Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen yang Perlu Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Perbedaan sunblock dan suncreen wajib diketahui.
Selama ini, banyak orang yang belum mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen dan berpikir jika kedua tabir surya tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Tabir surya merupakan produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari yang dapat merusak kulit. Sunblock dan sunscreen termasuk dalam kategori tabir surya yang berfungsi mencegah kulit mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.
banner consideration shipping bg blue

Sinar ultraviolet dari cahaya matahari dapat menimbulkan beberapa efek buruk. Unsur ultraviolet A (UVA) yang dipancarkan matahari dapat mengakibatkan penuaan pada kulit lapisan luar. Sedangkan pada unsur ultraviolet B (UV B) dapat membuat kulit terbakar serta dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Oleh karena itu penggunaan sunblock dan sunscreen sangat dianjurkan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.

Meskipun pada dasarnya sunblock maupun sunscreen tidak bisa memberikan perlindungan 100 persen pada kulit, tapi penggunaannya sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah. Baik sunblock maupun sunscreen memiliki cara kerja tersendiri untuk menangkal sinar ultraviolet. Perbedaan sunblock dan sunscreen juga terletak pada penggunaannya. Untuk mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen lebih lengkap, simak penjelasan berikut!

1. Sunblock



Produk sunblock umumnya mempunyai tekstur menyerupai lotion namun lebih kental dan berwarna putih. Kandungan yang ada di dalam sunblock terdiri dari zinc oxide, iron oxide, atau titanium dioxide yang membentuk lapisan di atas permukaan kulit untuk menangkal atau sinar matahari sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada kulit. Formula pada produk sunblock cukup tebal jika diaplikasikan ke kulit, sehingga dapat menutupi warna kulit asli menjadi lebih putih.

Namun, hal tersebut membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat yang berisiko menimbulkan jerawat jika digunakan pada kulit wajah. Jadi penggunaan sunblock lebih dianjurkan untuk tubuh bagi seseorang yang memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat. Terlepas dari itu, produk sunblock lebih efektif untuk mencegah kulit terbakar saat terkena paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika memang ingin menggunakan sunblock pada bagian wajah disarankan untuk memilih produk sunblock yang tepat agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah.
banner consideration promotion bg blue

2. Sunscreen



Kandungan yang umumnya ada di dalam produk sunscreen biasanya adalah benzophenone, avobenzone, octinoxate, oxybenzone, methyl anthranilate, dan lain-lainnya. Bahan-bahan tersebut akan diserap kulit secara optimal dalam waktu 30 menit yang akan membentuk permukaan penyerap sinar ultraviolet matahari sebelum menembus permukaan kulit. Formula yang dimiliki oleh sunscreen terasa lebih ringan karena tidak membuat lapisan yang tebal di permukaan kulit seperti pada penggunaan sunblock.

Sehingga terasa lebih nyaman digunakan sehari-hari. Tapi ada beberapa orang yang mengalami iritasi terutama bagi pemilik kulit sensitif karena bahan-bahan yang ada di dalam produk sunscreen tidak sesuai dengan kulit mereka. Untuk itu pemilik kulit sensitif disarankan untuk lebih selektif dalam menggunakan produk sunscreen. Ketika berada di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya aplikasikan sunscreen agar kulit lebih terlindung.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan sunblock dan sunscreen dapat dilihat dari cara kerja dan formula kedua tabir surya tersebut. Cara kerja dari sunblock yaitu menangkal atau memantulkan sinar ultraviolet. Sedangkan sunscreen menyerap sinar ultraviolet sebelum masuk ke dalam lapisan kulit. Pada segi formula, sunblock seperti membentuk lapisan pada permukaan kulit, hampir mirip dengan formula BB cream. Untuk sunscreen sendiri formulanya menyerap pada kulit dan tidak membentuk lapisan tebal ketika digunakan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.