Punya Masalah Kulit Wajah Kering? 7 Rekomendasi Buah Ini Bantu Kulit Lebih Sehat

30 Sep 2020 @ 14:03:31
Memiliki kulit wajah sehat dan cerah adalah harapan semua orang. Banyak cara yang biasanya dilakukan untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan sehat. Mulai dari perawatan seperti peeling, facial, hingga mencari skincare yang cocok untuk kulit.

Tak ada yang salah dengan perawatan-perawatan tersebut. Namun, yang terkadang dilupakan adalah perawatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, salah satunya adalah buah-buahan. Inilah beberapa pilihan buah yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

1. Alpukat

Tak heran jika alpukat mendapat julukan super food. Pasalnya buah satu ini memiliki banyak sekali khasiat baik untuk tubuh, salah satunya bisa mengatasi kulit kering. Jika kamu mengonsumsi buah alpukat, kadar asam lemak dan sejumlah vitamin yang terkandung dalam alpukat bisa membuat kulit terhidrasi dengan cukup.

Selain itu, vitamin E pada alpukat juga berperan penting dalam proses peremajaan kulit dan mengembalikan kelembapan alami kulit.

2. Jeruk

Kita semua pasti tahu bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Ternyata kandungan vitamin C dalam jeruk ini tak hanya bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh lho, tetapi juga membantu membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Selain itu, vitamin C dan antioksidan dalam buah jeruk mampu merangsang produksi kolagen, zat yang berperan penting dalam upaya meremajakan kulit.

3. Apel

Sama halnya dengan jeruk, buah apel juga memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Tak hanya itu, kandungan serat dan antioksidan dalam apel baik untuk menjaga kesehatan kulit, membuatnya tetap lembap, serta membantu menangkal radikal bebas.

4. Semangka

Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Itulah mengapa semangka direkomendasikan sebagai salah satu buah yang bisa membantu mengatasi masalah kulit kering. Sebab dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin, tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat kelembapan kulit yang semakin tinggi.

Namun, yang perlu diingat jangan mengonsumsi semangkat saat perut kosong. Sebab hal ini bisa menimbulkan kembung.

5. Mangga

Tak hanya memiliki rasa yang enak, buah mangga ternyata bisa membantu mengatasi masalah kulit kering. Buah mangga mengandung flavonoid dan beta karoten yang mampu mencegah kerusakan pada kulit.

6. Pepaya

Selama ini buah pepaya dikenal sebagai buah yang ampuh untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung serat yang cukup tinggi. Namun, selain kandungan serat yang tinggi, pepaya juga memiliki kandungan folate, pantothenic acid, vitamin A, C, B dan mineral yang berupa magnesium, copper dan potassium yang mampu mencegah kulit dari masalah kekeringan.

7. Pisang

Kandungan vitamin A, B, dan C pada pisang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sejumlah kandungan vitamin pada pisang inilah yang membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, pisang juga bisa membantu untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Itulah beberapa buah yang bisa rutin dikonsumsi jika kamu memiliki masalah kulit kering. Namun selain perawatan dari luar dan dalam, merawat kulit juga harus dengan menerapkan gaya hidup sehat. Yakni salah satunya istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan menghindari minuman beralkohol.

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020