Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Punya Phobia Gelap? Yuk Cari Solusi untuk Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengatasi phobia gelap yang mudah dilakukan.

Phobia gelap yang dialami pastinya kadang membuat kamu sangat cemas. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar jika dialami oleh anak-anak karena masih takut dengan suasana gelap. Akan tetapi jika dialami orang dewasa dan cenderung berlangsung dalam waktu yang lama, tentunya phobia ini patut untuk diwaspadai.


Bahkan jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka akan mengganggu tidur. Sehingga ditakutkan nanti kesehatan tubuh akan terganggu karena jumlah waktu tidur yang kurang. Pada anak-anak, biasanya phobia gelap ini sudah mulai dialami anak saat berusia 2 tahun. Karena ia masih belum bisa membedakan mana imajinasi dan kenyataan.


Kondisi gelap kadang memungkinkan anak untuk berimajinasi misalnya seperti ada sosok yang sangat menakutkan di bawah tempat tidur ataupun pojok kamar. Lalu apa sebenarnya phobia gelap itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Phobia Gelap?


Phobia gelap atau juga disebut nyctophobia merupakan gangguan psikologi yang membuat seseorang mempunyai rasa takut berlebihan pada kegelapan. Seseorang dengan gangguan phobia gelap akan merasakan cemas berlebihan serta panik ketika mereka berada di ruangan yang tidak bercahaya.


Rasa takut ini muncul saat ia menghadapi situasi yang dianggapnya bisa membahayakan keselamatannya. Namun, pada kondisi yang normal sebenarnya rasa takut ini bisa dikendalikan. Rasa takut ini akan berubah menjadi fobia ketika mereka tidak mampu lagi mengontrol pikirannya.

Cara Mengatasi Phobia Gelap

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi phobia gelap:

1. Lakukan Psikoterapi

Psikoterapi akan membantu kamu yang mempunyai phobia gelap untuk mengendalikan rasa cemas tersebut lalu diganti dengan pikiran positif saat berhadapan dengan penyebabnya. Teknis psikoterapi yang paling sering dilakukan dan ampuh dalam mengatasi phobia ini yaitu terapi perilaku kognitif. Psikiater akan mencoba untuk melatih kamu sehingga bisa berpikir dengan segar dan tenang serta menanamkan bahwa di tempat gelap tidak akan selalu mendatangkan bahaya.

2. Melatih Penglihatan Malam Hari


Saat kamu masuk ke ruangan gelap pastinya tidak akan melihat apa-apa. Namun secara perlahan mata akan berusaha menangkap objek-objek yang ada di ruangan tersebut. Cobalah untuk mulai menyebutkan benda apa saja yang sedang kamu lihat. Seiring berjalannya waktu indera malam hari akan meningkat sehingga rasa takut mulai berkurang.

3. Menghindari Pemicu Ketakutan


Salah satu hal yang bisa menjadi pemicu adanya phobia gelap adalah ketakutan pada hal-hal yang menyeramkan seperti misalnya film horor. Sebaiknya kamu hindari kegiatan tersebut. Lebih baik membaca buku atau menonton tayangan lucu atau inspiratif. Hal ini secara tidak langsung bisa menenangkan hati kamu.

4. Ajak Teman Jalan-jalan di Malam Hari


Kamu bisa mengajak teman untuk menemani berjalan di malam hari. Jika ditemani seseorang pastinya akan membuat kamu lebih percaya diri serta berani untuk melangkah. Kamu juga tak harus banyak bicara, cukup nikmati saja suara hembusan angin yang terdengar.


Kebanyakan orang mengalami phobia gelap karena ia pernah mengalami suatu kejadian yang tidak menyenangkan saat itu. Apabila memang demikian, maka mulai dari sekarang cobalah untuk berdamai dengan keadaan tersebut. Kemudian terapkan juga 4 langkah di atas. Ingatlah seorang yang pemberani bukannya tidak punya rasa takut sama sekali tetapi karena mereka mampu melawan rasa takutnya tersebut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.