Punya Bentuk yang Hampir Sama, Ini Bedanya Daun Suji dan Daun Pandan

25 Jun 2020 @ 17:16:22
Daun suji dan daun pandan memiliki bentuk yang serupa. Tak heran, jika masih banyak orang yang sulit membedakan antara daun suji dan daun pandan. Pada dasarnya, baik daun suji maupun daun pandan berguna untuk memberi warna hijau alami pada makanan.

Namun, meski sama-sama berfungsi sebagai pewarna alami, daun suji dan daun pandan tetap memiliki perbedaan. Biar nggak lagi bingung, yuk simak perbedaan antara daun suji dan daun pandan.

Segi tampilan

Daun pandan dan daun suji sulit dibedakan karena memiliki tampilan yang hampir mirip. Namun jika diamati lagi, ada perbedaan tampilan antara keduanya. Pandan memiliki daun yang memanjang dan runcing. Di bagian tengah daun pandan, terlihat tulang daun yang cukup menonjol. Selain itu, warna daun pandan cenderung ke hijau muda.

Sementara daun suji memiliki bentuk yang lebih bulat dibandingkan daun pandan. Daun suji pun tak memiliki tulang daun yang menonjol. Jika dari segi warna, daun suji memiliki warna hijau yang lebih pekat.

Warna yang dihasilkan

Baik daun suji maupun daun pandan, memang sama-sama menghasilkan warna hijau. Namun, tetap ada perbedaan antara keduanya. Daun pandan menghasilkan warna hijau yang pucat. Sementara daun suji menghasilkan warna hijau yang lebih pekat. Itulah mengapa, daun suji sangat cocok dijadikan sebagai pewarna alami jajanan pasar yang biasanya membutuhkan warna menyolok.


Perbedaan dari segi aroma

Meski memiliki warna hijau yang lebih pucat jika menjadi pewarna alami, daun pandan memiliki keunggulan aroma yang dihasilkan. Aroma daun pandan lebih wangi dan memiliki aroma yang khas. Karena hal inilah, daun pandan sering digunakan sebagai campuran bahan makanan untuk menghasilkan rasa dan aroma wangi yang khas. Makanan-makanan yang menggunakan daun pandan sebagai salah satu bahannya biasanya adalah kue pandan, kolak, dan bubur sumsum.

Berkebalikan dengan daun pandan, daun suji memiliki keunggulan dalam hal warna hijau yang pekat saat menjadi pewarna alami makanan. Sementara dalam hal aroma, daun suji tidak memberikan aroma apapun dan bahkan tidak memiliki rasa jika dijadikan pewarna alami untuk makanan. Makanan-makanan yang biasanya menggunakan daun suji sebagai pewarna alami antara lain klepon, putu ayu, dadar gulung, cendol, dan jajanan pasar lainnya yang biasanya memiliki warna pekat.

Manfaat Bagi Kesehatan

Baik daun pandan maupun daun suji ternyata sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tentu saja peruntukannya tak sama. Keduanya masing-masing memiliki manfaat untuk kesehatan yang berbeda.

Manfaat daun pandan bagi kesehatan ternyata cukup banyak. Yakni antara lain menurunkan kadar gula darah. Penelitian yang dilakukan Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan bisa mengurangi gula darah. Ekstrak daun pandan membantu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Manfaat daun pandan lainnya yang dipercaya adalah mengatasi ketombe dan rambut rontok. Selain itu, daun pandan dipercaya bisa membuat kulit lebih bercahaya dengan mengoleskan pasta daun pandan yang direndam dalam air.

Di sisi lain, daun suji juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antara lain membantu meredakan batuk seperti dilansir dari Honest Doc. Caranya pun terbilang mudah jika ingin mencoba daun suji untuk mengatasi batuk. Yakni merebus daun suji, lalu meminum hasil rebusan tersebut. Rebusan air daun suji ternyata juga dipercaya untuk membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya. Seperti membantu meredakan sakit perut karena menstruasi, menangkal radikal bebas, serta membantu mengatasi masalah pencernaan.

Itu dia perbedaan antara daun suji dan daun pandan yang mungkin belum banyak orang tahu. Namun yang pasti, daripada menggunakan pewarna sintetis untuk makanan yang kamu buat, lebih baik menggunakan salah satu dari dua jenis daun ini untuk memberikan warna hijau yang cantik. Selain tampilan makanan akan menjadi apik, berbagai manfaat kesehatan pun bisa kamu dapatkan.

Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020