Quinoa, Superfood untuk Ibu Hamil

20 Sep 2018 @ 16:58:34
Kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat memang terus meningkat. Karena itu, semakin banyak bahan makanan sehat yang dulu sulit dicari kini bisa didapat dengan mudah. Salah satunya adalah quinoa, makanan yang berbentuk biji-bijian dari Amerika Selatan yang sudah ada sejak 5000 tahun lalu, namun belakangan ini sangat populer sebagai makanan sehat pengganti nasi. Kandungan nutrisi quinoa begitu istimewa, sehingga bahan makanan ini disebut sebagai salah satu makanan super yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Manfaat Quinoa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Quinoa Untuk Ibu Hamil

Tujuan dari pola makan sehat  yang dijalani saat kehamilan adalah demi mendapatkan nutrisi yang cukup demi kesehatan sang ibu dan janin di dalam kandungan. Hal ini tidak serta merta merupakan penambahan kuantitas atau jumlah makanan untuk ibu hamil, melainkan peningkatan kualitas makanan ibu hamil. Singkat kata, makanan ibu hamil tidak harus lebih banyak, tapi harus lebih kaya gizi. Lalu mengapa quinoa sangat baik untuk ibu hamil? Apa yang membuat quinoa begitu istimewa?

1. Quinoa Kaya Protein

Untuk memaksimalkan proses pembentukan sel-sel tubuh pada janin, asupan protein yang cukup sangatlah diperlukan. Kebutuhan protein ibu hamil meningkat menjadi sekitar 71 gram protein per hari. Karena itulah, konsumsi quinoa akan membantu kamu, para ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan ini, karena tiap 200 gram quinoa mengandung sekitar 6 gram protein. Selain itu, quinoa juga merupakan protein lengkap yang memiliki 9 asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.  

2. Quinoa Adalah Sumber Karbohidrat Dengan Indeks Glikemik Rendah

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan peningkatan kadar gula darah selama kehamilan. Itu sebabnya, ibu hamil harus menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah untuk mencegah risiko diabetes gestasional yang bisa muncul karena tingkat kadar gula darah yang tinggi. 

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah adalah salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Quinoa yang memiliki indeks glikemik 53 yang akan dicerna secara perlahan, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat sekaligus membuat ibu hamil kenyang lebih lama. 

3. Quinoa Kaya Serat

Dengan kandungan sekitar 2.8 gram serat dalam setiap 100 gr, quinoa merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber serat yang baik, terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil memerlukan asupan serat dalam jumlah cukup untuk mencegah masalah sembelit yang sering terjadi pada trimester akhir kehamilan. Serat juga berperan penting menjaga agar pertambahan berat badan ibu hamil tidak berlebihan.

4. Quinoa Mengandung Omega 3

Asam lemak Omega 3 dibutuhkan janin untuk pembentukan otak dan sistem saraf. Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan asupan sekitar 200 milligram Omega 3 per hari. Untuk hal ini, quinoa menjadi sumber omega 3 yang baik dengan kandungan sekitar 90 miligram Omega 3 dalam tiap 100 gramnya.

5. Quinoa Kaya Vitamin dan Mineral

Quinoa juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah janin, fosfor yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin, dan folat yang penting untuk pembentukan sistem saraf bayi.

Inspirasi Menu Quinoa Untuk Ibu Hamil

Inspirasi Menu Quinoa Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, quinoa bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari sup, salad, hingga menjadi pengganti nasi. Quinoa memang dimasak dengan cara yang sama dengan nasi, yaitu menggunakan 250 ml air untuk tiap 200 gram quinoa. Selain itu, quinoa juga bisa dibuat menjadi tepung untuk membuat kue dan cake kesukaanmu. Yuk, mulai makan quinoa untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan!


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018