Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Penting Dilakukan, Kenali 8 Ciri Pengendalian Emosi Diri

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak ciri ciri pengendalian emosi diri yang penting diketahui.

Emosi merupakan bagian dari diri manusia. Selama ini, cukup banyak yang salah mengartikan bahwa emosi adalah ketika seseorang merasa marah. Nyatanya, merasa sedih, kecewa, senang, kesal, dan lain sebagainya merupakan bagian dari emosi yang ditunjukkan melalui ekspresi tertentu. Adanya emosi tertentu, dapat memengaruhi perilaku orang tersebut. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui ciri-ciri pengendalian emosi diri.


Sebab, emosi memang harus dikendalikan. Jika emosi negatif yang dirasa, maka tindakan pun juga bisa dapat negatif, begitupun sebaliknya untuk emosi positif. Inilah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan emosi yang dirasakan, diantaranya:

1. Berpikir dan Bersikap Positif


Walaupun  keadaan buruk tak dapat dihindari, tapi kamu bisa merubah sudut pandang dalam memandang dan menyikapi hal tersebut. Pilihlah untuk berpikir dan bertindak berdasarkan sudut pandang yang positif.


Selain itu, tenangkan diri. Caranya bisa dengan menarik napas perlahan sembari menutup mata. Sadarilah tentang apa yang sedang dipikirkan dan dialami saat itu. Cara ini dapat membuat kamu lebih tenang dan berpikir lebih jernih.

2. Hindari Situasi yang Dapat Memunculkan Emosi Negatif


Selanjutnya, cara lain yang dapat membantu mengendalikan emosi negatif adalah dengan menghindari penyebab. Misalnya, kamu sering kesal dengan pekerjaan yang menumpuk dan merasa stres. Maka, mulai saat ini buatlah jadwal, time management atau tentukan skala prioritas untuk menghindari kekesalan di kemudian hari.

3. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan


Ciri-ciri pengendalian emosi negatif lainnya yaitu alihkan dengan melakukan kegiatan yang positif atau hobi yang dimiliki. Beberapa alternatif kegiatan yang bisa dipilih:

  • Berolahraga
  • Mempelajari skill tertentu
  • Berkumpul dengan para sahabat atau keluarga 
  • Tersenyum atau tertawa

4. Mengetahui atau Mengenal Emosi 


Agar dapat mengendalikan emosi, hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengenali apa yang sedang dirasakan dan alasannya. Ketika kamu sudah mengenal perasaan tersebut, dinilai cenderung tidak akan berperilaku labil.

5. Melampiaskan Emosi dengan Cara yang Sebenarnya


Apa pun bentuk emosi yang kamu rasakan, baik itu senang, sedih, kecewa, atau marah pastikan melampiaskan dengan cara yang benar dan tidak merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Jika sedih silakan menangis, apabila sedang senang kamu juga boleh tersenyum atau tertawa.

6. Tentukan Prioritas


Ciri-ciri pengendalian emosi diri lainnya adalah dengan menentukan prioritas. Emosi merupakan sesuatu yang bersifat situasional. Emosi dapat berubah, tergantung  pada apa yang sedang kamu hadapi. Maka, yang dimaksudkan prioritas adalah biarkan emosi itu mengalir sesuai dengan keadaannya. Ketika sedang sedih, tak apa menangis, tidak perlu memaksa diri untuk menahan sedih dan segera berbahagia. Semua ada porsinya.

7. Menyadari Dampaknya


Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, bahwa emosi yang kamu rasakan dapat berdampak pada orang lain. Cukup banyak kasus di mana kita seringkali abai dengan orang lain ketika terbawa emosi, sehingga penting untuk memahami bahwa emosi yang dirasakan dapat bersinggungan dengan orang lain.

8. Belajar untuk Beradaptasi


Jika kamu tidak dapat beradaptasi dengan keadaan, maka sulit juga berdamai dengan emosi yang dirasa. Keadaan tidak akan selalu sama dan berlangsung selamanya, maka adaptasi itu menjadi hal penting dalam menanggapi emosi.


Itulah dia berbagai ciri-ciri pengendalian emosi diri yang dapat kamu adaptasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain melakukan hal yang kamu senangi atau hobi, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah berkonsultasi pada dokter jika memang pengendalian emosi yang ada pada diri sendiri terasa sulit dan menyebabkan munculnya kondisi lain yang berpotensi merugikan diri sendiri.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.