Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Penyebab, Gejala, dan Berbagai Cara Atasi Kurang Darah

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab kurang darah penting diketahui agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.
Kurang darah juga disebut dengan anemia, merupakan suatu kondisi tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Kurang darah ini juga menjadi kondisi kesehatan yang cukup umum diderita. Inilah berbagai penyebab kurang darah, gejala, dan cara mengatasi kondisi ini.

Penyebab Kurang Darah



Pada dasarnya anemia atau kurang darah terjadi karena kurangnya sel darah merah sehat atau hemoglobin pada tubuh. Sehingga berakibat sel-sel pada tubuh kurang mendapatkan pasokan oksigen serta tidak dapat berfungsi secara normal. Secara umum kurang darah disebabkan oleh 3 hal, yaitu produksi sel darah merah yang kurang, kehilangan darah secara berlebihan ketika terjatuh atau karena hal lain, dan hancurnya sel darah merah pada tubuh yang terlalu cepat.

Kurang darah sendiri dapat terjadi dalam jangka pendek dan jangka panjang dan ada dua tingkat keparahan yaitu ringan hingga berat. Anemia sendiri terjadi karena terdapat gangguan atau kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah standar normal. Orang dapat dikatakan mengalami anemia ketika kadar hemoglobinnya di bawah standar normal.

Untuk orang dewasa, kadar hemoglobin pada laki-laki yang berada di bawah 14 gram per desiliter, sedangkan untuk perempuan di bawah 12 gram per desiliter. Anemia gravis merupakan tingkat anemia yang tergolong berat yaitu ketika kadar hemoglobin di bawah 8 gram per desiliter. Agar lebih tahu lebih lanjut seputar penyebab kurang darah dan gejala serta cara mengatasinya, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Gejala-Gejala Penderita Kurang Darah



Pada kasus kurang darah ringan akan didapati gejala-gejala berikut ini:

  1. Merasa lebih mudah marah.
  2. Tubuh terasa lemas kurang bertenaga.
  3. Lebih mudah lelah dari biasanya.
  4. Mengalami sakit kepala.
  5. Kesulitan berkonsentrasi dan berpikir.

Jika kamu mengalami kondisi seperti di atas, sebaiknya segera ditangani. Agar tidak berujung semakin parah. Nah, untuk gejala-gejala pada penderita anemia berat biasanya akan muncul tanda-tanda berikut:

  1. Pada kelopak mata bawah bagian dalam akan muncul warna putih.
  2. Kuku jari tangan dan kaki menjadi lebih rapuh.
  3. Merasa pusing ketika hendak berdiri.
  4. Memiliki warna kulit yang pucat.
  5. Merasakan sesak nafas.

Cara Mengatasi Kurang Darah



Dalam mengatasi anemia tidak dapat menggunakan metode pengobatan yang sama karena pengobatan yang digunakan ditentukan oleh jenis anemia yang diderita oleh seseorang. Berikut ini beberapa contoh pengobatan anemia atau obat kurang darah yang disesuaikan dengan jenis anemia penderita:

  1. Anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, pengobatan yang disarankan yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi zat besi dan suplemen zat besi. Untuk kasus yang berat diperlukan transfusi darah pada penderita yang mengalaminya.
  2. Anemia di masa kehamilan, dalam mengatasi kondisi ini diperlukan mengkonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, dan asam folat yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter yang memeriksa.
  3. Anemia karena mengalami pendarahan, untuk mengatasinya diperlukan tindakan untuk menghentikan pendarahan. Jika kondisinya parah, dokter akan melakukan transfusi darah dan memberikan suplemen zat besi pada penderita.
  4. Anemia yang disebabkan penyakit kronis, cara mengatasinya yaitu dengan mengobati penyakit dasar yang diderita orang tersebut. Pada kondisi tertentu diperlukan tindakan transfusi darah dan penyuntikan hormon eritropoietin untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.
  5. Anemia aplastik, pengobatannya dilakukan dengan melakukan transfusi darah atau dengan transplantasi sumsum tulang belakang, jika kondisi sumsum tulang belakang penderita tidak mampu lagi menghasilkan sel darah merah.

Sekarang kamu jadi lebih tahu tentang penyebab kurang darah dan cara menanganinya. Untuk itu selalu jaga asupan makanan dan menjalani pola hidup sehat agar terhindar dari anemia. Mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan tinggi zat besi juga baik untuk tubuh dan bisa membuatmu terhindar dari anemia!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.