Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Penyebab Kliyengan Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Sep 2021
Clock Icon
4 menit
Kliyengan setelah olahraga sering terjadi dan penting diatasi sejak dini.

Kliyengan atau pusing adalah salah satu hal yang bisa terjadi ketika kamu selesai berolahraga. Meski begitu, bukan berarti setiap selesai olahraga kamu akan mengalami kliyengan. Karena, hal ini hanya akan terjadi pada kondisi orang tertentu saja. Ada beberapa penyebab kliyengan setelah olahraga dan cara mengatasinya pun di setiap kondisi berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi mengenai hal tersebut di bawah ini.

1. Dehidrasi


Penyebab pertama adalah dehidrasi. Kliyengan merupakan respon tubuh kamu ketika kehilangan banyak cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat saat berolahraga. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu minum air sebelum berolahraga. Kamu bisa minum sebanyak 1-3 gelas air minimal 1 jam sebelum berolahraga. Selain itu, kamu dianjurkan juga untuk membawa minum saat berolahraga sehingga kamu bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

2. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari


Saat berolahraga di luar ruangan, mata dan wajah akan terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal itu dapat memicu kliyengan setelah berolahraga. Meskipun matahari pagi mengandung vitamin D, kamu juga harus bisa menyiasatinya agar tidak sampai kliyengan. Kamu bisa menggunakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi wajah dan mata saat berolahraga di luar ruangan.

3. Kadar Gula Darah Rendah


Kadar gula rendah juga bisa menjadi pemicu kliyengan setelah olahraga. Nah, kadar gula rendah bisa terjadi ketika kamu kekurangan glukosa yang merupakan sumber energi utama. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal ini, kamu disarankan untuk makan minimal sekitar 2 jam sebelum berolahraga agar tubuh dapat berenergi saat beroalahraga.


Makanan yang disarankan adalah yang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat kompleks. Manfaat dari kandungan nutrisi tersebut dapat menyeimbangkan gula darah. Walau harus makan sebelum berolahraga, kamu tidak boleh makan berlebihan agar performa saat berolahraga tidak menurun. Salah satu pilihan makanan yang tidak terlalu berat dan menyehatkan adalah mie instan lemonilo. Dibuat dari saripati sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Tekanan Darah Rendah


Selama kamu melakukan olahraga, pembuluh darah akan melebar untuk menampung kelebihan darah. Kelebihan darah tersebut disebabkan oleh kinerja jantung yang memompa darah lebih banyak ke pembuluh darah. Saat kamu berhenti berolahraga, jantung kembali berdetak dengan normal. Namun, pembuluh darah perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.


Hal tersebut yang mengakibatkan kamu kliyengan, karena tekanan darah menurun. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pemanasan sebelum dan pendinginan setelah berolahraga. Sehingga organ tubuh yang bekerja bisa menyesuaikan kondisinya dengan perlahan.

5. Teknik Olahraga yang Kurang Tepat


Faktor lain yang menjadi penyebab kamu kliyengan setelah olahraga adalah teknik olahraga yang kurang tepat. Gerakan olahraga yang salah dan kurang tepat dapat menyebabkan otot leher dan bahu menegang. Hal tersebut membuat kamu kliyengan setelah olahraga.


Untuk mengatasi teknik olahraga yang kurang tepat, kamu bisa berlatih olahraga dengan instruktur olahraga. Pada era ini, kamu tidak harus mengeluarkan biaya mahal, kamu bisa mencari video instruktur olahraga profesional di YouTube kemudian mengikuti langkah demi langkah teknik berolahraga yang tepat.

6. Aliran Oksigen Ke Otak Berkurang


Saat berolahraga, kamu membutuhkan lebih banyak oksigen dari biasanya. Jika teknik bernapas kamu saat berolahraga kurang tepat dapat mengakibatkan aliran oksigen ke otak berkurang, sehingga kliyengan setelah berolahraga pun terjadi. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa berlatih teknik pernapasan dari jenis olahraga yang dilakukan.


Sebagai contoh olahraga jogging. Kamu bisa mengatur pola napas di setiap empat langkah kaki. Empat langkah kaki pertama kamu menarik napas. Empat langkah kemudian kamu mengeluarkan napas melalui mulut. Jadi, tarik napas melalui hidung lalu buang napas melalui mulut.


Selain itu, kamu juga bisa duduk sejenak. Saat duduk, kamu bisa mengambil napas panjang dan menghembuskan perlahan. Lakukan selama 3 - 5 menit kemudian berdirilah secara perlahan untuk melanjutkan olahraga.


Itulah beberapa penyebab kliyengan setelah olahraga dan cara mengatasinya di setiap kondisi. Apabila kliyengan terjadi sangat parah hingga menyebabkan pingsan, konsultasikan ke dokter supaya diberi penanganan terbaik untuk mengatasi kondisi ini sehingga tidak terjadi hal yang lebih serius.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.