Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya dengan Cepat

27 Aug 2020 @ 14:17:19
Mendengar kata bisul, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bisul sendiri adalah suatu benjolan pada kulit yang biasanya berisi nanah. Kondisi ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut dalam kulit. Bisul sendiri bisa muncul di daerah wajah, leher, ketiak, pantat, maupun paha. Apa saja sebenarnya penyebab bisul ini? Dan bagaimana cara mudah mengobatinya dengan cepat?

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar 



Kebersihan memang menjadi faktor utama seseorang bisa terkena bisul ini. Meskipun penyebab utama bisul sendiri adalah karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut, namun faktor kebersihan yang tidak terjaga bisa meningkatkan seseorang terkena bisul.

Untuk mengatasi faktor penyebab bisul yang ini, menjaga kesehatan adalah faktor penting utama yang bisa kamu terapkan. Apalagi masa pandemi di rumah saja seperti ini. Jangan sampai karena karantina mandiri, kita menjadi banyak rebahan dan tidak menjaga kebersihan sehingga bisa meningkatkan risiko bisul.

2. Jangan Melakukan Kontak Langsung dengan Penderita



Meskipun terlihat sepele, tetapi siapa sangka jika bisul juga bisa menular dari satu orang ke orang lain. Untuk itu, jika ada teman sekos maupun yang tinggal serumah terkena bisul ini, pastikan kamu bisa menjaga kesehatan dirimu sendiri. Jangan sampai tertular penyakit ini. Pasalnya, seseorang yang terkena bisul maka pada bagian benjolnya akan terasa perih, dan sakit ketika disentuh.

Jika kamu menderita bisul ini, pengobatan utama yang bisa dilakukan selain menjaga kebersihan tubuh adalah pastikan kamu tidak memencet benjolan pada bisul. Bukannya mengobati, justru hal ini bisa membuat kulit terasa iritasi dan perih.

3. Alergi Obat



Penyebab bisul yang selanjutnya bisa terjadi karena tubuh menolak reaksi kimia pada jenis obat-obatan tertentu. Sehingga kulit akan iritasi dan memunculkan benjolan yang sering disebut bisul ini. Hal ini juga akan terjadi jika tubuh seseorang memiliki imun atau sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Jika terjadi bisul pada kulit, kamu cukup mengompresnya dengan ari hangat. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mendorong nanah untuk berkumpul di puncak benjolan, sehingga bisul bisa segera mengempis.

4.  Mengalami Masalah Kulit


Memiliki kulit yang berminyak, memang bisa menimbulkan berbagai penyakit kulit datang. Selain jerawat dan eksim, ternyata kulit yang bermasalah juga bisa menimbulkan bisul. Munculnya bisul pada kulit, terutama wajah tentunya akan mengganggu kepercayaan diri. Untuk itu, kamu harus memperhatikan betul-betul perawatan wajah untuk mencegah terjadinya jerawat maupun bisul karena kulit kita yang tidak cocok dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Kamu bisa memakai produk perawatan wajah dari Lemonilo. Selain banyak pilihannya, Lemonilo juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI dan juga teruji BPOM sehingga mampu merawat kulitmu. 

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah


Seperti yang sudah sempat disinggung, memiliki imun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena bisul. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Dengan mengonsumsi suplemen makanan dari Lemonilo daya tahan tubuhmu akan terjaga. Hal ini juga akan melindungimu dari berbagai virus yang sedang marak di marak terjadi.

Itulah kelima penyebab bisul dan cara mengobatinya dengan tepat. Selain memperhatikan faktor penyebab di atas. Dengan mengetahui penyebab dari bisul tersebut, diharapkan kamu bisa menghindari semua faktor pemicu tersebut ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020