Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Penyebab Kebas pada Tangan dan Cara Mengobati dengan Tepat

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Kebas tangan sangat menganggu aktivitas pekerjaan.
Tangan kebas atau kesemutan memang biasa terjadi pada siapa saja. Namun jika kamu mengalami kebas pada tangan ini lebih sering maka kamu harus lebih waspada. Karena hal itu bisa menjadi tanda dari adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Tangan yang kebas ini juga bisa menjalar ke bagian tangan lainnya seperti misalnya jari tengah, ibu jari atau jari telunjuk.
banner consideration shipping bg blue

Kejadian tangan yang kebas tersebut memang bisa menjadi indikasi dari adanya suatu penyakit. Atau bisa juga menjadi tanda-tanda awal dari kurangnya asupan gizi dan nutrisi di dalam tubuh. Penyebabnya bisa apa saja tetapi kamu harus segera mengetahuinya.

Faktor-faktor yang bisa memengaruhi tangan menjadi kebas adalah saraf yang rusak, struktur pergelangan tangan, dan juga terjadi peradangan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab dari terjadinya kebas pada tangan:

1. Melakukan Gerakan yang Berulang-Ulang



Dilansir dari American Society Surgery of The Hand, tangan kebas ini merupakan gangguan kesehatan yang memang umum terjadi. Kondisi tersebut akan menyebabkan masalah yang ada di saraf media tangan hingga tangan pun sensitif pada tekanan. Mereka yang melakukan kegiatan berulang seperti itu biasanya akan mengalami tangan kebas.

Contohnya kegiatan mengetik, menulis, mengangkat barang, naik motor, memotong atau gerakan lainnya yang dilakukan secara berulang. Cara mengatasi dan mengobatinya adalah dengan konsumsi obat ibuprofen. Ditambah dengan vitamin B1, B6 dan B12.

2. Penyebab Lainnya yaitu Neuropati Perifer



Penyebab lainnya dari tangan kebas adalah Neuropati Perifer. Hal itu disebabkan oleh rusaknya saraf pada ekstremitas yaitu kaki, jari dan juga tangan. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12 seperti misalnya daging ayam, telur, hati, susu, daging sapi dan masih banyak lagi.

3. Tidur dengan Menahan Kepala



Tangan yang mati rasa atau kebas juga bisa terjadi karena posisi tidur ketika kamu menopang kepala dengan tangan. Atau bisa juga saat tidur dengan terlentang dan posisi tangan ada di belakang kepala. Kedua posisi tidur ini menyebabkan saraf yang ada di sekitar tangan memperoleh tekanan serta beban yang besar.
banner consideration promotion bg blue

Kinerja saraf pun akan menjadi terganggu dan menimbulkan sensasi yang mati rasa dan seperti ditusuk oleh jarum. Maka tidurlah dengan posisi yang normal jangan menahan kepala dengan tangan.

4. Sindrom Carpal Tunnel (CTS)



Penyebab tangan kebas yang paling sering terjadi pada tangan kebas adalah sindrom carpal tunnel. Secara umum hal ini terjadi adanya penekanan pada saraf median yang disebabkan oleh hipotiroid, diabetes dan penyakit semacamnya.

Cara mengatasi sindrom carpal tunnel ini bisa dengan melakukan peregangan pada jari secara berkala. Dan untuk mengendalikan gejala sindrom ini bisa langsung konsultasi ke dokter.

5. Kurangnya Asupan Makanan Bergizi



Tangan yang terasa kebas secara terus menerus juga bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin B12. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pada saraf, DNA dan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Kondisi ini biasanya terjadi pada para lansia, orang-orang yang terbiasa makan makanan yang tidak sehat, sedang menjalankan diet ketat atau yang mengalami gangguan makan. Cara mengatasinya dengan meningkatkan asupan makanan seperti susu, ikan, daging merah dan juga telur.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Setelah mengetahui penyebab kebas pada tangan dan cara mengatasinya, kini kamu bisa mencegah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa menghindari kondisi tangan kebas yang bisa mengganggu aktivitasmu Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.