Pentingnya Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Pilihan mengajak anak main di luar ruangan seringkali memunculkan dilema bagi orang tua. Tak dapat dipungkiri masih banyak orang tua yang khawatir melepas anaknya main di area terbuka seperti halaman, lapangan atau tempat-tempat lain di luar rumah. banner consideration shipping bg blue

Alasan yang paling dominan dilontarkan: cemas anaknya kepanasan, kehujanan, terluka, kotor usai bermain dan terjangkit kuman sehingga bisa mendatangkan penyakit.

Padahal terlepas dari semua kekhawatiran tersebut, membiarkan anak bermain di luar dan membebaskannya bereksplorasi sangat baik bagi perkembangan kreativitas dan daya imajinasinya. Pun, daya tahan tubuhnya jadi lebih teruji sehingga ia turut kuat dan berkembang secara fisik.
Lalu, apa lagi manfaat penting yang didapat dari membiarkan anak bermain di luar ruangan?

1. Vitamin D dari Sinar Matahari Bagus untuk Kesehatan Anak Lho!

1. Vitamin D dari Sinar Matahari Bagus untuk Kesehatan Anak Lho!
Main di luar rumah memang bakal bikin anak terpapar sinar matahari langsung, tapi orang tua tak perlu khawatir berlebihan. Ini karena, sinar matahari mengandung vitamin D yang justru baik untuk kesehatan anak karena dapat membantu tumbuh kembang, kesehatan jantung dan kesehatan tulang mereka. 

Sinar matahari mengandung vitamin D yang justru baik untuk kesehatan anak karena dapat membantu tumbuh kembang, kesehatan jantung dan kesehatan tulang mereka.

Izinkan anak main di luar ruangan pada waktu yang tepat yaitu pagi dan sore hari. Hindari bermain di luar ruangan pada pukul 10.00 hingga 15.00 karena di waktu tersebut matahari sedang terik-teriknya sehingga dapat membuat kulit anak jadi terbakar.

2. Si Kecil Jadi Punya Banyak Pengalaman

2. Si Kecil Jadi Punya Banyak Pengalaman

Orang tua bisa mengajak anak bermain sepeda, sepatu roda atau skuter di luar rumah. Permainan yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi seperti ini akan memberi anak-anak banyak pengalaman dan keterampilan baru sehingga mendorong rasa percaya diri dan memuaskan mereka saat bereksplorasi. 

banner consideration promotion bg blue

Main sepeda, sepatu roda atau skuter di luar rumah akan memberi anak pengalaman dan keterampilan baru sehingga dapat mendorong rasa percaya dirinya.

Yakinlah ayah dan bunda, mereka akan terus tertantang untuk mencoba keterampilan baru atau meningkatkan kemampuannya dari sebelumnya. Ini bagus untuk membiasakan mereka menghadapi tantangan dan memupuk rasa percaya diri.

3. Bagus untuk Melatih Ketahanan Fisik

3. Bagus untuk Melatih Ketahanan Fisik
Jika aktivitas fisik di dalam ruangan cenderung terbatas, maka di luar ruanganlah kesempatan terbaik anak untuk melatih ketahanan fisiknya. Di luar ruangan, mereka benar-benar mengandalkan kekuatan fisik untuk bermain misalnya dengan menggerakkan otot untuk berlari, melompat, kejar-kejaran, mengayuh sepeda dan berayun. Si kecil dituntut bisa menyeimbangkan dan mengoordinasikan tubuh saat sedang bermain.  Tentu ini bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik dan fisik mereka.
Pentingnya Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan
Nah, ayah dan bunda mulai sekarang jangan lagi khawatir membiarkan anak bermain di luar ya. Biarkan mereka bebas bereksplorasi asalkan tetap di bawah pantauan ayah dan bunda. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain di halaman rumah atau lapangan, ayah dan bunda juga bisa ajak si kecil main di luar rumah dengan mengunjungi Festival Anak dan Keluarga Wonderfest di Jakarta Convention Centre pada 20-23 Juni 2019.  Di sana, anak bisa bermain sambil belajar di zona-zona yang sesuai dengan minatnya dan bisa mengeksplorasi dirinya dengan seru.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami