Pertolongan Pertama Ketika Pergelangan Tangan Terkilir

Nyeri pada pergelangan tangan kerap kali terjadi akibat terkilir. Pertolongan pertama ketika pergelangan tangan terkilir wajib dilakukan, agar kondisinya tidak semakin parah. Hal ini juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit yang timbul akibat terkilir. Penanganan terhadap tangan yang terkilir harus dilakukan sesegera mungkin dan jangan sampai lebih dari 72 jam sejak kejadian.

Pertolongan pertama saat tangan terkilir akan meminimalisir rasa sakit dan juga pembengkakan yang terjadi. Pada kondisi terkilir, pergerakan tangan akan sulit dan sakit ketika digerakkan. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter.

1. Kompres dengan Air Es

Gunakan kompres es batu atau air es yang telah dilapisi dengan handuk atau kain pada bagian yang terkilir. Lakukan pengompresan pada area yang cedera selama 15 hingga 20 menit. Apabila menggunakan air es, pastikan kondisi handuk selalu dingin. Ulangi langkah tersebut sebanyak tiga hingga lima kali dalam satu hari.

Penting untuk menghindari kompres dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot dalam waktu 24 jam pertama sejak kejadian. Hal ini justru akan memicu terjadinya pembengkakan yang lebih parah pada pergelangan tangan. Hindari juga menempelkan es batu langsung ke kulit karena akan menyebabkan radang.

2. Hindari Menggerakkan Pergelangan Tangan yang Cedera

Saat pergelangan tangan keseleo atau terkilir, sebisa mungkin usahakan agar bagian tersebut tidak bergerak. Apabila terpaksa harus memindahkan posisi tangan, gunakan bantuan tangan satunya lagi untuk memindahkannya secara perlahan.

3. Posisikan Pergelangan Tangan yang Terkilir Lebih Tinggi dari Jantung

Pada saat berbaring ataupun duduk, usahakan agar posisi pergelangan tangan yang terkilir lebih tinggi dari jantung. Gunakan bantal atau alat penyangga lain untuk menjaga posisi pergelangan tangan selalu ada di atas posisi jantung.

4. Bebat pada Bagian yang Terkilir

Pertolongan pertama yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan membebat bagian yang cedera. Gunakan kain bersih atau perban elastis untuk membebat. Jangan membebat terlalu kencang karena akan menghambat peredaran darah dan justru akan berbahaya. Bebat bagian yang cedera hingga tertutup perban seluruhnya. Lebihkan beberapa sentimeter di atas bagian yang terkilir. Hal ini akan membantu pergelangan tangan tetap pada posisi semula dan tidak banyak pergerakan.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Mengonsumsi obat seperti ibuprofen dapat menjadi pertolongan pertama pada saat tangan terkilir. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang timbul karena rusaknya ligamen pada bagian pergelangan tangan.

Sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri, sebaiknya tetap lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan memberikan aspirin kepada orang yang mengalami pergelangan tangan terkilir jika belum berusia 18 tahun atau atas rekomendasi dokter.

Pada saat pergelangan tangan atau bagian tubuh lain terkilir, banyak orang melakukan pertolongan pertama dengan memijat atau mengurutnya. Secara medis, tindakan ini sangat tidak dibenarkan karena justru dapat menyebabkan cedera lebih parah.

Jika ingin melakukan terapi pijat atau urut pada bagian yang terkilir, sebaiknya tunggu setelah 72 jam sejak kejadian. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembengkakan lebih parah pada bagian yang terkilir. Fisioterapis profesional dapat memberikan bantuan untuk melakukan terapi urut pada pergelangan tangan yang terkilir. Sebaiknya hindari untuk meminta bantuan tukang urut tradisional untuk mengobati tangan terkilir.

Itulah beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika pergelangan tangan sedang terkilir. Apabila pergelangan tangan terkilir, segera lakukan pertolongan pertama. Kunjungi dokter dan konsultasikan kondisi cedera pada pergelangan tangan untuk mendapatkan pengobatan dan terapi yang sesuai.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami