Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Ayam Goreng Lengkuas dengan Rempah Alami Menyehatkan

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Menikmati menu makan ayam dengan resep ayam goreng lengkuas berikut ini.
Daging ayam adalah sumber protein hewani yang banyak digemari oleh masyarakat karena mudah diolah. Selain rasanya yang enak, daging ayam juga mudah didapatkan. Olahan ayam goreng lengkuas juga  menjadi salah satu masakan favorit kebanyakan masyarakat karena memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Dalam proses memasaknya, biasanya daging ayam akan dimasak dengan cara diungkep bersama dengan beragam jenis rempah-rempah.
Jika kamu tertarik untuk mencoba membuatnya, kamu dapat menyimak kreasi resep ayam goreng lengkuas berikut ini!

Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Enak dan Patut Dicoba

1. Ayam Goreng Lengkuas Biasa



Sebelum kamu memasak, siapkan bahan-bahan berikut ini:


Bahan untuk bumbu halus:


Cara membuat:

  1. Potong satu kilogram daging ayam menjadi 8 bagian. Serta jangan lupa untuk memarut 200 gram lengkuas.
  2. Haluskan semua bahan yang digunakan untuk bumbu halus dengan cobek. Setelah itu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan serai, daun jeruk purut, dan juga daun salam hingga tercium bau harum. 
  3. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan masukan ayam, gula, garam, dan juga kaldu bubuk dapat juga menggunakan kaldu alami yang terbuat dari jamur yang banyak dijual dipasaran karena lebih sehat. Tunggu hingga matang dan air bumbu terlihat berkurang.
  4. Jika dirasa sudah matang, tiriskan ayam. Lalu masukan lengkuas dan kelapa parut ke dalam bumbu, aduk-aduklah hingga meresap dan kering setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Tuang minyak goreng ke dalam wajan penggorengan, tunggu hingga minyak panas. Lalu goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah terlihat berwarna kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya, goreng bumbu lengkuas sampai kering, jika sudah angkat dan tiriskan. Usahakan minyak pada bumbu lengkuas telah benar-benar tiris, jika perlu tekan-tekanlah bumbu lengkuas hingga minyaknya keluar.
  7. Nah, setelah bumbu lengkuas benar-benar tiris, sajikan ayam goreng dengan taburan bumbu lengkuas di atasnya.banner consideration promotion bg blue

2. Ayam Goreng Lengkuas Padang



Dalam membuat resep ayam yang berasal dari Padang ini, kamu memerlukan bahan-bahan berikut ini:

  • ½ ekor ayam
  • 200 gram lengkuas
  • 2 butir telur
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 12 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 4 butir kemiri
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk

Cara membuat:

  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu lalu potong menjadi 4 bagian, jika diperlukan lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis tunggu hingga 20 menit jika sudah cuci daging ayam dan tiriskan.
  2. Haluskan semua bahan untuk bumbu halus, lalu tumis semua bumbu termasuk daun jeruk purut, daun salam, dan serai yang sudah digeprek, hingga tercium aroma harum. Lalu masukan daging ayam, tunggu hingga ayam berubah warna.
  3. Selanjutnya, tuangkan air secukupnya lalu ungkep daging ayam dengan api sedang hingga memiliki tekstur empuk dan air bumbu berkurang.
  4. Ambil 2 telur, lalu kocok lepas hingga kuning telur bercampur. Selanjutnya tuang ke dalam wajan sambil diaduk dengan cepat. Pastikan daging ayam terbalur dengan rata.
  5. Setelah itu, tiriskan ayam dan pisahkan dari bumbunya. Biarkan hingga dingin terlebih dahulu. Jika perlu saringlah agar air sepenuhnya keluar.
  6. Setelah benar-benar tiris, goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan. Perlu dipastikan supaya tidak ada sisa bumbu yang terbawa ketika menggoreng ayam, pastikan hanya menempel sedikit. Setelah dirasa telah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya goreng semua sisa bumbu hingga matang. Lalu sajikan ayam dengan taburan bumbu tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Bagaimana apakah kamu ingin mencobanya? Pasti sudah tidak sabar membuat ayam goreng lengkuas sendiri di rumah. Lengkuas sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah dapat menghambat perkembangan dan juga membunuh virus dan bakteri. Tidak hanya itu lengkuas juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan juga kadar kolesterol. Sehingga mengkonsumsi lengkuas secara teratur sangat baik untuk kesehatan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.