Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Rahasia Asi Melimpah 6 Makanan Penambah ASI Bunda

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Tingkatkan produksi asi dengan makanan penambah asi.
Bagi bunda yang sedang menyusui si kecil pasti akan merasa khawatir jika air susu yang keluar hanya sedikit. Bunda harus mengkonsumsi makanan penambah ASI untuk mengatasinya. Tidak perlu khawatir karena makanan penambah asi dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita.

Makanan laktogenik merupakan sebutan untuk makanan yang memiliki manfaat memperbanyak ASI, namun biasa disebut juga dengan ASI booster. Makanan ini mengandung galaktagog yang merupakan senyawa pada tumbuh-tumbuhan yang dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
Senyawa tersebut juga disinyalir dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin yang merupakan hormon yang memiliki peran penting dalam membantu kaum perempuan dalam memproduksi asi setelah melahirkan. Bagi bunda yang ingin memperlancar asi, inilah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar asi:

1. Daun Katuk



Daun katuk telah populer di Indonesia sejak dulu dalam khasiatnya yang dapat melancarkan ASI pada ibu menyusui. Pada Ibu menyusui yang mengkonsumsi daun katuk terbukti mengalami peningkatan produksi ASI hingga 50 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak pernah mengkonsumsi daun katuk ini.

Dengan mengkonsumsi ekstrak daun katuk sesuai dengan dosis yang dianjurkan dapat mengatasi kurangnya produksi ASI. Dosis yang dianjurkan yaitu 3 kali sehari dengan takaran 300 mg tiap kali mengkonsumsi dalam waktu 15 hari berturut-turut. Selain dapat memperlancar dan menambah produksi ASI, mengkonsumsi daun katuk juga dapat menjaga kualitas ASI untuk si kecil.

2. Pare



Pare termasuk sayuran yang memiliki rasa pahit, namun dibalik rasa pahit tersebut pare memiliki manfaat sebagai makanan penambah ASI yang mudah ditemui. Di dalam pare terkandung banyak nutrisi dan memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat memperlancar produksi ASI pada Ibu menyusui.

3. Kacang Almond



Berbeda dengan pare, kacang almond memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga memudahkan bunda ketika mengkonsumsinya sebagai makanan penambah ASI. Di dalam kacang almond terdapat kandungan protein dan kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat menambah produksi dan kekentalan pada ASI ibu  menyusui yang mengkonsumsinya.banner consideration promotion bg blue

4. Sayur-Sayuran



Sayuran memang sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Bagi ibu menyusui yang ingin memperlancar produksi ASI disarankan untuk mengkonsumsi sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, brokoli, dan kale. Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran hijau tersebut dapat menambah jumlah ASI.

5. Gandum dan Oat



Gandum utuh dan oat juga merupakan makanan penambah ASI yang dapat bunda coba. Gandum dan oat merupakan bahan makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Oat mengandung tinggi zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penurunan jumlah proses ASI pada ibu menyusui yang baru pertama kali melahirkan.

Bunda dapat mengkonsumsi makanan berbahan gandum seperti bubur, roti, dan kue kering. Untuk oat bunda dapat mengkonsumsi bubur oat yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

6. Buah Pepaya



Buah pepaya memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, pepaya juga dapat menambah jumlah produksi ASI. Cara mengkonsumsinya dapat dicampur dengan bentuk makanan lain seperti salad.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah beberapa makanan penambah ASI yang bisa bunda konsumsi agar si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup. Pada dasarnya makanan penambah ASI tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga dapat memperlancar dan menambah produksi ASI, selain itu juga baik untuk kesehatan tubuh.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.