Problem Datang Silih Berganti? Sebelum Kamu Hadapi, Bahagiakan Diri Dengan Makanan Ini!

16 Mar 2018 @ 15:25:42
Dalam hidup, rasanya masalah dan problema selalu muncul silih berganti. Kadang kamu juga sering dibuat pusing tujuh keliling karena masalah tak pernah ada habis-habisnya. Ingin lari, tapi kemana? Ingin berteriak, takut dikira orang gila. Semua serba salah. 

Ah, jangan pakai cara zaman old dong! Kids jaman now harusnya tahu bahwa masalah bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi. Tapi, sebelum kamu melangkah buat menghadapi masalahmu dan menyelesaikannya, redakan emosimu dan bahagiakan diri dengan beberapa makanan pembuat bahagia berikut ini. Cekidot!

1. Dark Chocolate

Mungkin kamu juga sudah tahu kalau cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat membuat kamu ceria dan bahagia. Jadi, di dalam cokelat, ada zat antioksidan bernama Polyphenols yang aktif untuk membuat mood kamu jadi lebih baik. Penelitian menyebutkan kalau si Polyphenols ini memberikan rasa tenang dan bahagia bagi hati dan otak kamu. 

Untuk menikmati cokelat sebagai happy-maker dan mood booster, kamu disarankan untuk menikmati dark chocolate yang punya kandungan alami antioksidan lebih tiinggi sehingga kamu bisa jadi happy lebih cepat. Tak hanya itu, antioksidan membantu kamu awet muda lho!  

2. Yogurt & Makanan Berprobiotik

Wah, buat kamu yang menyukai rasa asam yang bercampur dengan tekstur creamy dari yogurt, ini tentu jadi satu kabar baik. Yogurt juga bisa jadi makanan nikmat yang dapat membuat kamu bahagia. 

Kandungan probiotik di dalam makanan ini membuat fungsi pencernaan berjalan dengan lebih baik sehingga membantu melepaskan hormon serotonin di dalam pencernaan. Hal ini dapat memberikan rasa bahagia dan bebas dari depresi. Selain itu, hal ini dapat terjadi pada makanan berprobiotik lainnya, misalnya kimchi. Sudah bahagia, pencernaan sehat pula. Lengkap sudah!

3. Kopi

Fans kopi mana nih suaranya? Penelitian mengungkapkan bahwa kopi banyak dihubungkan dengan energi, kebaikan, dan kebahagiaan. Menikmati satu cangkir kopi dapat membantu kamu untuk menenangkan diri dan lebih bahagia dalam menghadapi hari. 

Selain itu, penelitian oleh JAMA Internal Medicine memaparkan bahwa 15% orang yang mengonsumsi kopi setiap harinya lebih bahagia dan bebas dari depresi. Hal ini diakibatkan akibat kandungan kafein dalam kopi membantu melepaskan hormon serotonin di pencernaan yang membuat kamu bahagia. Yuk, ngopi!

4. Jamur

Tak ada yang menyangka kalau tumbuhan yang satu ini ternyata sangat aktif dalam membuat kamu selalu bahagia setiap harinya. Tak hanya dari rasanya yang nikmat, apalagi jika dibuat jadi jamur goreng krispi, tapi jamur ini punya kandungan alami yang membantu kamu terbebas dari depresi dan hidup lebih bahagia. 

Jamur mengandung vitamin D yang cukup tinggi yang dalam membantu meningkatkan mood dan menjadikan kamu lebih bahagia dalam menjalani hidup. Penelitian menyebutkan bahwa semakin banyak Vitamin D yang dikonsumsi, semakin baik mood dan emosi seseorang. Jadi, sekarang makin sering makan jamur ya?

5. Salmon

Ternyata istilah "Ada harga, ada isinya" itu benar. Salmon, sebagai salah satu ikan yang mempunyai harga yang cukup lumayan mahal, menyimpan banyak manfaat, terutama sebagai mood-enhancer dan antidepressant.

Salmond mengandung asam lemak omega 3 yang dikenal baik untuk meningkatkan mood dan melawan depresi sehingga kamu akan lebih bahagia dan jauh dari kesedihan. Selain itu, DHA dalam Salmon baik dalam perkembangan otak dan membantu memperkuat struktur sel tulang dan otak. 

Nah, bahagia ternyata tak hanya datang dari kejadian-kejadian dalam hidup, namun juga datang dari makanan yang kamu makan dan konsumsi. Untuk itu, kamu harus tetap makan makanan yang membantumu bahagia sehingga kebahagiaanmu semakin lengkap.  


Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018