Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Pengertian Investor yang Harus Kamu Ketahui Lebih Dalam

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Pengertian investor penting diketahui dan dipahami lebih dalam.

Pengertian investor yang dimuat dalam KBBI yaitu penanam modal atau uang. Yang dimaksud dalam hal ini adalah seseorang yang menanamkan uangnya untuk modal usaha agar bisa mendapatkan keuntungan. Dalam dunia usaha dikenal adanya investor yaitu orang yang mempercayakan uangnya untuk dijadikan sebagai modal oleh pihak lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Berbeda lagi dengan Nasarudin dan Surya yang mengatakan bahwa investor adalah perseorangan ataupun lembaga baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan kegiatan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Penjelasan tersebut dimuat dalam buku Aspek Hukum dan Pasar Modal.

banner consideration shipping bg blue

Pengertian dan Definisi Investor


Penjelasan singkat di atas sudah cukup menggambarkan apa pengertian investor. Bisa disimpulkan secara garis besar pengertian investor adalah orang atau pihak baik perorangan maupun berupa lembaga yang melakukan investasi atau menanamkan modalnya pada suatu hal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara finansial.

Tempat dimana investor menempatkan uang atau modalnya disebut dengan investee yang  bisa berupa perusahaan maupun perorangan. Investee inilah yang akan mengelola dan mengolah dana investor agar bisa mendapatkan keuntungan. Berdasarkan pada prinsip bisnis maka investor dan investee saling ketergantungan dan mempengaruhi satu sama lain.

Investor memberikan dananya untuk dikelola dan mendapatkan keuntungan sedangkan investee membutuhkan modal agar  bisa menjalankan serta mengembangkan usahanya. Dana yang disetorkan tersebut akan dikelola investee dan nantinya pada jangka waktu tertentu dikembalikan pada investor beserta keuntungan yang didapatkan.

Jenis-Ienis Investor


Investor sendiri ada beberapa jenis yang dibedakan sebagai berikut :

banner consideration promotion bg blue

1. Investor Aktif

Investor aktif adalah seseorang yang ikut serta memantau bagaimana kinerja atas investasi mereka. Dalam hal ini seorang investor memang butuh bantuan dari ahli yang bertindak sebagai manajer investasi.

Contoh investor aktif misalnya saham dimana seseorang harus aktif memantau pergerakannya serta cermat membaca peluang. Seorang investor aktif hendaknya mempunyai intuisi dan pengamatan yang tajam agar bisa sukses serta mendapatkan keuntungan dari investasinya tersebut.

2. Investor Pasif

Berkebalikan dengan investor aktif, investor pasif tidak perlu terlibat secara langsung dalam pengelolaan investasinya. Biasanya investor pasif ini lebih bersifat konservatif dan memilih jenis investasi jangka panjang dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Investor pasif tidak berminat pada model pengembalian investasi secara cepat dan risiko yang tinggi. Contoh dari investor pasif misalnya investasi dalam bentuk properti seperti tanah ataupun bangunan juga emas.

3. Investor Strategis

Sedangkan yang dimaksud dengan investor strategis yaitu perusahaan skala besar yang ingin menanamkan modalnya dengan melihat bahwa teknologi startup berjalan searah tujuan jangka panjang dari perusahaan tersebut. investor strategis ini membutuhkan sumber daya yang cukup luas dan keterampilan khusus di bidang domain.

Manfaat Investor


Adanya investor memiliki beberapa manfaat antara lain yaitu :

  1. Digunakan untuk pembiayaan kebutuhan dasar.
  2. Memenuhi kebutuhan yang sifatnya jangka panjang.
  3. Bisa dipakai untuk membiayai kebutuhan keluarga misalnya biaya sekolah, renovasi rumah dan lain sebagainya.
  4. Menghasilkan uang dalam jumlah lebih banyak tanpa adanya rasa kuatir.
  5. Mencapai tujuan yaitu mendapatkan keuntungan pada akhir jangka waktu yang telah ditentukan.
  6. Bisa menambah relasi utamanya dalam dunia bisnis.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian investor beserta jenis dan manfaatnya. Jika kamu menanamkan modal kepada pihak lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial maka kamu sudah bisa disebut sebagai investor. Pilih instrumen investasi yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.