Pengganti Susu Sapi? Ini 5 Manfaat Susu Beras

15 Mei 2020 @ 04:48:35
Selama ini susu sapi dikenal sebagai jenis susu yang paling bernutrisi untuk dikonsumsi. Namun sayangnya, tidak semua orang menyukai jenis susu ini. Beberapa diantara mereka ada yang alergi dengan baunya, maupun dengan kandungan gizi di dalamnya. Solusinya adalah mengkonsumsi jenis susu lain, seperti contohnya adalah susu beras. Berikut ini adalah manfaat susu beras yang juga sangat bernutrisi untuk tubuh.

5 Manfaat Susu Beras yang Belum Banyak Diketahui


1. Memiliki Alergen yang Rendah



Susu beras merupakan salah satu jenis susu nabati yang bisa dijadikan pengganti susu sapi. Kandungan laktosa yang tinggi pada susu sapi bisa memicu alergi pada sebagian orang. Untuk itu, susu beras bisa menjadi solusi karena memiliki alergen dan kadar laktosa yang rendah dibandingkan dengan susu sapi. Susu beras sendiri aman diminum untuk semua kalangan. Mulai dari muda, tua, dewasa, anak-anak semua usia bisa mengkonsumsi susu beras ini.

2. Rendah Lemak Tak Jenuh dan Kolesterol



Manfaat susu beras yang kedua adalah rendah lemak jenuh dan juga kadar kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam susu beras berkisar satu gram per cangkir. Hal ini termasuk dalam kategori rendah lemak tak jenuh dan kolesterol dibandingkan dengan susu sapi.

Oleh karena itu, susu beras ini aman dikonsumsi untuk orang yang ingin diet rendah kolesterol dan lemak. Selain itu, minum susu beras ini juga bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya juga berkhasiat mengontrol tekanan darah.

3. Kaya Kalsium dan Fosfor



Satu cangkir susu beras dipercaya dapat memenuhi kebutuhan 30 persen kalsium dan 15 persen fosfor yang dibutuhkan tubuh. Kedua kandungan mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk memelihara tulang maupun gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga dipercaya membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal, membantu menjaga selaput sel, dan mendukung fungsi otot. Sementara fosfor sendiri diperlukan tubuh untuk mengaktifkan vitamin B.

4. Kaya Akan Vitamin



Susu beras yang dijadikan pengganti susu sapi ini ternyata juga mengandung kaya vitamin. Sebanyak 25% vitamin B12, 10% vitamin D, 4% vitamin A terkandung di dalamnya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Ketiga vitamin ini mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh.

Dimana vitamin B12 membantu menunjang sistem saraf dan memproduksi sel darah merah, vitamin D yang bagus untuk tulang dan membantu mengurangi risiko kanker, dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

5. Mengandung Banyak Antioksidan



Kandungan selanjutnya yang terdapat dalam susu beras adalah mengandung lebih banyak mangan dan selenium dibanding dengan alternatif susu nabati lainnya. Antioksidan kuat sendiri membantu melindungi tubuh dari segala jenis infeksi dan kanker. Selain itu, susu beras juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cuaca yang sering berubah-ubah tak tentu, bisa membuat virus mudah menyerang imunitas tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya mengkonsumsi susu beras ini. Cara membuat susu beras ini juga cukup mudah. Tinggal siapkan semua bahan, mulai blender, nasi merah, dan air. Campur semua bahan menjadi satu dan masukkan ke dalam blender, kemudian saring perlahan sehingga susu tampak lebih jernih.

Dari kelima manfaat susu beras di atas, dapat disimpulkan bahwa susu beras ini bisa menjadi alternatif terbaik pengganti susu sapi. Selain mudah didapatkan, dengan cara membuatnya sendiri, kini kamu juga bisa mendapatkannya dengan mudah. Produk dari Lemonilo bisa menjadi salah satu pilihan terbaik kamu!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020