Penyakit Tipes, Jangan Remehkan ini Gejala, Penyebab dan Mengatasinya

01 Jul 2020 @ 16:14:59
Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang pencernaan manusia adalah tipes. Penyakit tipes akan berkembang satu hingga tiga minggu setelah kamu terinfeksi awal. Apabila kamu mengalami tipes, tentu ada gejala-gejala tertentu yang kamu rasakan misalnya badan menjadi lemas dan pusing hingga demam tinggi. Inilah informasi lengkap seputar jenis penyakit ini. 

Demam tifoid atau yang biasa dikenal tipes adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Biasanya tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri S. typhi kadang terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, lalu bakteri tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan bertambah banyak. Hal ini yang akan membuat terjadinya tipes. 

Ketika kamu mengalami tipes, maka gejala yang umumnya terjadi biasanya panas tinggi. Tidak hanya itu, badan akan terasa lemah, lelah, pusing, menggigil, sakit perut, perut kembung, diare, sakit tenggorokan, dan parahnya bisa menyebabkan kematian. Selain bakteri salmonella typhi, kebiasaan buruk sehari-hari juga bisa menjadi penyebab tipes. Adapun kebiasaan tersebut antara lain :

1. Kebiasaan Jajan Sembarangan

Jajan sembarangan bisa menyebabkan tipes. Hal ini dikarenakan bakteri penyebab tipes biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses, dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi akibat jajan sembarangan. 

2. Tidak Menjaga Kebersihan Makanan 

Mengkonsumsi ikan atau makanan laut juga bisa menjadi penyebab tipes. Dikarenakan ikan yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi tinja/urine yang terinfeksi bakteri penyebab tipes, juga bisa membuat kamu mengidap tipes.

3. Mengonsumsi Air Minum yang Kotor 

Penyebab tipes selanjutnya adalah karena mengkonsumsi air minum yang kotor. Tanpa kita sadari, kotoran atau tinja manusia bisa masuk mencemari air minum kamu. Jika kamu suka membeli minuman dingin, tentunya hal ini harus diperhatikan. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman yang digunakan masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

4. Menggunakan Toilet yang Kotor 

Bakteri Salmonella typhi akan bertahan sekalipun berada di tinja orang yang terinfeksi. Apabila kamu menggunakan toilet yang tercemar tinja penderita tipes dan tidak dibersihkan secara menyeluruh, maka kamu yang tadinya sehat-sehat saja juga bisa terinfeksi. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hadirnya penyakit tipes ini:

1. Membiasakan Diri untuk Selalu Cuci Tangan 



Mencuci tangan adalah salah satu pencegahan awal untuk menghindari semua penyebab tipes. Mencuci tangan sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet. Lebih baik kamu membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk berjaga-jaga saat air tidak tersedia.

2. Menghindari Jajan Sembarangan 



Hindari untuk jajan sembarangan agar kamu tidak terkontaminasi bakteri penyebab tipes. Lebih baik lagi untuk membawa bekal dari rumah dan membuatnya sendiri. Karena kita sudah tahu betul bagaimana higienisnya makanan kita. 

3. Menghindari Makan Sayur atau Buah Tanpa Dimasak Dahulu 



Apabila kamu makan sayuran atau buah, pastikan kamu mencucinya dengan air yang bersih. Bahkan lebih amannya lagi, kamu bisa memasak atau mengukus makanan yang akan dimakan terlebih dahulu.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan bagaimana cara mencegah penyakit tipes. Setelah mengetahuinya, yuk hidup sehat agar tidak terkena bakteri penyebab tipes. Dengan tidak jajan sembarangan, kamu bisa terhindar dari tipes. Dan pola hidup sehat tentunya akan lebih aman daripada membeli makanan di luar. 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020