Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Penjelasan Diet DEBM, Cara Turunkan Berat Badan Tetap Makan Enak

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Jun 2020
Clock Icon
3 menit
Penjelasan Diet DEBM, Cara Turunkan Berat Badan Tetap Makan Enak
Belakangan diet DEBM tengah populer. Diet ini mengklaim dapat menurunkan berat badan hingga 2 kilogram hanya dalam seminggu. Menariknya lagi, orang yang menjalani diet ini masih tetap bisa makan enak tanpa harus olahraga apalagi minum obat loh! 

Diet Enak Bahagia Menyenangkan atau lebih dikenal dengan diet DEBM. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono yang menerapkan metode diet untuk menurunkan berat badan dengan membatasi asupan karbohidrat dan lebih memperbanyak asupan protein dan lemak.

Berdasarkan pengalamannya Robert sendiri mengaku telah berhasil menurunkan puluhan kilogram berat badannya setelah mengikuti diet ini. Beberapa tahun lalu, Robert pernah mengalami lonjakan berat badan dari 78 kilogram menjadi 107 kilogram. 

Namun setelah mengikuti metode diet ini, beratnya turun menjadi 75 kilogram. Dari hasil tersebut Robert menulis buku mengenai diet ini yang sekarang sudah dicetak ulang sebanyak 4 kali. Lalu bagaimana cara diet ini?

1. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat, Tinggi Lemak dan Protein



Hal pertama yang harus diketahui pelaku diet ini yaitu menu makanan diet yang dianjurkan adalah tinggi lemak dan protein. Ketika sehari-hari biasanya mengonsumsi menu makanan berkarbohidrat, kali ini harus diganti dengan konsumsi menu tinggi lemak yang nantinya dijadikan sumber energi pengganti peran karbohidrat.

Kebiasaan mengkonsumsi nasi yang jelas tinggi karbohidrat dan kandungan gulanya, kini harus diganti dengan makanan lain yang berprotein dan berlemak, seperti telur, ikan, ayam, daging, atau keju. 

2. Diwajibkan Sarapan



Hal wajib yang tidak boleh dilupakan pelaku diet adalah sarapan. Menu sarapan juga harus yang mengandung protein dan lemak tinggi, jauh karbohidrat, seperti ayam, telur, ikan, keju, alpukat, dan berbagai macam jenis daging lainnya. Sarapan akan membuat perut kenyang lebih lama. Sebaliknya bila tidak sarapan akan memicu lapar yang akhirnya malah mengkonsumsi makanan secara acak.

3. Perbanyak Lemak dan Protein Tinggi



Perbedaan dari diet jenis ini dengan diet lainnya yaitu pelaku diet justru disarankan untuk memperbanyak makan lemak. Hal ini berbeda dengan metode diet kebanyakan mengharuskan menjauhi lemak.

4. Menjauhi Makanan Pantangan Saat Menjalankan Diet



Cara selanjutnya untuk menjalani diet ini yaitu dengan mengutamakan konsumsi lemak dan protein tinggi tapi rendah karbo. Namun, ada juga beberapa makanan pantangan yang harus dihindari pelaku diet ini, yaitu nasi dan mie, makanan berupa tepung, kentang, gula, ubi, singkong, beras ketan, beras hitam, dan beras merah.

Sementara untuk buah yang harus dihindari antara lain pepaya, semangka, pisang, mangga, dan melon. Sebagai gantinya dianjurkan konsumsi buah alpukat, stroberi, apel, dan pir.

5. Pilihan Menu Diet DEBM



Agar diet berjalan sukses maka kamu  bisa memilih  menu diet berikut untuk dijadikan menu sehari-hari.
  1. Daging merah di antaranya daging sapi, daging kambing, daging babi.
  2. Daging unggas, yaitu daging ayam, dan daging bebek.
  3. Ikan, dari jenis ikan salmon, ikan haddock, dan ikan forel.
  4. Telur, lebih disarankan telur omega-3.
  5. Sayuran, seperti bayam, brokoli, dan wortel.
  6. Buah, hanya buah jeruk, apel, pir, stroberi, dan blueberry.
  7. Kacang-kacangan, yaitu almond, walnut, dan biji bunga matahari.
  8. Produk olahan susu seperti keju, butter, dan yogurt.
  9. Minyak esensial yaitu minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak ikan.
Nah itulah penjelasan diet DEBM, cara turunkan berat badan tetap makan enak yang bisa diterapkan. Namun perlu diingat untuk selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter sebelum menjalankan diet ya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.