Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Rendah Karbohidrat dan Tinggi Lemak, 5 Makanan Ini Sangat Baik untuk Diet Keto

Lulu
Lulu
01 Jan 2021
Clock Icon
5 menit
 Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto telah menjadi salah satu metode diet yang populer. Penelitian telah menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini efektif untuk menurunkan berat badan dan risiko diabetes.

Ada pula yang mengatakan bahwa diet keto mungkin bermanfaat untuk jenis kanker tertentu, penyakit Alzheimer, dan penyakit lainnya.

Namun, penelitian lanjutan mengenai manfaat diet keto masih dibutuhkan untuk menentukan keamanan dan keefektifannya dalam jangka panjang. banner consideration shipping bg blue

Diet keto kemungkinan besar konsumsi karbohidrat antara 20 hingga 50 gram per hari. Meski tampak menantang, banyak makanan sehat yang bisa dimasukkan ke dalam daftar menu untuk diet keto.

Dilansir dari healhtline, berikut adalah 5 makanan terbaik untuk diet keto:

1. Seafood


Ikan dan kerang adalah makanan yang sangat ramah untuk diet keto. Misalnya, salmon dan beberapa jenis ikan lainnya kaya akan vitamin B, kalium, selenium, dan bebas karbohidrat.

Namun, karbohidrat dalam berbagai jenis makanan laut berbeda-beda. Udang dan kebanyakan kepiting memang tidak mengandung karbohidrat namun beberapa jenis kerang mengandung karbohidrat.

Meski kerang masih bisa dimasukkan dalam daftar menu untuk diet keto, penting untuk memperhitungkan karbohidrat di dalamnya.

Sementara itu, salmon, sarden, dan mackerel sangat tinggi lemak omega-3 yang terbukti menurunkan kadar insulin pada orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Keju


Ada banyak sekali jenis keju dan sebagian besar sangat rendah karbohidrat serta tinggi lemak sehingga sangat cocok untuk diet keto.

Satu ons keju cheddar hanya mengandung 1 gram karbohidrat, 6,5 gram protein, dan kalsium dalam jumlah yang cukup.

Keju mengandung lemak jenuh yang tinggi tetapi belum terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju dapa membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Keju juga mengandung asam linoleat terkonjugasi yang merupakan lemak yang kelembutan dengan penurunan lemak dan perbaikan komposisi tubuh.banner consideration promotion bg blue

3. Alpukat


Alpukat merupakan buah yang sangat sehat. Sebanyak 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 9 gram karbohidrat.

Namun, 7 di antaranya merupakan serat sehingga jumlah karbohidrat bersih dalam 100 gram buah alpukat hanya 2 gram.

Alpukat kaya akan beberapa vitamin dan mineral, termasuk kalium yang merupakan mineral penting yang kerap tidak tercukupi kebutuhannya.

Terlebih lagi, asupan kalium yang lebih tinggi dapat membantu membuat transisi ke diet keto menjadi lebih mudah.

4. Daging dan unggas


Daging dan unggas sebagai makanan pokok dalam diet keto. Daging dan unggas yang segar tidak mengandung karbohidrat dan kaya vitamin B serta beberapa mineral penting.

Daging dan unggas juga merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi dan telah terbukti membantu pemeliharaan massa selama diet rendah karbohidrat.

Salah satu studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan tinggi daging berlemak menyebabkan kadar kolesterol lebih tinggi.

5. Minyak zaitun


Minyak zaitun memberikan manfaat yang mengesankan untuk jantung. Minyak zaitun tinggi asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang telah dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, minyak zaitun extra-virgin kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai fenol. Senyawa ini dapat melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi dan meningkatkan fungsi arteri.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sebagai sumber lemak murni, minyak zaitun tidak mengandung karbohidrat. Dengan demikian, orang yang sedang menjalani diet keto menggunakan minyak zaitun untuk makanannya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.