Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Apakah Kafein Baik untuk Kesehatan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
10 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Kafein

Lemonizen, apakah kamu suka mengonsumsi kafein? Secara umum, kafein dapat kamu temukan dalam minuman seperti kopi, teh dan minuman berenergi. Kafein sejak lama populer dikonsumsi karena dianggap dapat meningkatkan fokus dan menghilangkan rasa kantuk. Namun di sisi lain, kafein juga punya efek samping yang dapat menyebabkan gangguan pola tidur hingga kecemasan. Sehingga bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein dapat mengganggu kesehatan tubuhnya. Jadi, sebenarnya apakah kafein baik untuk kesehatan? Dilansir dari Healthline, ini penjelasan ilmiah mengenai kafein yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsinya.

banner consideration shipping bg blue

Apa itu kafein?

Kafein merupakan stimulan alami yang paling banyak ditemukan pada tanaman teh, kopi, dan kakao. Kafein bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat, membantumu tetap waspada dan mencegah kelelahan. Minuman ringan berkafein memasuk pasar pada akhir 1800an. Saat ini, 80 persen populasi di dunia diketahui mengonsumsi produk berkafein setiap hari dan jumlah ini meningkat hingga 90 persen untuk orang dewasa di Amerika Utara.

Cara kerja kafein

Setelah dikonsumsi, kafein dengan cepat diserap dari usus ke aliran darah. Kemudian, kafein bergerak ke hati dan dipecah menjadi senyawa yang dapat memengaruhi fungsi berbagai organ.Konon, efek utama kafein ada di otak. Kafein berfungsi memblokir efek adenosis yang merupakan neurotransmitter yang membuat otak merasa rileks. Biasanya, tingkat adenosin menumpuk sepanjang hari dan menyebabkan kelelahan dan kantuk. Kafein membantu tubuh tetap terjaga dengan menghubungkan ke reseptor adenosin di otak tanpa mengaktifkannya. Ini mengurangi efek adenosin sehingga perasaan lelah pun berkurang. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kadar adrenalin darah dan meningkatkan aktivitas otak dari neurotransmitter dopamin dan norepinefrin. Kombinasi ini selanjutnya menstimulasi otak dan meningkatkan kondisi gairah, kewaspadaan, dan fokus. banner consideration promotion bg blue

Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kafein secara alami ditemukan pada biji, kacang-kacangan, dan daun tanaman tertentu. Sumber alami ini kemudian dipanen dan diproses untuk menghasilkan makanan dan minuman berkafein.

Berikut dalah jumlah kafein per porsi (240 ml) dari beberapa minuman yang banyak dikonsumsi:

1. Espresso: 240-720 mg 2. Kopi: 102-200 mg 3. Minuman energi: 50-160 mg 4. Teh: 40-120 mg 5. Minuman ringan: 20-40 mg 6. Kakao: 2-7 mg 7. Susu cokelat: 2-7 mg

Beberapa makanan juga mengandung kafein. Misal, 1 ons susu cokelat mengandung 1-15 mg kafein dan 1 ons cokelat hitam mengandung 5-35 mg kafein.

Manfaat kafein

1. Meningkatkan mood dan fungsi otak


Kafein memiliki kemampuan untuk memblokir molekul pensinyalan otak adenosin. Ini menyebabkan peninkatan pada molekul pensinyalan lain seperti dopamin dan norepinefrin. Perubahan pesan otak ini dianggap bermanfaat untuk suasana hati dan fungsi otak. Sebagaimana sebuah studi melaporkan, risiko depresi 13 persen lebih rendah jika mengonsumsi kafein.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kafein mampu merangsang sistem saraf pusat sehingga kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 11 persen dan membakar lemak hingga 13 persen. Secara praktis, mengonsumsi 300 mg kafein per hari memungkinkan tubuh membakar 79 kalori ekstra setiap hari.

3. Meningkatkan kinerja olahraga

Ketika berolahraga, kafein dapat membantu meningkatkan penggunaan lemak sebagai bahan bakar. Ini bermanfaat karena kafein dapat membantu glukosa yang disimpan di otot dan bertahan lebih lama. Kafein juga dapat meningkatkan kontraksi otot dan meningkatkan toleransi terhadap kelelahan. Para peneliti mengamati, dosis 5 mg kafein per kg berat badan meningkatkan kinerja daya tahan hingga 5 persen. banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.