Pernah Coba Nggak Sajian Unik Mie Instan Khas Asia Berikut Ini?

04 Feb 2019 @ 11:06:45
Bicara soal mie, rasanya tidak ada habisnya ya, guys! Makanan yang satu ini memang rasanya sudah jadi legenda di kalangan masyarakat dunia, terutama masyarakat Indonesia. 

Berasal dari Asia, ditemukan bukti bahwa sajian ini sudah ada di Cina sejak 4000 tahun lalu. Dengan varian mie rebus atau mie kuah, tak heran kalau mie disebut-sebut sebagai makanan identitas Asia. 

Situasi ini diramaikan dengan hadirnya banyak produk mie instan yang membuat masyarakat semakin mudah dalam mengonsumsi mie. Biar begitu, masih banyak sajian mie lain yang 'tidak instan' tapi tetap punya banyak penggemar. Mau coba mie yang jadi ciri khas di Asia? Coba lihat beberapa daftar berikut ini dan segera cari di kotamu!

1. Naengmyeon, Kenikmatan Sensasi Mie Dari Korea

Keunikan sajian mie rebus asal Korea Selatan ini terletak pada kuahnya. Kuah Naengmyeon dibuat dari kaldu sapi dengan rasa gurih dan sedikit asam manis. Uniknya, kuah Naengmyeon justru disajikan dalam keadaan dingin, bahkan sedingin es. Ke dalam kuahnya, ditambahkan es batu dalam jumlah banyak. 

Kuah ini dipadukan dengan mie soba yang saking kenyalnya perlu dipotong dengan gunting sebelum dimakan. Biasanya mie Naengmyeon memang disajikan panjang-panjang dan tidak dipotong. Karena di Korea, mie yang panjang merupakan simbol umur panjang dan kesehatan. Sebagai pelengkap, ditambahkan telur rebus, daging sapi, serta irisan pir Korea. Karena tersaji dingin, hidangan ini biasanya dinikmati saat musim panas. Hmm... Jadi kepingin nyoba kan, guys?

2. Pho, Sajian Luar Biasa Dari Vietnam

Wah, kalau makanan yang satu ini memang juara nih, guys! Pho disuka banyak orang karena aromanya yang sangat wangi. Sajian asal Vietnam ini memang menggunakan banyak herba segar seperti kemangi yang diletakkan di atas mie berbahan dasar beras sehingga rasa, aroma, dan tekstur Pho pun kian bertambah. 

Kuahnya yang jernih dibuat dari tulang ayam dan/atau tulang sapi yang direbus perlahan dengan penambahan bahan aromatik seperti bawang dan jahe. Potongan daging ayam atau sapi juga ditambahkan untuk melengkapi sajian yang biasa dinikmati saat sarapan ini. Maknyus deh!

3. Pad Thai, Gurihnya Mie Dari Negeri Gajah Putih

Kalau kamu yang hobi travelling ke Thailand, rasanya kamu sudah tidak asing dengan sensasi makanan yang satu ini. Pad Thai merupakan sajian andalan Thailand selain Tom Yum yang paling populer di mancanegara. Walau disajikan berupa mie rebus tanpa kuah, Pad Thai menarik banyak penggemar dengan cita rasanya yang gurih dan kaya rasa. 

Mie Pad Thai terbuat dari beras dan agak pipih, menyerupai kwetiau, namun tidak selebar kwetiau. Bumbu yang digunakan untuk membangun cita rasa sajian ini di antaranya adalah gula jawa, kecap ikan, ebi atau pasta udang, bawang putih, dan gula merah. Sajian lalu dilengkapi dengan telur orak-arik, tauge, serta taburan kacang tanah yang telah dihaluskan. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit perasan jeruk nipis pada Pad Thai sebelum makanan dinikmati. Yummy!

4. Udon, Sensasi Rasa Jepang Tiada Tara

Sajian mie kuah asal Jepang ini begitu populer di seluruh dunia. Tak sulit bagi kamu untuk menemukannya di kota-kota besar Indonesia. Mie udon terbuat dari gandum dan berbentuk tebal. Saat disajikan, mie kuah ini biasanya memiliki tekstur lembut. Kalau berdiri sendiri, mie udon cenderung hambar, sehingga pas dipadukan dengan kuah dan bahan lain yang memiliki cita rasa kuat. 

Variasi udon juga sangat banyak ditemukan di Jepang. Bentuknya yang paling sederhana adalah Kake Udon, di mana mie udon disajikan dengan kuah yang terbuat dari dashi, kecap, dan kecap Jepang, lalu ditaburi dengan irisan daun bawang.

5. Wonton Noodle Soup, Sajian Khas Tiongkok yang Siap Goyang Lidahmu

Satu lagi sajian khas yang variasinya sangat banyak di seluruh dunia. Kamu pasti pernah menikmati mie dengan pangsit rebus, kan? Nah, inilah yang disebut sebagai Wonton Noodle Soup dari Cina. 

Dalam bentuk tradisionalnya, mie dan kulit pangsit pada Wonton Noodle Soup dibuat dari telur dan dan tepung. Pangsitnya lalu diisi dengan udang cincang serta potongan daun bawang dan seledri. Dengan kuah gurih yang melengkapi sajian ini, tak mengherankan mie kuah ini banyak penggemarnya di seluruh dunia.
 
Bagaimana? Sajian mie mana yang jadi kesukaan Anda? Kamu juga bisa mencoba membuat kreasi sajian mie sendiri di rumah dengan berbagai macam mie yang berbeda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Hari Kemerdekaan RI, Kamu Juga Harus Merdeka dari 3 Hal Ini!
Hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu dirayakan dengan meriah dan penuh hikmat di seluruh sudut negeri ini. N..
Shella Rafiqah Ully
18 Agustus 2019
Bahaya, Polusi Udara Jakarta Terburuk di Dunia!
Apa kamu warga ibukota yang sering beraktivitas di luar ruangan? Kalau iya, kamu sudah harus khawatir dengan kondis..
Shella Rafiqah Ully
31 Juli 2019
Hari Anak Nasional: Keluarga Kunci Penting Anak Bahagia
Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli setelah digagas oleh Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. Peri..
Shella Rafiqah Ully
23 Juli 2019