Penyebab Alergi Dingin (Biduran) Inilah Cara Mudah Mengatasinya

27 Aug 2020 @ 12:25:42
Alergi dingin atau biduran secara medis sering disebut sebagai urtikaria. Ini merupakan kondisi suatu ruam kemerahan yang muncul pada kulit, biasanya menyebabkan rasa gatal maupun efek kulit terasa melepuh. Meskipun biduran ini sering dikaitkan oleh reaksi terhadap alergi makanan, nyatanya biduran ini juga dipicu beberapa hal lain seperti stress, efek samping mengkonsumsi obat, suhu dingin atau panas dan juga infeksi. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit yang tengah mengalami biduran?

1. Jauhi faktor Pemicu Biduran



Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ruam merah yang muncul di kulit terhadap biduran tidak semata-mata disebabkan oleh alergi makanan tertentu. Tetapi juga ada faktor lain yang mendorongnya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi biduran ini adalah dengan menjauhi faktor pemicunya.

Contohnya adalah ketika biduran muncul setelah makan makanan tertentu, maka pastikan kamu bisa menghindari mengonsumsi makanan tersebut. Atau jika biduran yang biasa menimpamu terjadi karena stress, maka sebisa mungkin lakukan relaksasi untuk mengurangi stress.

2. Gunakan Kompres Dingin


Menempelkan sesuatu yang bersifat dingin pada kulit bisa membantu meringankan iritasi dan mencegah rasa gatal. Hal ini juga bisa kamu terapkan ketika sedang mengalami biduran karena alergi dingin. Kamu bisa mengompres dengan sebongkah es yang telah dilapisi handuk dan menempelkannya ke daerah yang dirasa gatal. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, dan lakukan hal ini sebanyak empat kali sehari.

3. Mandi dengan Larutan Anti Gatal



Jika sekujur kulit terasa gatal karena terinfeksi biduran ini, kamu bisa mandi dengan menambahkan larutan anti gatal untuk mengatasinya. Ada banyak produk yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah oatmeal koloid yang digunakan khusus untuk mandi. Jika kamu tidak menemukan oatmeal ini kamu bisa menggunakan satu genggam soda kue.

Pastikan jika kamu menghindari perawatan kulit yang dapat menyebabkan iritasi. Beberapa jenis sabun yang biasa dijual di pasaran mengandung pewangi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan justru menambah rasa gatal. Untuk itu, hindarilah sabun jenis ini. Kamu bisa menggunakan produk lotion khusus untuk kulit sensitif yang mampu meringankan rasa gatal. 

4. Jaga Suasana Sejuk



Tahukah kamu, jika suhu yang panas dapat membuat rasa gatal semakin parah. Gunakan pakaian tipis yang longgar dan berbahan nyaman dan juga menyerap keringat untuk menghindari hal ini. Untuk itu, pastikan kamu menjaga suhu udara di dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman. Hindari juga duduk di bawah sinar matahari karena hal ini bisa meningkatkan suasana panas dalam tubuhmu, sehingga malah memicu rasa gatal ke sekujur tubuh. 

5. Mengoleskan Obat


Jika langkah-langkah di atas tidak kunjung juga mengatasi biduran alergi dingin kamu juga bisa mengkonsumsi obat maupun mengoleskan obat yang efektif untuk meredakan rasa gatal. Kamu bisa berobat ke dokter atau pun membeli obat di apotek. Kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung anti gatal seperti golongan antihistamin dan losion kalamin.

Jika biduran yang kamu alami sangat luas dan sering kambuh, jangan anggap sepele begitu saja. Segeralah untuk ke dokter agar dapat mendapatkan obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi biduran akibat alergi dingin. Pastikan selalu menjaga pola makan maupun jenis makanan yang dikonsumsi agar biduran tidak terjadi. Jangan ragu untuk berobat ke dokter agar biduran tidak semakin parah dan meluas.

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020