Perbedaan Batuk Kering Dan Berdahak, Dan Cara Mengobatinya

01 Jul 2020 @ 16:27:30
Batuk adalah suatu kondisi dimana adanya reaksi alami tubuh saat ada substansi asing yang masuk ke saluran pernapasan, misalnya debu atau alergi lain. Bahkan seringkali pula, batuk terjadi karena adanya penyakit lain yang diawali dengan gejala batuk. Batuk memiliki 2 tipe. Ada batuk kering dan batuk berdahak. 

Kedua jenis batuk ini memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Perlu diketahui juga perbedaan antara batuk dengan jenis kering dan berdahak untuk menentukan jenis pengobatan yang paling tepat agar lekas sembuh. 

a. Batuk Kering



Batuk jenis ini adalah batuk yang terjadi tanpa menghasilkan lendir. Biasanya, akan mengalami batuk secara terus menerus dan sulit dikendalikan. Tidak hanya itu, batuk dengan kondisi kering menyebabkan seseorang merasa tenggorokannya gatal dan kering. Apalagi, jika seharian beraktivitas di ruangan ber-AC. 

Jenis batuk yang kering sendiri merupakan tkamu atau sinyal bahwa sistem pernapasan seseorang mengalami iritasi atau peradangan. Biasanya, batuk yang kering ini akan terjadi beberapa hari setelah terjadi infeksi saluran pernapasan. Ketika seseorang telah sembuh dari batuk berdahak, batuk yang kering bisa saja masih bertahan hingga beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Biasanya yang menjadi pemicu batuk dengan kondisi kering bisa karena infeksi saluran napas atas (ISPA), asma, GERD, faringitis, alergi, sinusitis, atau penyakit lainnya.

b. Batuk Berdahak



Sementara itu batuk berdahak adalah kondisi sebaliknya. Batuk berdahak adalah batuk yang terjadi menghasilkan dahak atau lender. Batuk berdahak terjadi karena adanya respon perlindungan diri alami tubuh. Contohnya, ketika ada infeksi atau substansi asing yang masuk ke tubuh, sistem pernapasan akan memproduksi dahak atau lendir untuk menangkap alergen atau patogen tersebut. 

Bila batuk dalam kondisi kering cenderung sulit dikendalikan dan tidak mengandung lendir, batuk berdahak justru sebaliknya. seseorang yang sedang mengalami batuk berdahak akan terdengar basah saat terbatuk, dan merasakan keinginan untuk membuang dahaknya tersebut dengan meludah. Biasanya yang menjadi penyebab terjadinya batuk berdahak yang paling umum adalah infeksi saluran pernapasan atas, common cold, pneumonia, hingga bronkitis.

Cara Mengatasi Batuk Kering dan Batuk Berdahak 



Seperti yang diketahui jika gejala dan kondisi kedua jenis batuk ini sangat berbeda, maka penanganannya pun berbeda pula. kamu harus tahu betul apa yang sedang kamu rasakan agar tahu obat apa yang tepat untuk menyembuhkannya.
Biasanya, batuk dengan kondisi yang kering bisa diobati dengan jenis obat antitusif yang mengandung dextromethorphan. Sementara untuk batuk berdahak akan diberi obat yang mengandung ekspektoran yang mengandung guaifenesin untuk mencairkan dahak dan membantu mengeluarkannya lebih mudah.

Meskipun demikian, langkah yang paling tepat untuk mengetahui apa yang sedang dialami adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dengan menjalani  pemeriksaan menyeluruh, dokter bisa menentukan diagnosis batuk apa yang sedang kamu alami.

Meskipun perbedaan batuk dengan kondisi kering dan batuk berdahak cukup signifikan, terkadang keduanya terjadi secara bergantian. Ada yang akan mengalami batuk kering lalu di hari berikutnya menjadi batuk berdahak. Ada pula yang mengalami batuk berdahak kemudian saat lendirnya habis, tergantikan dengan batuk yang kering. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeriksakan diri dan mengecek kondisi tubuh kamu ya. 

Sangat penting juga untuk tahu batuk ini merupakan gejala terjadinya penyakit atau infeksi apa. Biasanya, pengobatan terhadap infeksi atau penyakit tersebut secara menyeluruh juga dapat membantu meredakan batuk.

Demikian lah perbedaan antara batuk kering dan batuk berdahak yang harus kamu ketahui. Tidak hanya dahak yang menjadi perbedaan saja. Banyak pula komponen lain yang menjadi perbedaan. Sehingga untuk penangannya memang benar-benar berbeda ya! Jadi, jangan salah untuk menentukan jenis obat yang tepat untuk masing-masing jenis batuk ya Lemonizen!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020