Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Prinsip manajemen keuangan penting dipelajari pengusaha pemula.

Apa yang terlintas dalam benak kamu ketika mendengar tentang manajemen keuangan? Prinsip manajemen keuangan secara umum adalah suatu prinsip yang diciptakan guna terjaganya kestabilan keuangan dalam sebuah perusahaan. Implementasinya adalah dengan menjalankan beberapa hal, seperti perencanaan, pengoperasian, analisis kegiatan keuangan, kontrol, serta pengendalian keuangan demi tercapainya tujuan perusahaan.


Bagi suatu perusahaan, keuangan memang menjadi hal yang sangat riskan dan harus dikelola dengan baik dan benar. Dalam pengelolaannya, ada beberapa prinsip manajemen keuangan yang harus kamu perhatikan. Berikut 7 prinsip dari manajemen keuangan, diantaranya adalah:

1. Akuntabilitas


Akuntabilitas adalah kewajiban hukum serta moral yang ada atau melekat pada tiap-tiap individu, kelompok maupun suatu badan usaha untuk menjelaskan bagaimana penggunaan dana perusahaan. Setiap perusahaan harus dapat menyampaikan untuk apa dana dipergunakan. Akuntabilitas juga merupakan sebuah pertanggungjawaban dari badan usaha kepada pemilik modal.

2. Konsistensi


Prinsip selanjutnya adalah tentang bagaimana sebuah perusahaan menjalankan atau mengatur seluk beluk keuangannya berdasarkan kepada apa yang telah direncanakan sebelumnya. Tidak terlalu sering melakukan perubahan besar dalam waktu satu periode. Hal ini juga akan memengaruhi tingkat kepercayaan dari pemberi dana kepada perusahaan. Karena, jika tidak konsisten bisa dicurigai adanya manipulasi data atau keuangan.

3. Kelangsungan Hidup


Dalam merancang dan menjalankan manajemen keuangan di sebuah perusahaan, kelangsungan hidup haruslah menjadi pertimbangan yang matang. Tantangan bagi setiap usaha adalah mampu merancang rencana keuangan dan membuktikan bahwa ia mampu menjalankan rencana strategis tersebut demi memenuhi kebutuhan perusahaan. Prinsip ini mengacu atau menekankan pada bagaimana kesehatan keuangan dapat tetap terjaga, pengeluaran tetap sesuai, dan strategi tetap mengikuti ketersediaan dana yang dimiliki.

4. Transparansi


Prinsip transparansi ini juga dapat menjadi modal demi meraih kepercayaan pihak lain yang ingin melakukan kerja sama. Catatan pentingnya adalah jangan menutupi fakta atau melakukan kebohongan serta manipulasi karena hal tersebut justru dapat berbalik merugikan perusahaan kamu. Sebaiknya perusahaan terbuka tentang kondisi yang sedang dialami dan dijalankan serta apa rencana yang akan dihadapi kedepannya pada pihak-pihak yang memiliki kepentingan.


Transparansi juga meliputi pelaporan yang akurat, tepat waktu, dan tanpa adanya manipulasi data. Selain itu, laporan keuangan juga harus dapat diakses oleh pihak yang memiliki kepentingan dengan mengedepankan kejujuran dari operasional perusahaan.

5. Standar Akuntansi


Standar akuntansi disini dalam artian sesuai dengan aturan yang diberlakukan dan akan memengaruhi keberlangsungan suatu usaha. Jika manajemen keuangan ini tidak ada dalam sebuah badan usaha, maka dapat dipastikan kondisi keuangannya akan berantakan karena tidak ada catatan dan pedoman khusus. Sistem akuntansi keuangan pada perusahaan tersebutlah yang harus mengikuti standar yang ada. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk merekrut akuntan yang memahami sistem dan standar tersebut.

6. Integritas


Prinsip ini perlu dimiliki oleh setiap individu atau bagian yang memiliki tanggung jawab pada bagian operasional perusahaan. Integritas juga perlu hadir dalam pelaporan keuangan supaya akurasinya tepat sasaran dan terjamin.

7. Pengelolaan


Pengelolaan tentu menjadi hal yang penting dalam bagian manajemen keuangan, karena proses ini akan menjalankan bagaimana dana digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana pengelolaan yang baik supaya tidak justru mendatangkan kerugian bagi perusahaan.


Demikian informasi mengenai prinsip manajemen keuangan di perusahaan yang harus kamu pahami. Menjalankan bisnis dan urusan pengelolaan keuangan memanglah tidak mudah. Dibutuhkan banyak usaha dan ketelitian agar manajemen keuangan lancar. Namun dengan menjalankan prinsip-prinsip di atas, maka perusahaan dapat berjalan lebih lancar dan optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.