Rekomendasi Sereal Gandum Untuk Sarapan

13 Mei 2020 @ 19:19:17
Sarapan dengan menu sereal gandum utuh adalah cara terbaik untuk memulai hari. Kamu akan mendapatkan seperempat kebutuhan energi, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, serat yang melimpah di dalam sereal ini bisa membantu proses penyerapan gizi di dalam tubuh sehingga membuat perut kamu tidak mudah lapar.

Menu sereal yang terbuat dari gandum juga bisa menjadi pilihan andalan bagi penderita diabetes yang sedang menjalankan program diet. Berikut ini 3 rekomendasi sereal yang terbuat dari gandum utuh dengan kandungan nutrisi tinggi dan baik untuk tubuh:

1. Oatmeal



Oatmeal adalah makanan yang mengandung gandum utuh. Sebagian dari kamu pasti pernah mendengar oatmeal sebagai makanan ampuh yang bisa membantu program diet. Ini dikarenakan oatmeal memiliki kalori yang rendah, dan sangat sehat untuk tubuh. Sudah tidak diragukan lagi jika oatmeal menjadi pilihan yang baik untuk sarapan dipagi hari.

Dalam 1 porsi oatmeal mengandung 140 kalori. Cara penyajian dari oatmeal juga sangat mudah, sehingga cocok untuk kamu yang sibuk di pagi hari. Sebagai penambah rasa, kamu juga bisa menambahkan potongan buah-buahan segar untuk mendampingi kamu mengkonsumsi oatmeal. Menambahkan buah juga bisa membuat kamu semakin sehat karena banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan.

Mengkonsumsi oatmeal dapat membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Oatmeal juga memiliki serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh. Serat ini juga berfungsi memperlambat pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet.

2. Muesli



Jenis sereal yang kedua adalah muesli. Dulunya, santapan lezat ini dibuat dengan menggabungkan sedikit gandum mentah, bubuk almond, sedikit jus lemon, dan beberapa sendok susu kental dan apel yang diparut. Tapi kini muesli biasanya hanya terdiri dari rolled oat, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering.

Ada beberapa modifikasi dari muesli yaitu mengganti rolled oat dengan quinoa atau millet. Adapun jenis buah kering yang digunakan bervariasi mulai dari kurma, apricot, cranberry atau cherry. Sayangnya, makanan dari muesli memiliki rasa yang hambar sehingga untuk menikmatinya harus diolah terlebih dahulu. Biasanya muesli akan direndam semalaman di dalam susu dan dikonsumsi secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

3. Granola



Rekomendasi sereal dari gandum yang terakhir adalah granola. Seringkali kita menjumpai granola dijadikan snack saat diet, padahal makanan ini juga bisa menjadi sereal untuk sarapan. Makanan ini terbuat dari oat yang dicampur kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Granola juga terbuat dari barley, gandum hitam atau biji-bijian lainnya. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan minyak canola, mentega atau lemak lainnya.

Biasanya diberikan madu atau sirup maple dan dipanggang sampai bahan-bahan tersebut membentuk gumpalan yang renyah. Karena sudah memiliki rasa dan sudah dipanggang, granola dapat dikonsumsi langsung tanpa diproses lebih dulu.

Nah itu dia beberapa rekomendasi sereal gandum yang baik dikonsumsi. Selain enak, cara penyajian sereal gandum diatas juga sangat mudah. Sereal yang terbuat dari gandum juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi kamu di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Poin plusnya, berbagai sereal ini juga mudah sekali ditemukan di berbagai supermarket terdekat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020