Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Pengertian Marketing Mix, Tujuan dan Fungsinya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Marketing mix sangat penting dipelajari pengusaha pemula agar usaha berkembang.

Saat ini istilah marketing mix atau disebut juga pemasaran campuran sering kali terdengar, terutama pada kalangan pebisnis. Marketing mix merupakan suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen-elemen untuk mencapai target marketing yang diinginkan. Menurut Buchari Alma, marketing mix adalah suatu kegiatan promosi yang mengombinasikan berbagai jenis strategi marketing. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kombinasi marketing yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


Salah satu di antara perkembangan konsep marketing mix yang paling banyak dikenal dan digunakan para pebisnis adalah 7P. Teknik ini diperkenalkan oleh Booms dan Bitner yang terdiri dari empat elemen 4P dan tiga elemen baru, yakni 3P.  7P ini terdiri dari harga, proses, tempat, produk, promosi, orang, dan kemasan.


Konsep pemasaran ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar yang ingin memperluas bisnisnya. Akan tetapi juga digunakan oleh pebisnis yang baru membangun dan mengembangkan bisnis. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja konsep, tujuan, dan fungsi marketing mix, simak pembahasan berikut ini!

1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)


Tujuan dilakukannya bauran pemasaran yaitu untuk melakukan direct marketing atau pemasaran langsung. Pemasaran langsung merupakan sebuah bentuk sistem marketing interaktif yang bisa menggunakan media iklan lebih dari satu untuk mendapatkan tanggapan atas transaksi yang bisa diukur di suatu lokasi.

2. Advertising (Periklanan)


Advertising atau periklanan menjadi salah satu bentuk kegiatan promosi yang penting dalam melakukan marketing mix. Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan periklanan yaitu untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi tentang produk atau jasa kepada target konsumen. Tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)


Sales promotion merupakan kumpulan strategi promosi yang dirancang untuk mendorong target konsumen melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa. Kegiatan promosi penjualan biasanya dilakukan dalam jangka pendek dan tidak dilakukan berulang-ulang. Biasanya dengan memberikan diskon, pengadaan event, pemberian sampel produk atau layanan jasa gratis, pemberian kupon, dan lainnya. Tujuan dilakukan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis yang dilakukan dalam waktu tertentu saja.

Fungsi Marketing Mix

Marketing mix memiliki fungsinya tersendiri. Beberapa fungsinya adalah:

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya bauran pemasaran, konsumen atau pelanggan bisa membeli produk yang berasal dari produsen. Tujuannya untuk digunakan secara pribadi atau untuk dipasarkan kembali dengan menggunakan uang untuk membeli produk tersebut atau dengan melakukan pertukaran antar produk.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik sebuah produk dilakukan dengan cara mengirim produk menggunakan ekspedisi dan kemudian menyimpan produk tersebut. Produk yang diproduksi oleh produsen akan disalurkan melalui jalur darat, laut, maupun udara untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Untuk penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan produk agar tidak terjadi kekurangan pada saat dibutuhkan oleh konsumen.

3. Fungsi Perantara

Pemasaran berfungsi sebagai alat perantara dalam menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen yang terhubung dengan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.


Selain ketiga fungsi tersebut, bauran pemasaran juga memiliki fungsi lain di antara yaitu:

  • Berperan sebagai sales, fungsi utama pemasaran adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis dengan cara melakukan berbagai penawaran.
  • Berperan sebagai promosi, pemasaran berfungsi untuk memberikan informasi sebuah produk kepada masyarakat luas agar lebih dikenal oleh banyak orang.
  • Berperan sebagai riset dan pengembangan, pemasaran juga berfungsi untuk mencari informasi yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas produk maupun kinerja penjualan produk pada sebuah perusahaan.

Marketing mix adalah sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai macam elemen untuk mencapai target yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Setelah mengetahui tujuan dan fungsi marketing mix semoga kamu dapat lebih berkembang lagi dalam membangun strategi pemasaran pada bisnis.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.