Rekomendasi Sereal Gandum Untuk Sarapan

Sarapan dengan menu sereal gandum utuh adalah cara terbaik untuk memulai hari. Kamu akan mendapatkan seperempat kebutuhan energi, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, serat yang melimpah di dalam sereal ini bisa membantu proses penyerapan gizi di dalam tubuh sehingga membuat perut kamu tidak mudah lapar.

Menu sereal yang terbuat dari gandum juga bisa menjadi pilihan andalan bagi penderita diabetes yang sedang menjalankan program diet. Berikut ini 3 rekomendasi sereal yang terbuat dari gandum utuh dengan kandungan nutrisi tinggi dan baik untuk tubuh:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang mengandung gandum utuh. Sebagian dari kamu pasti pernah mendengar oatmeal sebagai makanan ampuh yang bisa membantu program diet. Ini dikarenakan oatmeal memiliki kalori yang rendah, dan sangat sehat untuk tubuh. Sudah tidak diragukan lagi jika oatmeal menjadi pilihan yang baik untuk sarapan dipagi hari.
Dalam 1 porsi oatmeal mengandung 140 kalori. Cara penyajian dari oatmeal juga sangat mudah, sehingga cocok untuk kamu yang sibuk di pagi hari. Sebagai penambah rasa, kamu juga bisa menambahkan potongan buah-buahan segar untuk mendampingi kamu mengkonsumsi oatmeal. Menambahkan buah juga bisa membuat kamu semakin sehat karena banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan.
Mengkonsumsi oatmeal dapat membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Oatmeal juga memiliki serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh. Serat ini juga berfungsi memperlambat pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet.

2. Muesli

Jenis sereal yang kedua adalah muesli. Dulunya, santapan lezat ini dibuat dengan menggabungkan sedikit gandum mentah, bubuk almond, sedikit jus lemon, dan beberapa sendok susu kental dan apel yang diparut. Tapi kini muesli biasanya hanya terdiri dari rolled oat, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering.
banner consideration promotion bg blue
Ada beberapa modifikasi dari muesli yaitu mengganti rolled oat dengan quinoa atau millet. Adapun jenis buah kering yang digunakan bervariasi mulai dari kurma, apricot, cranberry atau cherry. Sayangnya, makanan dari muesli memiliki rasa yang hambar sehingga untuk menikmatinya harus diolah terlebih dahulu. Biasanya muesli akan direndam semalaman di dalam susu dan dikonsumsi secara mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

3. Granola

Rekomendasi sereal dari gandum yang terakhir adalah granola. Seringkali kita menjumpai granola dijadikan snack saat diet, padahal makanan ini juga bisa menjadi sereal untuk sarapan. Makanan ini terbuat dari oat yang dicampur kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Granola juga terbuat dari barley, gandum hitam atau biji-bijian lainnya. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan minyak canola, mentega atau lemak lainnya.
Biasanya diberikan madu atau sirup maple dan dipanggang sampai bahan-bahan tersebut membentuk gumpalan yang renyah. Karena sudah memiliki rasa dan sudah dipanggang, granola dapat dikonsumsi langsung tanpa diproses lebih dulu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah itu dia beberapa rekomendasi sereal gandum yang baik dikonsumsi. Selain enak, cara penyajian sereal gandum diatas juga sangat mudah. Sereal yang terbuat dari gandum juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi kamu di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Poin plusnya, berbagai sereal ini juga mudah sekali ditemukan di berbagai supermarket terdekat. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami