Plus Minus Kopi dan Teh Bagi Kesehatan Tubuh

04 Aug 2017 @ 03:21:22
Plus Minus Kopi dan Teh Bagi Kesehatan Tubuh
Apakah Anda termasuk penyuka kopi dan teh? Kedua jenis minuman tersebut tentu tidak asing bagi masyarakat tanah air. Anda bisa menyantap kopi dan teh pada pagi, siang, atau malam hari sesuai selera. Tidak hanya sedap dan cocok menemani aktivitas Anda, kopi dan teh juga memiliki plus dan minus untuk kesehatan tubuh. Jangan hanya menjadi penikmat kedua minuman ini saja. Anda juga mesti lebih cermat untuk mengenal kandungan dan plus minus kopi dan teh kesukaan Anda.

Aneka Senyawa Dalam Kopi dan Teh

Dalam setiap secangkir sajian kopi tanpa tambahan gula atau bahan lain mengandung 8 kalori. Sementara kandungan kafeinnya berkisar di angka 80 hingga 135 mg. Kopi juga mengandung phytochemicals, sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah peradangan dan mempercepat regenerasi sel baru.
Selain kopi, teh juga punya kandungan gizi yang tidak kalah berkhasiat. Saat ini ada banyak sekali jenis teh populer seperti teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh rosella. Semua jenis teh mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jumlah dan jenis kandungan antioksidannya tentu berbeda-beda. Misalnya, pada teh rosella terkandung antioksidan yang disebut anthocyanins. Antioksidan tersebut sama dengan jenis yang bisa ditemukan pada buah berry.

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

Kafein dan phytochemical dalam kopi dapat membuat otak menjadi lebih aktif, mudah berkonsentrasi, serta meminimalkan risiko berbagai penyakit. Sejumlah penelitian kesehatan menyatakan bahwa penyakit jantung, stroke, diabetes, alzheimer, dan penyakit hati bisa diminimalkan jika mengkonsumsi kopi dengan takaran seimbang.

Manfaat tersebut semakin maksimal kalau Anda mengkonsumsi kopi tanpa tambahan gula, susu, krimer, atau jenis perasa lainnya. Sebab penambahan bahan lain pada kopi cuma akan menambah jumlah kalori secara berlebihan.

Aneka Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Kalau Anda tidak menyukai kopi karena cita rasanya yang kuat, maka Anda bisa memilih teh sebagai alternatif. Anda pasti tak mudah bosan karena setiap jenis teh memiliki cita rasa yang khas. Mengkonsumsi teh secara teratur dapat menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Tidak mengherankan jika orang yang rajin mengkonsumsi teh menjadi lebih awet muda dengan kulit yang sehat.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology, konsumsi teh sangat ampuh untuk menangkal stres. Anda lebih mudah berkonsentrasi sehingga produktivitas pun kian meningkat. Sementara itu, penelitian lain yang dipublikasikan pada Journal of The American Medical Association juga menyatakan kalau konsumsi teh berperan penting dalam menekan angka kematian akibat serangan jantung.

Dampak Buruk Kopi dan Teh untuk Kesehatan Tubuh

Karena sama-sama mengandung kafein, konsumsi kopi dan teh berlebihan tentu berdampak buruk bagi tubuh. Mayo Clinic menyatakan bahwa konsumsi kafein sebanyak 500 hingga 600 mg per hari dapat mengakibatkan insomnia, jantung berdegup cepat, dan tremor pada tangan. Kendati demikian, setiap orang akan mengalami dampak buruk kafein yang berbeda-beda. Tergantung dari metabolisme dan ketahanan tubuh masing-masing orang.

Teh Rosella, Teh Rasa Asam yang Menyehatkan Tubuh

Kini Anda bisa menikmati teh rosella yang tidak mengandung kafein. Jenis teh yang berasal dari tanaman Hibiscus ini dapat meminimalkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kanker. Bila Anda mengonsumsi teh rosella secara teratur dengan takaran seimbang, tentu Anda akan mendapatkan manfaat sehat secara maksimal. Cita rasa teh rosella yang asam dan segar tidak akan membuat Anda mudah bosan. Anda bisa menyajikan teh rosella dalam keadaan panas atau dingin sesuai selera.

Anda tentu bisa mendapatkan beragam produk teh dan kopi di berbagai tempat yang menjualnya. Namun, untuk memberikan kemudahan dan praktis yang lebih bagi anda, anda bisa berkunjung ke website Lemonilo dan temukan ragam teh dan kopi yang pas untuk Anda yang tentunya merupakan produk-produk teh dan kopi yang berkualitas dan alami. 


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Shop For Less: Solusi Belanja Anda
Hello, healthy Lemonizen! Sudah belanja apa hari ini? Kebingungan waktu memilih keranjang belanjaan pilihan An..
OT Handoko
13 Oktober 2017
Ssstt.. Ini Ciri-ciri Produk Kecantikan yang Aman. Bagaimana Dengan Punya Anda?
Di zaman sekarang ini, produk kecantikan seperti body lotion, massage oil, atau lip balm, merupakan hal yang sulit dipis..
OT Handoko
12 Oktober 2017
Crazy October Promo 10.10, Hanya 24 Jam!
Hello Healthy October! Lemonilo mempersembahkan Promo Crazy October berupa DISKON 20% di setiap pembelian prod..
OT Handoko
09 Oktober 2017