Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman Agar Tidur Lebih Nyenyak

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
04 Oct 2021
Clock Icon
5 menit
posisi tidur ibu hamil

Tidak bisa dipungkiri, di masa kehamilan kebanyakan ibu mengalami kesulitan untuk tidur. Terutama di trimester pertama saat tubuh mengalami banyak perubahan, baik dari segi fisik maupun hormon. 


Bahkan menurut survei yang dilakukan National Sleep Foundation, 78% perempuan  mengaku mengalami banyak masalah tidur saat hamil, dengan 15% di antaranya mengalami sindrom kaki gelisah selama trimester ketiga. 


Sementara data dari Medical News Today menunjukkan bahwa umumnya ibu hamil akan merasakan mual akibat perubahan hormon hingga rasa lapar yang lebih tinggi di malam hari sehingga lebih sulit untuk tidur. 


Nah, salah satu cara untuk mengatasi sulit tidur selama hamil adalah dengan menentukan posisi tidur yang lebih baik. Pasalnya, posisi tidur ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan maupun kenyamanan ibu hamil. Kalau Lemomoms sedang mengalami masalah serupa, yuk simak ulasan serta tips seputar posisi tidur ibu hamil di bawah ini!


Posisi tidur terbaik saat hamil


Selama trimester pertama, sebenarnya Lemomoms aman untuk tidur dalam posisi apapun. Posisi tidur telentang, menyamping, atau tengkurap. Pada trimester awal, rahim belum cukup besar dan tidak akan terlalu mengganggu posisi tidur. Posisi tengkurap ini aman dilakukan hingga kandungan berusia 16 minggu.


Bagi Lemomoms yang mengalami nyeri pinggul atau nyeri punggung selama kehamilan, bisa menempatkan satu atau dua bantal di antara lutut. Posisi ini dapat membantu memberikan rasa nyaman dan lega saat tidur.  


Posisi tidur menyamping

Posisi tidur menyamping adalah posisi yang paling cocok untuk ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Posisi ini dapat membantu memaksimalkan aliran darah ke rahim tanpa memberi tekanan pada organ hati. 


Posisi menyamping juga dapat membuat aliran darah yang penuh nutrisi bergerak ke arah plasenta sehingga dapat memberi makan bayi dalam kandungan. Jika Lemomoms merasakan sakit punggung saat tidur menyamping, cobalah letakkan bantal di bawah perut. 


Posisi tidur yang perlu dihindari 


Selain posisi tidur yang direkomendasikan, ada juga lho posisi tidur yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Berikut penjelasannya. 


  • Posisi tidur telentang: Tidur telentang saat masa kehamilan sudah semakin tua ternyata dapat berbahaya. Posisi telentang akan menimbulkan masalah seperti sakit punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan menyebabkan penurunan sirkulasi ke jantung dan bayi. Posisi ini akan membuat tubuh ibu hamil bertumpu pada usus dan pembuluh darah utama yakni aorta dan vena cava

  • Posisi tidur tengkurap: Saat kehamilan semakin tua, payudara akan menjadi lebih empuk dan ukuran perut juga akan terus membesar, keduanya hal ini akan membuat tidur tengkurap menjadi tidak nyaman. Sebaiknya gunakan bantal khusus yang dapat membantu ibu hamil tidur tengkurap dengan nyaman.


Tips agar tidur lebih nyenyak di masa kehamilan


Selain tidur dengan posisi yang direkomendasikan di atas, beberapa hal di bawah ini juga dapat membantu Lemomoms tidur lebih nyenyak di masa kehamilan.  


  • Batasi konsumsi kafein. Bila Lemomoms adalah penikmat minuman berkafein seperti kopi atau teh, cobalah untuk batasi konsumsinya maksimal di pukul 3 sore. Sehingga Lemomoms tidak akan mengalami sulit tidur di malam hari. 

  • Hindari minum menjelang tidur. Minum air mineral memang penting, namun sebaiknya hindari minum air mineral menjelang waktu tidur. Hal ini dapat mencegah Moms bangun di tengah malam. 

  • Olahraga ringan selama 30 menit. Supaya mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, luangkan waktu  untuk berolahraga ringan pada sore hari. Olahraga sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

  • Lakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Sebelum tidur, Lemomoms bisa melakukan beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan relaksasi tubuh. Misalnya mandi dengan air hangat atau memijat bagian kaki serta pundak. Ketika tubuh rileks, tidur malam otomatis lebih berkualitas lho!

  • Pastikan kamar tidur tenang dan gelap. Tidur di ruangan yang gelap, tenang juga dengan suhu yang nyaman juga dapat membantu meningkatkan kenyamanan tidur.  


Nah itu tadi informasi seputar posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil. Rasa tidak nyaman saat masa kehamilan mungkin memang sulit dihindari. Namun, Lemomoms tidak perlu takut atau khawatir ya karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjang kenyamanan tidur di masa kehamilan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.