Quinoa, Makanan Sehat Yang Mengguncang Dunia

03 Jan 2017 @ 19:56:47
Oleh RA Maharani & S Nurfauzia
Manfaat quinoa, makanan sehat yang mengguncang dunia

Quinoa (baca: keen-wa) merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari Peru, Amerika Selatan dan dikenal sebagai makanan pokok suku Inca, yang bahkan dianggap sebagai makanan yang sakral dengan sebutan chisaya mama atau induk dari semua biji-bijian. Quinoa termasuk dalam spesies tanaman dari genus goosefoot (Chenopodium quinoa) dan memiliki bentuk seperti biji ketumbar. Saat ini, quinoa sangat populer untuk dijadikan makanan pokok alternatif pengganti gandum dan beras. Para penggiat hidup sehat saat ini marak membahas manfaat quinoa untuk menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan.

Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan

Quinoa memiliki kadar nutrisi yang tinggi, diantaranya karbohidrat, protein nabati, asam amino, asam omega 3 yang setara minyak ikan, serta serat. Quinoa juga memiliki zat phytonutrients yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan mencegah penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Quinoa berbeda dari serealia seperti oats, gandum maupun barley yang mengandung gluten. Quinoa bebas gluten dan aman dikonsumsi bagi seseorang yang alergi atau memiliki intoleransi terhadap gluten. Daya tahan tubuh akan senantiasa baik dan terhindar dari risiko peradangan bila mengonsumsi quinoa.

Sebagai pengganti nasi, quinoa memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi, dengan protein yang lebih tinggi. Dengan kandungan protein yang tinggi, quinoa akan sangat bermanfaat dalam pertumbuhan, pembentukan dan pertumbuhan tulang, otot, kulit, membangun dan memperkuat serta memperbaiki sel-sel tubuh, serta dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh. Quinoa sangat cocok bagi penderita diabetes dan untuk diet karena dalam pencernaan, quinoa melepaskan kandungan karbohidrat secara perlahan ke dalam tubuh.

Selain itu, ragam kandungan yang dimiliki oleh quinoa memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Kandungan serat pada quinoa dapat membantu dalam meminimalisir resiko terjadinya serangan jantung dan membantu mencegah pembentukan batu empedu. Selain itu, kandungan vitamin B yang tinggi dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang sehat, mineral seperti mangan yang mampu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat, juga besi dan fosfor yang membantu tubuh dalam memproduksi energi dan untuk mencegah kanker.

Karena manfaat quinoa yang sangat baik bagi tubuh, tidak mengherankan jika kepopuleran quinoa telah berhasil mengguncang dunia. Sampai-sampai, FAO (Food and Agriculture Organization), salah satu organisasi PBB yang bergerak di bidang makanan dan pertanian meresmikan International Year of Quinoa pada tanggal 20 Februari 2013. Tujuan dari peresmian tersebut adalah untuk menyebarkan dan memperkenalkan quinoa ke negara-negara di luar Amerika Selatan.

Quinoa sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu white quinoa (quinoa putih yang lebih creamy), red quinoa (quinoa yang berwarna merah), dan black quinoa (quinoa berwarna hitam). Secara umum, ketiga quinoa ini memiliki keunggulan gizi yang relatif sama. Perbedaannya adalah dari segi warna dan khusus untuk red quinoa, jenis quinoa ini lebih sulit untuk menjadi lembek saat dimasak sehingga cocok untuk dicampur dengan salad dingin.

Memasak quinoa tidak terlalu berbeda dengan cara memasak nasi. Berikut adalah tahapan cara memasak quinoa, yaitu:

  1. Sebelum dimasak, cuci bersih quinoa sebanyak 2 - 3 kali.
  2. Masukkan quinoa ke dalam penanak nasi. Anda bisa menanak quinoa menggunakan air biasa layaknya menanak nasi. Untuk memperkaya rasa quinoa, Anda juga dapat mengganti air untuk menanak dengan kaldu hewani (ayam atau sapi) maupun kaldu nabati (sayuran atau jamur), ataupun air yang diberi sedikit garam.
  3. Masak quinoa dalam penanak nasi, tunggu hingga kurang lebih 5 menit dan quinoa siap disantap.

Quinoa harus dicuci sampai bersih dan diolah dengan benar karena jika tidak, quinoa dapat mengeluarkan rasa sedikit pahit. Quinoa memiliki lapisan saponin yang bila tidak dicuci dengan benar akan menimbulkan rasa pahit ketika dimakan. Setelah dimasak, quinoa mengeluarkan rasa sedikit creamy, lembut namun renyah. Sama seperti nasi, quinoa dapat dikonsumsi bersama dengan lauk maupun sayur-sayuran. Bisa juga dicampur dengan salad sayur dan buah.

Mendapatkan Quinoa

Popularitas quinoa kini semakin tinggi, terutama dengan adanya International Year of Quinoa pada tahun 2013 oleh PBB. Permintaan terhadap quinoa semakin meningkat seiring dengan bertambahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Anda bisa membeli quinoa di berbagai toko baik yang online maupun offline. Aneka pilihan baik jenis maupun ukuran kemasan quinoa pun semakin variatif dengan harga yang cukup beragam. Para pembeli bisa dengan leluasa memilih jenis quinoa yang sesuai kebutuhannya.

Namun, bagi Anda yang ingin kemudahan dan kualitas untuk mendapatkan quinoa, Anda bisa mendapatkannya di Lemonilo dengan harga yang bervariasi dan ukuran kemasan yang beragam. Cukup dengan membuka website Lemonilo, lalu memilih kategori Bahan dan klik sub kategori Beras atau Quinoa, maka aneka jenis sumber karbohidrat yang lebih sehat tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank dan Anda tinggal duduk manis di rumah menanti pesanan tiba. Jadi, tunggu apalagi? Melalui Lemonilo, Anda dapat memulai hidup sehat dengan quinoa. Selamat makan quinoa!


Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..