Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG

03 Aug 2018 @ 16:18:17
Walaupun Kementerian Kesehatan RI dan berbagai studi setuju bahwa MSG alias vetsin sebenarnya aman digunakan dalam masakan, penggunaan MSG tetap harus berada pada batas wajar dan bijaksana. 

Konsumsi MSG sebaiknya tidak lebih dari 2.5 - 3.5 gram atau setengah sendok teh per hari untuk orang dengan berat badan 50 - 70 kg. Itulah sebabnya kamu harus tetap waspada untuk memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi tidak mengandung terlalu banyak MSG.
 
Untuk mengurangi atau bahkan menghindari penggunaan MSG, maksimalkan penggunaan bahan masakan alami sebagai bumbu penyedap alami masakanmu. MSG biasanya digunakan untuk memberikan rasa gurih yang nikmat dan memperkuat rasa asin dan asam pada makanan. Tapi, sebenarnya efek ini bisa didapat pula dari berbagai bahan masakan alami. Bahan makanan apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Tomat

1. Tomat, bahan pengganti MSG

Tomat segar sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sop, soto, dan salad untuk memberikan rasa asam yang segar. Namun, tahukah kamu kalau tomat juga kaya glutamate yang memberikan rasa umami atau gurih alami? Untuk memperkuat rasa umami ini, tomat bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Selain itu, tomat juga kaya vitamin C dan vitamin E, sehingga sajian tak hanya terasa gurih alami, tapi juga tinggi nutrisi.

2. Jamur

2. Jamur, bahan alami pengganti MSG

Jamur merupakan bahan makanan yang sering diolah sebagai pengganti daging dalam hidangan vegan atau vegetarian. Maklum, jamur memiliki rasa gurih alami yang bila diolah dengan tepat bisa serupa dengan cita rasa daging. Bila ditumis atau diolah hingga terkaramelisasi, jenis jamur seperti shiitake dan portobello akan memiliki cita rasa gurih yang semakin kuat, pas sebagai bumbu penyedap alami untuk menggantikan MSG dalam hidangan.

3. Bawang Putih

3. Bawang Putih, rempah yang punya ciri khas untuk jadi pengganti MSG

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang bisa ditemukan di sebagian besar sajian khas Indonesia. Tak hanya itu, rasa gurih yang dihasilkan oleh bawang putih bisa menjadi opsi yang baik sebagai pengganti MSG dalam makanan. Hal ini berlaku untuk bawang putih segar ataupun bawang putih bubuk. 

4. Lada Hitam

4. Lada Hitam, si butiran hitam yang cocok jadi pengganti MSG
Selain bawang putih, lada hitam bisa menjadi bahan yang kamu manfaatkan sebagai bahan alami pengganti MSG. Tak hanya punya rasa pedas yang seringkali membakar  lidah, lada hitam mampu memberikan cita rasa gurih yang dicari dari penggunaan MSG. Namun, perlu diingat ketika menggunakan lada hitam yang dijual dalam kemasan, perhatikan dengan cermat apakah produk tersebut menggunakan MSG tambahan atau tidak.

5. Terasi

5. Terasi, kenikmatan pengganti MSG alami
Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma dan rasa yang diberikan terasi pada hidangan, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa terasi punya tempat tersendiri untuk beberapa orang yang suka dengan cita rasanya, apalagi ketika dipadukan dengan cabai merah segar. Penggunaan terasi dalam tumisan, sambal, dan dalam hidangan seperti nasi goreng memberikan rasa gurih khas yang bahkan tidak bisa didapat dari penggunaan MSG.

6. Kaldu Pelezat Alami

6. Kaldu Pelezat Alami, pengganti MSG dari bahan alami
Penambahan kaldu pelezat alami juga bisa jadi pilihan bahan masakan pengganti MSG. Kaldu pelezat alami ini biasanya dibuat dari ekstrak bahan alami seperti jamur dan bahan alami lain yang memang memiliki rasa gurih alami, sehingga akan memberikan rasa nikmat pada hidangan tanpa penambahan MSG. Kaldu pelezat alami yang berkualitas seperti Kaldu Pelezat Alami Jamur Lemonilo tidak mengandung MSG, pengawet, perasa, maupun pewarna buatan, sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi.
 
Sebenarnya tidak sulit menghidangkan sajian yang sedap tanpa tambahan MSG. Kalau bisa mendapatkan cita rasa masakan yang lezat dengan bahan masakan dan bumbu penyedap alami, kenapa harus pakai vetsin?

Artikel Terkait

Memasak Dengan Bumbu Instan Sehat? Memang Bisa?
Nasi goreng merupakan sajian khas Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia. Cara pembuatan yang simpel ditambah rasa..
OT Handoko
06 Desember 2018
Supaya Senin Nggak Ngebetein, Siapkan Cemilan Alami Ini Di Kantongmu Pada Pagi Hari
Ketika hari senin tiba, biasanya banyak orang yang malas dan menggerutu karena harus kembali ke rutinitas biasanya. Pada..
OT Handoko
03 Desember 2018
Praktis & SImple, Inilah Caranya Agar Kamu Tidak Lagi Lupa Minum Air Putih Cukup!
Tubuh kamu kebanyakan terdiri dari air yang bercampur dengan darah. Makanya, banyak dokter dan para ahli gizi yang menya..
OT Handoko
12 November 2018