Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Tips Melayani Customer Online Supaya Terus Berlangganan

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
15 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
melayani pelanggan
Dalam berwirausaha atau berjualan, pasti kita familiar dengan ungkapan “konsumen adalah raja”. Artinya kamu yang memiliki bisnis/usaha harus melayani konsumen maupun calon konsumen dengan sangat baik.

Itulah mengapa kualitas layanan harus benar-benar baik, jika tak ingin jualanmu hanya bertahan seumur jagung. Sebab sebaik apapun produk yang kamu jual, namun jika layanan yang kamu berikan kurang baik, konsumen bisa jadi malas untuk kembali melirik jualanmu.
banner consideration shipping bg blue

Agar tak salah langkah dalam memberikan layanan kepada konsumen, inilah beberapa tips melayani pelanggan yang bisa kamu terapkan.

1. Berikan sapaan yang ramah

Saat mulai melayani konsumen, pastikan kamu memberikan sapaan awal yang ramah. Kesan pertama yang kamu berikan untuk konsumen bisa menjadi gerbang pembuka bagi kelancaran usahamu ke depannya.

Jika konsumen sudah mendapat kesan buruk untuk pertama kali, maka tak menutup kemungkinan tak akan ada repurchased yang dilakukan oleh konsumen. Sebagai pembuka, kamu bisa bertanya kepada konsumen soal hal apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka.

2. Tanggapi konsumen dengan cepat dan responsif

Konsumen seringkali malas jika berhadapan dengan online shop yang sangat lambat dalam merespon chat mereka. Ketika mendapat respon yang sangat lambat, konsumen akan merasa tidak mendapat pelayanan yang baik dan diabaikan.

Sebisa mungkin, berikan respon yang cepat saat ada konsumen yang menghubungi untuk menanyakan soal dagangan yang kamu tawarkan. Kecepatan respon dalam melayani juga bisa menambah rasa kepercayaan konsumen terhadap usaha yang kamu jalankan.

3. Berikan jawaban atas pertanyaan konsumen dengan jelas

Saat konsumen menghubungi, kamu pasti akan mendapat beragam pertanyaan terkait dengan usaha yang kamu miliki. Luangkan waktu untuk menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh konsumen terkait order yang sedang atau akan mereka lakukan.

Jangan lupa juga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas, agar konsumen tidak bingung dengan jawaban yang kamu berikan.
banner consideration promotion bg blue

Hal lain yang lebih memudahkan, kamu bisa membuat kolom FAQ (Frequently Asked Questions) di situs jualan yang kamu miliki. Setelah sekian banyak melayani konsumen, pasti ada pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan. Kamu bisa mendata pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memasukkannya dalam kolom FAQ. Sehingga sedikit banyak cara ini bisa membantu konsumen mendapat informasi yang lebih jelas.

4. Memberikan nilai tambah kepada konsumen

Saat mulai berjualan, tentu kamu menginginkan memiliki konsumen yang loyal dan selalu melakukan pembelian ulang pada produk yang kamu tawarkan. Namun, untuk memiliki konsumen yang loyal tidaklah mudah. Kamu harus memiliki nilai tambah, agar banyak konsumen yang loyal terhadap usaha yang kamu jalankan.

Nilai tambah tak cuma soal kualitas produk yang baik saja, tetapi hal-hal lain yang bisa membuat konsumen terus kembali seperti misalnya bonus untuk pembelian tertentu, diskon, gratis ongkir, dan sebagai macamnya.

5. Manfaatkan media sosial untuk mendapat kritik dan saran dari konsumen

Terakhir, mungkin ada hal-hal yang bisa membuat konsumenmu merasa tak puas. Sebagai pemilik usaha, kamu tak boleh menutup mata terhadap hal-hal ini. Kritik dan saran dari konsumen tetap harus kamu dengarkan untuk perkembangan jualanmu ke depannya.

Salah satu cara untuk bisa menghimpun kritik dan saran dari konsumen adalah dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa melakukan semacam polling atau kolom QnA di fitur media sosial. Dengan begitu, baik konsumen maupun calon konsumen bisa memberikan pendapat mereka terhadap usaha yang kamu jalankan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Membangun sebuah usaha memang tak melulu soal menyediakan barang-barang yang berkualitas untuk dijual, kualitas layanan pun tak boleh begitu saja dilupakan. Sebagus apapun barang kamu jual, kamu bisa saja kehilangan konsumen jika memberikan pelayanan yang buruk.

Tertarik berwirausaha tapi bingung harus mulai dari mana? Yuk, gabung di program Wiranilo sekarang. Selain bisa menjual 40+ produk resmi Lemonilo sambil menyehatkan Indonesia, kamu juga akan dibekali berbagai tips dan strategi pemasaran GRATIS langsung dari para ahlinya di Wiranilo Class!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.