Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Push Up, Olahraga Ringan Yang Mempunyai Banyak Manfaat

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Aug 2020
Clock Icon
4 menit
manfaat push up
Push up termasuk olahraga ringan yang sering dilakukan. Melakukan olahraga ini tidak memerlukan alat khusus ataupun tempat khusus. Selain tergolong olahraga yang mudah dilakukan, manfaat push up juga begitu banyak, salah satunya untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Walaupun olahraga ini terlihat berat, tapi jika dilakukan secara teratur akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apalagi dengan kondisi wabah Corona saat ini yang melarang orang untuk banyak beraktivitas di luar, olahraga ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menjaga badan. Yuk simak manfaat push up berikut ini: banner consideration shipping bg blue

1. Menguatkan Otot Bahu



Push up sangat bermanfaat untuk memperkuat otot-otot disekitar sendi bahu kamu. Maka jangan heran, orang yang sering push up memiliki bahu yang bidang. Otot dan tendon di area bahu ini, bertanggung jawab dalam menjaga tulang lengan di atas bahu. 

Tidak hanya itu, push up juga berpengaruh terhadap setiap otot pada tubuh kamu. Gerakan yang dilakukan dalam push up memang melibatkan banyak otot secara bersamaan, seperti dada, lengan, punggung atas dan inti, kaki sampai pinggul. Hal ini perlu, karena menguatkan seluruh otot pada tubuh bisa memberikan manfaat untuk menjaga berat badan ideal yang wajar, menguatkan tulang, meringankan gerakan tubuh sehari-hari, menjaga tekanan dan gula darah. 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung



Manfaat push up selanjutnya bisa meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan selama 10 tahun menunjukkan, pria yang bisa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut dapat terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96% dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan push up sebanyak 10 kali. 

Hasil dari studi ini membuktikan, bahwa pembentukan serta penguatan otot mampu menyehatkan jantung. Namun, jangan khawatir jika kamu tidak bisa melakukan push up sebanyak 40 kali. Para peneliti dalam studi itu juga menegaskan, jika sudah bisa melakukan push up 11 kali, artinya kamu sudah menurunkan risiko penyakit jantung sampai 64%.
banner consideration promotion bg blue

3. Meningkatkan Jumlah Hormon Pertumbuhan Manusia



Ketika kamu menua, produksi hormon pertumbuhan manusia akan semakin menurun. Padahal, hormon ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh serta perbaikan sel dalam tubuh kamu.

Selain itu, hormon pertumbuhan manusia juga memiliki peran penting dalam pembesaran otot. Jika tidak ada hormon ini, kamu akan kesulitan meningkatkan massa otot. 

4. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot


Meskipun push up dianggap sebagai olahraga ringan, tapi ada banyak variasi yang bisa kamu coba, seperti di bawah ini:

  1. Push up standar, yaitu push up yang sering ada di gym atau televisi. Kedua tangan kamu menyentuh lantai, sejajar dengan bahu. Lalu, tubuh digerakan ke atas dan bawah berulang kali.
  2. Push up lebar, push up ini berbeda dengan push up  standar, yang mengharuskan kedua tangan kamu tidak sejajar dengan bahu, alias lebih lebar. 
  3. Push up sempit, yaitu Push up yang mengharuskan kedua tangan kamu untuk berada di bawah tulang dada, dengan ibu jari dan telunjuk saling menyentuh.
  4. Forward push up, tangan kamu terpisah selebar bahu tapi peletakan tangannya sekitar 20 centimeter di depan bahu.
  5. Backward push up, sama seperti forward push up, tapi peletakan tangannya sekitar 20 sentimeter di belakang bahu.
Manfaat push up selanjutnya dari berbagai jenis push up di atas memiliki manfaatnya tersendiri. Push up sempit akan memberikan otot tricep dan pectoralis. Sedangkan forward dan backward push up akan memberikan otot perut untuk membentuk manfaat perut six pack serta otot punggung. 

Lebih dari itu, berdasarkan studi, backward push up menjadi jenis push up yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas. Sedangkan push up sempit dipercaya bagus untuk dilakukan bila kamu ingin memiliki otot tricep. 

5. Memperbanyak Testosteron dalam Tubuh



Testosteron sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, dan dorongan seks. Push up tersebut, diyakini mampu meningkatkan jumlah produksi testosteron dalam tubuh kamu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah 5 manfaat push up untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. Selalu jaga kesehatan dengan berolahraga dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.