Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Penyebab dan Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Alami

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Gigi berlubang bisa diatasi dengan mudah.
Gigi yang berlubang adalah gangguan pada gigi yang sering terjadi pada siapa saja bahkan pada anak-anak. Gigi berlubang merupakan kondisi kerusakan pada gigi yang membuat bagian luar gigi terkikis sampai ke bagian dalamnya. kemudian terbentuklah lubang pada gigi tersebut. Penyebab dari gigi yang berlubang ini biasanya adalah menumpuknya bakteri di dalam mulut dan terlalu banyak konsumsi makanan/minuman manis.
banner consideration shipping bg blue

Gangguan pada gigi ini banyak terjadi, sehingga harus dilakukan pemeriksaan gigi dengan cara rutin. Secara umum, munculnya lubang pada gigi ini tak menimbulkan rasa sakit di awal sehingga sulit dideteksi dini. Kamu bisa mengobati dan mencegah gigi yang berlubang dengan berbagai cara. Namun apabila berlubangnya gigi ini tidak diatasi dengan baik maka gigi bisa membusuk bahkan infeksi.

Penyebab dari gigi yang berlubang ini diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak menggunakan pasta gigi yang terdapat kandungan fluoride di dalamnya. Pada umumnya senyawa di dalam pasta gigi ini fungsinya adalah untuk merawat gigi agar tak ada kerusakan pada gigi.
  2. Terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis atau bisa juga asam.
  3. Mulut kering.
  4. Terdapat gangguan makan seperti bulimia atau penyakit refluks pada asam lambung.
  5. Bertambahnya usia.
  6. Pemakaian obat-obatan secara rutin misalnya suplemen, produk herba yang mengandung gula dan juga vitamin.
  7. Tidak membersihkan gigi dengan benar.

Pengobatan Gigi Berlubang


Untuk cara pengobatan gigi yang berlubang ini bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Filling



Filling atau yang disebut dengan tambal gigi adalah cara umum yang biasa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Ketika proses ini berlangsung, maka dokter akan memakai bor untuk membuang gigi yang rusak. Gigi yang telah dibuang bagian rusaknya akan dibuang kemudian ditambal dengan bahan-bahan seperti perak, komposit resin, emas hingga porselen.

2. Crown



Kurung gigi juga merupakan tindakan atas pengobatan kerusakan yang terjadi pada gigi misalnya berlubang. Crown dilakukan untuk kerusakan gigi yang kondisinya sangat parah atau kondisi pasien yang sangat lemah. Crown juga merupakan tindakan untuk memasang mahkota pada gigi palsu, untuk mengatasi rusaknya gigi. Gigi yang rusak akan dikikis, serta disisakan kecil untuk pemasangan mahkota.
banner consideration promotion bg blue

3. Root Canal



Tindakan ini merupakan jenis perawatan saluran pada akar gigi yang secara umum dilakukan jika kerusakan gigi sudah sampai ke akar gigi. Tindakan ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi tapi tidak harus mencabut gigi tersebut.

4. Cabut Gigi



Cara lainnya untuk mengatasi gigi yang berlubang biasanya dengan mencabut gigi. Tindakan ini dilakukan apabila gigi sudah rusak parah sehingga tidak bisa dipulihkan seperti semula. Pemasangan gigi palsu atau yang disebut dengan implan gigi juga menjadi solusi tepat ketika gigi dicabut.

Selain pengobatan, kamu juga bisa melakukan pencegahan pada gigi yang berlubang yaitu dengan cara berikut:

  • Menyikat dan membersihkan gigi setiap dua kali sehari agar gigi bersih dan putih, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Bersihkan gigi dengan memakai benang gigi setiap satu kali sehari.
  • Memakai obat kumur jika sudah menyikat gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis/asam misalnya makanan permen atau minuman ringan yang rasanya manis.
  • Kurangi kebiasaan ngemil makanan yang tak sehat.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Cara mengatasi dan mencegah gigi berlubang di atas, bisa kamu lakukan apabila kamu mengalaminya. Dengan memahami hal ini kamu bisa menghindari berbagai hal yang menjadi penyebab gigi berlubang. Jangan lupa juga selalu jaga kesehatan gigi kamu ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.