Punya Beragam Khasiat Serai, Ini Manfaat dan Cara Mengolahnya

29 Jun 2020 @ 20:07:30
Serai merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan oleh manusia terutama untuk bumbu masak. Manfaat serai bisa diperoleh dari bagian pangkal akar sebagai bagian utama yang sering dipakai. Daunnya menyerupai ilalang yang bentuknya memanjang. 

Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan sensasi rasa hangat. Keduanya dapat membuat masakan atau olahan lebih wangi dan terbebas dari bau amis. Apalagi jika masakan tersebut terbuat dari bahan hewani yang beraroma kuat. Selain itu, tanaman ini memiliki beberapa khasiat yang sangat bermanfaat bagi kamu. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat serai beserta cara pengolahannya. 

1. Mengusir Nyamuk



Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini dapat membantu kamu untuk mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan serai mengandung antidepresan yang dapat mematikan indra perangsang yang dimiliki nyamuk. Itulah mengapa banyak produk lotion atau minyak gosok anti nyamuk yang menggunakan tanaman ini untuk bahan pembuatannya. 

Cara pengolahannya pun sangat sederhana. kamu hanya perlu mengiris batang serai kemudian di simpan di tempat yang ingin terbebas dari nyamuk. Selain itu, kamu juga dapat mengoleskannya pada tubuh kamu agar terhindar dari gigitan nyamuk. Tentunya dengan menggunakan serai ini, mengusir nyamuk bisa menjadi sangat alami ya.  

2. Melunturkan Lemak Perut



Selain untuk mengusir nyamuk, tanaman ini dapat membantu kamu yang memiliki masalah dengan lemak di bagian perut. Jika dicampur dengan perasan air jeruk nipis, tanaman ini dapat membantu meluruhkan atau melunturkan lemak yang ada pada perut. Selain itu, campuran tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan kamu. Dengan begitu, tubuh kamu bisa lebih ramping dan berat badan pun menurun. 

Potong 3 batang serai menjadi 4 bagian kemudian geprek. Setelah itu, siapkan teh dalam kantung, 3 buah jeruk nipis (iris tipis) serta 5 gelas air. Campurkan dan didihkan semua bahan tersebut hingga menyusut menjadi 2 gelas air. Campuran ini sebaiknya kamu minum 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Dengan begitu kamu dapat merasakan manfaat serai yaitu untuk melunturkan lemak pada perut. 

3. Meredakan Depresi



Banyak hal yang dapat memicu stres dan depresi pada manusia. Salah satu gejalanya adalah sulit tidur. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan tanaman serai. Caranya adalah dengan dibuat teh serai. Khasiat ini jarang diketahui oleh banyak orang. Jadi, jika sedang merasa stres dan depresi teh serai dapat membantu kamu untuk merasakannya. 

Untuk memperoleh manfaat serai tersebut, kamu hanya perlu mengiris batang serai dan kemudian merebusnya dengan air. Dengan meminumnya pada pagi hari dan sebelum tidur, maka pikiran kamu bisa lebih rileks dan tenang. Pastikan kamu mengolahnya dengan benar serta menjaga kebersihannya agar khasiatnya dapat kamu rasakan. Jangan lupa untuk merebusnya dengan waktu yang tidak terlalu lama agar khasiatnya lebih maksimal. 

4. Menurunkan Tekanan Darah



Tanaman ini dipercaya mampu membuang kelebihan air serta garam dalam tubuh. Kandungan tersebut biasanya dapat menjadi penyebab darah tinggi atau hipertensi. Untuk mendapat khasiatnya, kamu hanya perlu mencampurkannya pada setiap masakan. Tanaman ini dapat dipotong kecil atau memanjang untuk dicampurkan pada masakan yang akan dikonsumsi. 

Demikianlah beberapa khasiat serta manfaat serai yang bisa kamu peroleh. Hal ini sangat jarang diketahui oleh sebagian orang. Tanaman ini dapat membantu kamu agar menjadi lebih sehat. Selain itu, kondisi rumah juga bisa lebih sehat karena terbebas dari nyamuk seperti yang sudah dijelaskan tadi. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020