Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Penyebab Bayi Rewel dan Susah Tidur, Lemomoms Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab bayi rewel dan susah tidur penting diketahui sejak dini.

Tak hanya orang dewasa, bayi ternyata juga sering kali mengalami susah tidur di malam hari, disertai dengan rewel. Hal ini umumnya  dianggap karena bayi sedang lapar atau perlu mengganti popok. Moms perlu tahu penyebab bayi rewel dan susah tidur agar dapat mengatasinya dengan bijak. Sebab, tidak bisa dipungkiri bayi yang rewel terus bisa membuat Moms merasa kelelahan setelah seharian beraktivitas.


Sebelum mencari tahu bagaimana untuk mengatasinya, ada baiknya terlebih dahulu Lemomoms mengetahui penyebabnya. Selain lapar, sebenarnya apa saja yang menyebabkan bayi menjadi rewel dan susah tidur? Ini jawabannya.

1. Bayi Belum Memiliki Jam Biologis yang Mengatur Waktu Tidurnya


Bayi baru lahir tentu saja belum memiliki jam biologis yang teratur karena ritme sirkadian belum terbentuk. Ritme sirkadian merupakan jam biologis pada tubuh yang mengatur kapan waktunya tubuh harus tidur dan kapan bangun.


Kebanyakan bayi akan tidur nyenyak pada siang hari sehingga kesulitan tidur pada malam hari dan kadang kala disertai dengan rewel. Apabila ini terjadi, tentu saja kualitas tidur Moms akan menurun dan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.


Ritme sirkadian pada bayi umumnya terbentuk mulai usia 12 minggu, meskipun ada yang lebih lama dari ini. Moms dapat membiasakan bayi untuk tidur dan bangun di jam yang sama. Selain itu, buatlah suasana kamar tidur tidak terlalu terang pada malam hari karena akan membuat bayi semakin sulit tidur.

2. Terjadinya Sleep Apnea


Sleep apnea merupakan suatu kondisi di mana pernapasan seorang bayi akan terhenti selama 15 hingga 20 detik saat sedang tidur. Kondisi ini merupakan hal yang serius karena mengganggu pernafasan bayi. Meski semua bayi berpotensi mengalaminya, namun bayi prematur lebih tinggi kemungkinan mengalami sleep apnea.

3. Tidak Enak Badan


Seorang bayi tentu saja belum bisa mengekspresikan apa yang dirasakan selain melalui tangisan. Bayi rewel dan tidak bisa tidur bisa saja karena merasa tidak enak badan. Misalnya karena akan tumbuh gigi atau mengalami refluks asam lambung yang biasa dikenal dengan gumoh.


Apabila Moms mencurigai rewelnya bayi karena merasa tidak enak badan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anak. Hal ini untuk memberikan penanganan medis secara tepat sehingga bayi tidak rewel dan bisa tidur nyenyak.

4. Merasa Takut


Tahukah Moms bahwa bayi juga memiliki rasa takut? Bayi juga memiliki ketakutan terhadap hal-hal tertentu dan mengekspresikannya dengan menangis. Misalnya saja karena takut ditinggalkan, maka bayi akan rewel dan susah tidur. Cobalah untuk mengajak bayi tidur bersama apabila hal tersebut terjadi.. Moms tetap bisa beristirahat sambil menemani bayi bermain hingga ia terlelap.

5. Kelelahan


Bayi yang merasa lelah karena mungkin kurang beristirahat saat siang bisa membuatnya menjadi rewel dan susah tidur. Usahakan untuk menciptakan suasana tenang sekitar 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidurnya. Hal ini akan membuat bayi merasa mengantuk dan tidak rewel.


Mencari tahu arti tangisan bayi atau penyebab bayi rewel memang tidak selalu mudah. Cobalah untuk mendekap atau memeluk bayi saat sedang rewel. Bayi akan merasa nyaman, aman, hangat, dan tenang dalam pelukan Moms.


Usahakan Moms mencari tahu penyebab bayi rewel dan susah tidur sehingga bisa mencari solusi yang tepat. Jika bayi rewel dan susah tidur hanya karena lapar, maka bisa dengan mudah memberikan ASI hingga kenyang. Hal ini dapat membantunya untuk tidur dengan nyenyak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Lemomoms!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.