Punya Banyak Manfaat, Alang-alang Sebagai Obat Tradisional

10 Jun 2020 @ 15:40:39
Alang-alang merupakan salah satu jenis tanaman liar yang bisa hidup di lahan kosong. Meski begitu, tanaman ini sejak dulu sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Manfaat alang-alang ini bisa sebagai obat-obatan herbal. Tentu saja selain mudah didapat, sebagai obat tanaman ini ramah di kantong. 

Akan tetapi, sebelum mengkonsumsinya, terlebih dahulu harus melalui beberapa tahap proses lebih dulu. Biasanya cara mudah untuk menikmati manfaatnya dengan meminum air rebusan akar alang-alang. Minuman ini tentu saja bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit tentu saja. Dari sekian banyak manfaat alang-alang, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan setelah mengkonsumsi alang-alang. 

1. Dapat Mengobati Kencing Nanah



Manfaat alang-alang yang pertama adalah dapat mengobati kencing nanah. Akar dari alang-alang bisa mengobati penyakit kencing nanah. Jika kamu mengalami penyakit ini, bisa jadi ini adalah gejala awal kamu mengalami penyakit yang serius. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Meminum air rebusan akar alang-alang dapat membantumu menyembuhkan dari kencing nanah. 

Kamu bisa membuat ramuan ini sendiri di rumah. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 300 gram akar alang-alang lalu potong menjadi kecil-kecil. Rebus potongan akar alang-alang dan campurkan gula batu. Kemudian diamkan rebusan dari alang-alang hingga dingin. Kemudian konsumsi minuman tersebut sebanyak 3 kali sehari secara rutin. 

2. Dapat Mengobati Epistaksis



Manfaat alang-alang juga bisa untuk mengobati epistaksis. Untuk membantu mengobati epistaksis kamu perlu mengolahnya lebih dulu. Adapun caranya yaitu siapkan akar alang-alang yang masih segar dan dalam jumlah secukupnya. Kemudian cuci sampai bersih lalu dilumatkan dan diperas airnya sampai terkumpul 100 liter. 

Kamu bisa langsung minum air perasan akar alang-alang tersebut. Cara lainnya yaitu siapkan 30 gram akar alang alang yang masih segar, cuci bersih, lalu rebus bersama 3 gelas air dan tunggu sampai airnya tersisa hanya 1 gelas. Airnya bisa diminum langsung jika sudah tidak terlalu panas. 

Selain itu, untuk mimisan ada pula cara lain yang dapat dilakukan dengan mengambil bulir bunga alang alang dan tangkainya, kemudian digiling halus. Lalu dibubuhi pada luka atau disumbatkan ke hidung untuk menghentikan perdarahan yang terjadi. Kamu juga bisa menggunakan cara serupa untuk luka terbuka, karena sifat hemostatiknya sangat cukup efektif.

3. Alang-alang Sebagai Obat Hematemesis



Untuk mengobati hematemesis, maka perlu lebih dulu untuk mengolah alang-alang menjadi minuman. Cara mengolah alang-alang sebagai obat hematemesis yaitu dengan mencuci bersih 30 sampai 60 gram akar alang-alang yang masih segar. Kemudian kamu perlu memotong-motong menjadi bagian lebih kecil dan merebusnya bersama 3 gelas air. Apabila sudah mendidih, tunggu sampai air hanya tinggal 1 gelas saja. Kemudian airnya bisa diminum setelah sudah dingin. 

4. Alang-alang Sebagai Obat Gonore



Untuk membuat alang-alang menjadi obat gonore, kamu harus mengolahnya lebih dulu. Yang perlu kamu siapkan adalah akar alang-alang yang masih segar sebanyak 300 gram. Kemudian mencucinya hingga bersih. Kemudian potong alang-alang menjadi kecil kecil, simpan ke dalam air sebanyak 2 liter dan rebus hingga mendidih. 

Kemudian tunggu sampai airnya tersisa sekitar 1,2 liter saja. Kemudian rebus hingga mendidih dan tunggu sampai airnya tersisa sekitar 1,2 liter. Jika ingin rasanya menjadi enak, maka dapat ditambahkan gula batu secukupnya. Minum 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Disarankan untuk melakukannya sampai 10 hari. 

Nah, itu dia manfaat alang-alang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang terkandung di dalam tumbuhan ini ternyata begitu besar dan berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit berbahaya. Namun untuk konsumsi alang-alang tetap sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ya, agar tidak ada masalah kesehatan dikemudian hari!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020