangun bonding dengan si kecil:

1. Kondisi Psikologi Sang Ibu


Ketika seorang ibu baru melahirkan mereka perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Hal ini membuat sebagian wanita mengalami depresi yang dapat berdampak pada proses bonding dengan si kecil.

banner consideration promotion bg blue

2. Keadaan Fisik Sang Ibu


Secara keseluruhan kondisi fisik ibu yang baru melahirkan masih tergolong lemah dan belum stabil. Sehingga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat terjadinya kegagalan terhadap bonding antara ibu dan si kecil. Selain itu, kondisi seorang ibu yang bekerja dan memiliki waktu yang terbatas juga dapat mempengaruhi.

3. Adanya Gangguan pada Anak


Pada si kecil yang mengalami gangguan ketika dilahirkan juga dapat berpengaruh dalam proses bonding. Misalnya saja terhadap anak yang memiliki kondisi medis yang kronis dan perlu perawatan intensif seperti di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Tentunya akan menghambat proses bonding yang dilakukan ibunya dan dapat menyebabkan kegagalan.

Itulah pengertian bonding yang harus dipahami oleh orang tua. Dalam membangun bonding dengan si kecil, sebenarnya terdapat banyak cara. Mengajak si kecil berinteraksi sejak masih dalam kandungan juga bisa Bunda lakukan untuk mulai membangun bonding. Setelah si kecil lahir Bunda juga bisa melakukan inisiasi menyusu dini setelah pemotongan tali pusar.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Menurut sebuah penelitian inisiasi menyusu dini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Cara selanjutnya, Bunda perlu memperbanyak waktu melakukan skin to skin dan rutin menyusui si kecil. Posisikan si kecil di atas perut dan dada Anda ketika menyusui, agar kulit saling bersentuhan. Meskipun si kecil masih belum dapat mengerti ucapan Anda. Usahakan untuk sering mengajaknya mengobrol. Dengan begitu Bunda bisa membangun bonding dengan si kecil.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.