Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Pengertian Squat Thrust dan Cara Tepat Melakukannya

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Squat thrust adalah olahraga menguatkan otot tubuh yang wajib dilakukan setiap hari.

Salah satu olahraga yang bisa menguatkan otot tubuh adalah squat thrust. Pada dasarnya, squat thrust adalah olahraga yang merupakan perpaduan antara gerakan plank, squat, dan juga loncat. Gerakan olahraga ini juga bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Namun, memang cukup menguras tenaga. Walau menguras tenaga, squat thrust memiliki manfaat kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan. Apa saja? Simak di bawah ini:

1. Jantung Sehat


Dengan gerakan squat thrust ini, jantung kamu bisa lebih sehat, karena detak jantung yang meningkat dapat meningkatkan kesehatan organ itu sendiri, juga sirkulasi darah dan oksigen dapat berjalan dengan lebih optimal.

2. Tubuh Aktif


Manfaat berikutnya dari olahraga satu ini adalah karena seluruh tubuh yang bergerak, maka metabolisme kamu akan meningkat sekaligus daya tahan tubuh dapat lebih terlatih.

3. Membakar Kalori

Tak hanya meningkatkan metabolisme, gerakan ini juga dapat membantu tubuh kamu dalam membakar kalori. Beberapa hal yang memengaruhinya adalah kondisi berat badan, tinggi badan, jumlah gerakan hingga durasinya.

4. Melatih Otot


Squat thrust juga dapat menjadi salah satu cara untuk melatih otot-otot tubuh kamu, seperti halnya pada bagian otot perut, punggung, hamstrings, triceps, quadriceps, glutes, juga otot pundak.

Cara Melakukan Squat Thrust yang Benar


Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, kamu juga harus melakukan gerakannya secara tepat. Karena olahraga ini merupakan kombinasi, baiknya kamu pahami dulu tata cara melakukannya, seperti:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar pundak.
  • Taruh kedua tangan di samping badan.
  • Turunkan bokong hingga berada pada posisi squat dan kedua tangan kamu yang berada di lantai.
  • Pindahkan kaki atau tendang sehingga kamu berada dalam posisi plank.
  • Langkahkan kaki ke depan atau loncat dan kembali ke posisi squat.
  • Kembali pada posisi awal atau berdiri.

Beberapa kesalahan dapat terjadi pada gerakan squat thrust ini, seperti halnya masalah pada postur tubuh. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindarinya:

  • Lakukanlah secara mengalir atau pada satu rangkaian gerakan. Berhentilah ketika berdiri atau squat.
  • Aktifkan bagian otot yang ada pada bokong, kaki, dan pinggang untuk mengangkat beban, menghindari beban terlalu banyak atau terpusat di pundak.
  • Aktifkan otot saat melakukan olahraga ini.
  • Tulang belakang harus berada dalam posisi tegak.
  • Ketika transisi squat menuju berdiri, jaga dan perhatikan keseimbangan kamu.

Jika kamu membawa beban, perhatikan dan usahakan supaya beban tersebut tidak turun ke bagian depan tubuh setelah diangkat. Karena dapat menyebabkan tubuh lebih condong ke arah belakang dan berisiko cedera pada bagian punggung.


Meski terlihat nampak sederhana, gerakan squat thrust ini memerlukan effort dan ketelitian ketika melakukannya, terutama dalam hal menjaga keseimbangan tubuh. Untuk pemula yang ingin melakukan kegiatan ini secara rutin, selain membaca tata cara di atas juga dapat dipandu oleh instruktur yang tentunya sudah berpengalaman di bidangnya. Setelah rutin dan terbiasa, kamu juga dapat menambahkan gerakan lain pada olahraga ini, seperti push up atau mengangkat beban.


Itulah pengertian dari olahraga squat thrust dan bagaimana cara melakukannya. Pada dasarnya, squat thrust adalah olahraga yang mengkombinasikan berbagai gerakan olahraga lain. Dengan melakukan squat thrust otot tubuh kamu bisa menjadi semakin kuat dan sehat. Semoga seiring dengan pengetahuan yang bertambah, kamu juga dapat mengaplikasikannya pada keseharian dan menjadi lebih sehat tentunya. Selamat mencoba, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.