Recycle & Save Earth: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Ampas Kopi Sisa Kamu!

30 Apr 2018 @ 11:32:26
Kamu pecinta kopi? Sering menikmati kopi nikmat di sela-sela waktu kamu? Minuman yang punya cita rasa pahit sedikit asam ini memang banyak disukai karena mampu membuat kamu terjaga lebih lama dan sesekali mampu memberikan inspirasi disaat stuck pikiran. 

Biar begitu, apa yang kamu lakukan pada ampas kopi setelah kamu meminumnya? Kamu buang begitu saja? Jangan! Faktanya, kamu bisa memakai ulang ampas kopi untuk beragam kegunaan lho! Dengan begini, kamu justru membantu merawat bumi dengan mengurangi sampah limbah rumah tangga. Apa saja sih kegunaannya? Check this out!

1. Masker Pemutih Wajah

Jika kamu kesulitan mencari masker pemutih wajah yang pas dan cocok untuk jenis kulit kamu, kamu mungkin bisa mulai mencoba masker pemutih wajah alami yang terbuat dari ampas kopi. Walaupun warna ampas ini hitam, bukan berarti benda yang satu ini akan buat wajahmu hitam, melainkan putih secara alami. 

Caranya, kamu ambil ampas kopi yang sudah kamu minum dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Basahi sedikit wajahmu dan mulailah balurkan ampas kopi tersebut ke wajah kamu secara merata. Setelah rata, kamu bisa diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ini secara berkala dan lihat hasil dan perbedaannya. 

2. Bau Tak Sedap Di Kulkas? Ampas Kopi Saja!

Kamu mungkin pernah merasakan bahwa lemari es atau kulkas kamu punya bau yang tidak enak ketika kamu membukanya. Hal ini bisa jadi hasil dari makanan yang membusuk di lemari es, namun terlambat atau lupa kamu keluarkan. 

Nah, daripada bingung bagaimana cara mengatasinya, ampas kopi bisa jadi jawaban kamu untuk mengembalikan keharuman lemari es kamu. Taburkan sedikit ampas kopi di beberapa sudut lemari es dan biarkan sejenak. Lemari es kamu akan punya wangi kopi yang khas dan bukan lagi bau tak sedap yang menyengat!

3. Suka Berkebun Di Rumah? Ampas Kopi Bisa Jadi Pupuk Lho!

Apa kamu punya hobi berkebun di rumah? Bingung karena harga pupuk mahal? Jangan khawatir! Ampas kopi yang tidak lagi kamu minum bisa menjadi pupuk kompos alami yang pastinya lebih ramah buat tanah. Ampas kopi ini bisa menjadi pupuk kompos yang mengandung banyak nitrogen dan mampu mengundang cacing. Hasilnya, air dan udara di sekitar tanaman akan lebih banyak. 

4. Mau Rambut Berkilau Alami? Ampas Kopi Jawabannya!

 Tak hanya diperuntukkan bagi wajah, ampas kopi juga baik lho untuk kesehatan rambut kamu. Mengandung kalium dan kalsium yang dapat memperkuat rambut, ampas kopi adalah pilihan tempat bagi kamu yang anti produk perawatan rambut kimia. Selain itu, ampas kopi juga berguna untuk menghitamkan, menghaluskan, dan menutrisi rambut hingga ke akar. 

Caranya, kamu hanya perlu ambil sedikit ampas kopi yang sudah tidak digunakan lagi. dan pelan-pelan, usapkan merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah selesai, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat hingga semua ampas kopi hilang. 

5. Ampas Kopi Tak Dibuang, Bau Sepatumupun Hilang

Pernah sebel sama bau sepatu sendiri? Kalau kamu sebel dengan baunya, bagaimana dengan orang lain? Jangan khawatir, kamu bisa hilangkan bau itu sekejap dengan ampas kopi yang sudah kamu sisakan. Kemampuan kopi dalam menyerap bau membuat ampas kopi ampuh buat sepatu kamu bebas dari bau. 

Caranya, ambil ampas kopi secukupnya dari gelas minum kamu. Keringkan sedikit supaya jangan terlalu basah. Kalau sudah, ambil tisu kering dan taruh ampas kopi di dalamnya. Setelah itu, masukkan tisu berisi ampas kopi ke dalam sepatu kamu yang dirasa bau. Diamkan sehari semalam dan Taraaaaa! Baunya hilang.

Nah, sudah tahu kan gunanya ampas kopi? Itu artinya waktu minum kopi kamu lebih penuh manfaat karena semua komponennya digunakan dengan tepat. Selain itu, cara seperti ini lebih ramah lingkungan karena mengurangi sampah rumah tangga yang akan kamu buang. Eiittsss... semua hal di atas hanya untuk kegunaan luar ya, tidak untuk diminum!


Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018