Pernah Ngalamin Ini, Girls? Berarti Hormon di Tubuh Kamu Sedang Tidak Seimbang!

12 Apr 2018 @ 16:36:28
Tubuh wanita memiliki banyak hormon yang menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang dan optimal dalam pelaksanaannya. Selain itu, hormon diketahui dapat mempengaruhi kondisi jiwa dan psikologi seseorang, seperti menciptakan perasaan bahagia, sedih, ataupun menantang (adrenalin).

Biar begitu, gaya hidup dan kebiasaan makan yang tak teratur menyebabkan hormon di tubuh kamu jadi tidak seimbang. Apa sih tandanya kalau hormon di tubuh kamu tidak seimbang? Yuk, cek artikel ini supaya kamu semakin sadar dengan keseimbangan hormon tubuh kamu.

1. Berat Badan Naik Secara Drastis

Pernah merasakan kalau berat badan kamu naik secara drastis padahal kamu rajin olahraga dan sering jaga makan? Nah, itu tandanya hormon dalam tubuh kamu sedang tidak seimbang. Untuk itu, kamu bisa mengupayakan beberapa cara yang bisa membuat hormon kamu seimbang lagi, misalnya mengubah pola tidur. 

2. Haid Tidak Teratur

Jika kamu sering mengalami haid yang tidak teratur, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami ketidakseimbangan hormon, terutama hormon estrogen dan hormon pregesteron. Kedua hormon ini memicu teraturnya haid pada tubuh kamu. Jika ada salah satu hormon yang tidak seimbang, kamu bisa saja mengalami haid yang tidak teratur.

3. Susah Tidur (Insomnia)

Jika beberapa hari atau minggu kamu merasakan sulit tidur, kamu perlu mewaspadai hal itu karena susah tidur bisa menjadi ciri bahwa hormon di dalam tubuh kamu sedang tidak berjalan dengan seimbang. Hormon Progesteron yang dilepaskan oleh ovarium dapat membantu kamu mengantuk dan tidur lelap. Kekurangan hormon inilah yang menyebabkan kesulitan tidur terjadi. Selain itu, kekurangan hormon Estrogen membuah kamu merasakan hot flash yang buat tidurmu jadi tidak nyaman.

4. Gampang Lelah 

Jika di sela-sela aktivitasmu, kamu merasakan kelelahan yang tidak biasanya atau tidak wajar, kamu patut mewaspadai hal itu sebagai tanda kalau hormon kamu sedang tidak seimbang. Hal ini diakibatkan kamu mengalami kekurangan hormon tiroid yang membantu memberikan kamu energi untuk beraktivitas. 

5. Perubahan Pada Bentuk Payudara

Jika kamu jeli pada tubuhmu, kamu akan mendapatkan tanda bahwa hormon tubuhmu sedang tak seimbang dari bentuk payudaramu. Hormon estrogen yang tepat membuat payudaramu terlihat lebih kencang dan padat. Nah, hal inilah yang buat payudara kamu jadi terasa kendur dan kurang padat. Tak hanya itu, kekurangan homon estrogen dapat menyebabkan benjolan pada payudara juga lho!

6. Pertumbuhan Jerawat yang Tak Wajar Pada Wajah 

Pada usia pubertas, memang wajar kalau di wajah kamu muncul banyak jerawat yang pastinya mengganggu sekali. Sayangnya, kadang-kadang, jerawat muncul pada wanita yang tidak lagi dalam masa pubertas. Ini dikarenakan kelebihan hormon Androgen (hormon "laki-laki" pada perempuan) yang menyebabkan kelenjar minyak bekerja dengan sangat keras. Hasilnya, jerawat muncul dimana-mana. 

7. Mood Swing & Depresi

Salah satu gejala dari ketidakseimbangan hormon yaitu bahwa kamu merasa moodmu berantakan. Kamu merasa bahwa kamu bisa cepat senang dan cepat juga sedih. Hal ini dikarenakan kekurangan hormon estrogen yang merupakan kunci dari hormon lain yang mempengaruhi perasaanmu, seperti dopamin, serotonin, ataupun adrenalin.

Jadi, sudah ngerti kan kalau kamu harus mengontrol juga hormon kamu supaya lebih sehat senantiasa. Kekurangan dan kelebihan hormon bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuhmu. Tak hanya itu, yang lebih fatal, kamu bisa mengalami PCOS (Polycystic ovary syndrome) atau gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita. Untuk itu, kamu harus tetap menjalankan hidup sehat supaya hormon kamu semakin seimbang dan tubuh kamu semakin sehat.

Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018