Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Penting, Ini Saran Dokter untuk Jaga Kesehatan Jantung!

dr. Alvin Wijaya
dr. Alvin Wijaya
06 May 2021
Clock Icon
4 menit
penyakit jantung

Penyakit jantung masih menjadi penyakit dengan penyebab kematian tertinggi di dunia. Data World Health Organization (WHO) menyebutkan lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.


Sedangkan data Sample Registration System (SRS) 2014 yang dipaparkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan penyakit jantung berada di tingkat kedua sebagai penyakit penyebab kematian terbanyak setelah stroke. Ada setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia yang menderita penyakit jantung. 


Lebih mengkhawatirkan lagi karena penyakit jantung koroner (PJK) juga dapat menyerang kelompok usia produktif (usia 20 hingga 40 tahunan). Ini terjadi seiring masifnya sedentary lifestyle (tren gaya hidup kurang gerak) dan pola makan yang tidak sehat pada masyarakat.




Mulai Hidup Sehat dengan Hal yang Paling Mudah

Jika selama ini kamu merasa terjerat dalam gaya hidup tidak sehat dan jadi pribadi yang mager-an alias malas gerak, sudah saatnya kamu beralih ke gaya hidup yang lebih sehat demi kesehatan jantungmu kedepannya.


Jangan khawatir, kamu bisa mengawalinya dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dalam hidup dimulai dari hal yang paling sederhana seperti bangun lebih pagi untuk berjalan kaki sebentar di pekarangan/komplek rumah. 


Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan 5 hal lain seperti penjelasan berikut.


banner consideration shipping bg blue

1. Usahakan Rutin Berolahraga/Melakukan Aktivitas Fisik

Orang dewasa memerlukan setidaknya 30 menit waktu untuk olahraga setiap harinya (selama 5 hari atau lebih dalam seminggu). Kalau biasanya kamu jarang berolahraga, sebagai langkah awal kamu bisa memulainya dengan hal sederhana seperti jalan kaki di pagi hari atau sambil mengajak binatang peliharaan ke luar rumah di sore hari. 


Lemonizen juga bisa memanfaatkan waktu bersama anak untuk berolahraga, misal dengan mengajak mereka main bola kaki atau basket di halaman rumah. Atau, bisa juga pilihan untuk berjalan mengitari mall bersama rekan dan keluarga di akhir pekan.


Jika sulit beraktivitas fisik selama 30 menit sekaligus, kamu bisa membaginya menjadi tiga waktu (masing-masing 10 menit di pagi, siang, dan sore hari). Penting diingat, yang dimaksud dengan olahraga berarti adanya peningkatan denyut jantung yang mungkin membuat kamu sedikit terengah-engah namun masih dapat berbicara dengan lancar.


2. Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat

Lemonizen perlu mengingat beberapa aturan mengonsumsi makanan seperti berikut.


Pertama, kamu harus mengurangi konsumsi lemak jahat. Ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%. Selanjutnya, hindari makanan kalengan ataupun processed food karena kandungan garamnya sangat tinggi. Kamu perlu mengurangi konsumsi garam hingga 1500 mg per hari.


Lalu usahakan makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan (setidaknya 600 gram setiap harinya). Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, mengonsumsi buah dan sayur juga dapat mengurangi risiko stroke dan kanker, bahkan membantu menurunkan berat badan. 


Terakhir, perbanyak konsumsi biji-bijian yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, seperti pasta dari gandum, oatmeal, quinoa, dan beras coklat.  


banner consideration promotion bg blue

3. Penting untuk Hindari Stres

Stres adalah teman baik dari penyakit jantung. Kamu perlu memberikan waktu untuk jeda bagi tubuh dan pikiranmu dari pekerjaan atau hal-hal lain yang melelahkan dan membuat stres. Usahakan untuk meluangkan waktu melakukan aktivitas yang menyenangkan dan membuatmu lebih rileks.


4. Berhenti Merokok!

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung namun juga dapat menimbulkan kanker, penyakit paru, menopause, infertilitas, dan komplikasi kehamilan. Demi kesehatan jantung dan usia harapan hidup yang lebih lama, yuk mulai berhenti merokok mulai dari sekarang.


Saat ini penyakit jantung belum dapat disembuhkan 100%. Kondisi jantung tidak bisa dikembalikan seperti semula atau normal kembali jika kamu terkena penyakit jantung koroner. Cara mengobatinya yaitu dengan terapi obat-obatan, prosedur pembedahan, dan mengubah gaya hidup untuk menahan kondisi jantung agar tidak terus drop. 


Jawab Pertanyaan: "Bagaimana Caramu Menjaga Kesehatan Jantung?" dan Menangkan 1 unit Philips Blender 5000 Series 2L Glass!


Periode giveaway: 7-31 Mei 2021


Syarat dan Ketentuan:

1. Peserta wajib login dan melengkapi profil/akun dengan data yang benar serta melakukan verifikasi e-mail.

2. Pemenang akan dipilih di akhir periode giveaway setiap bulannya (31 Mei 2021)

3. Pemenang kuis mendapatkan hadiah 1 unit Philips Blender 5000 Series 2L Glass. Biaya pengiriman hadiah ke masing-masing pemenang akan ditanggung oleh Lemonilo.

4. Pemenang giveaway akan diumumkan melalui akun instagram Lemonilo dan melalui artikel ini.

5. Konfirmasi data pemenang ditunggu paling lama 5 hari setelah tanggal pemenang diumumkan. 

6. Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Lemonilo dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.

7. Lemonilo berhak mengubah syarat dan ketentuan giveaway tanpa pemberitahuan sebelumnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.