Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Resep Ayam Kecap Menu Makanan Istimewa Mudah dan Lezat

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Resep ayam kecap cocok jadi menu makanan di rumah.
Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan yang banyak disukai dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan masakan yang lezat dan nikmat. Di Indonesia, ada berbagai macam olahan ayam yang populer dan sering dikonsumsi, salah satunya adalah resep ayam kecap.
Daging ayam memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti tinggi protein, fosfor, baik untuk jantung, mencegah osteoporosis, hingga meningkatkan kinerja metabolisme dalam tubuh. Sajian ayam kecap ini memadukan rasa manis dari kecap dan berbagai macam rempah lezat yang patut untuk dicoba. Berikut resep ayam kecap yang wajib kamu coba.

1. Ayam Kecap Pedas Manis Spesial



Tidak suka makanan yang terlalu manis? Kamu bisa mencoba membuat ayam kecap pedas manis spesial. Sesuai dengan namanya, sajian ini memadukan rasa manis dan pedas dalam satu olahan yang nikmat. Bahan yang perlu kamu siapkan adalah ayam, daun bawang, cabai rawit, air, merica bubuk, bawang putih, jahe, bawang Bombay, kecap manis, tomat, garam, dan minyak goreng secukupnya saja.

Potong ayam menjadi beberapa bagian yang tidak terlalu besar. Geprek bawang putih dan jahe, iris bawang bombay berbentuk kecil memanjang. Iris daun bawang dan cabai merah besar dengan gaya menyerong. Potong tomat dan iris-iris halus cabai rawit, gunakan cabai rawit secukupnya saja agar tidak menghilangkan rasa manis dari kecap.
banner consideration promotion bg blue
Panaskan minyak dan goreng ayam hingga setengah matang saja, angkat dan tiriskan jika sudah matang. Tumis bawang Bombay, bawang putih, dan jahe hingga layu atau mengeluarkan aroma yang harum. Masukkan ayam yang tadi sudah digoreng, beri kecap manis, lada, garam, dan air secukupnya saja. Terakhir masukkan tomat dan daun bawang, aduk seluruhnya hingga sedikit layu. Masak sebentar, angkat jika sudah matang dan sajikan.

2. Ayam Kecap Kuah



Jika kamu suka masakan yang sedikit berkuah, ayam kecap bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya yakni ayam potong, kecap manis, air, bawang putih, cabai rawit, jahe, gula pasir, garam, bawang merah, merica bubuk, dan minyak goreng secukupnya saja.

Pertama, tuangkan minyak ke dalam wajan untuk menggoreng ayamnya, goreng hingga setengah matang, angkat dan tiriskan. Tumis bawang putih dan bawang merah yang tadi sudah diiris halus. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan dan cabai yang sudah diiris halus, tumis hingga mengeluarkan aroma harum. Tambahkan garam dan merica bubuk, beri sedikit air sebagai kuahnya.

Setelah airnya mendidih, masukkan ayam diikuti dengan kecap dan gula pasir secukupnya saja. Masak hingga ayam matang dan kuahnya sedikit menyusut agar bumbunya meresap sempurna.

3. Ayam Kecap Spesial



Untuk membuat menu ini, kamu bisa menyiapkan beberapa bahan yang terdiri dari ayam, margarin, kecap manis, bawang bombay, air, bawang putih, cabai merah, tomat, garam dan merica bubuk.

Pertama, lumuri ayam dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Masukkan minyak kedalam wajan untuk menggoreng ayam, goreng hingga setengah matang. Di wajan yang berbeda, panaskan margarin lalu tumis cabai, bawang putih dan bawang merah hingga berbau harum. Tambahkan tomat, garam, dan merica agar lebih lezat lagi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Masukkan ayam dan beri tambahan sedikit air, masak sebentar hingga air agak menyusut. Koreksi rasa, angkat jika sudah matang, sajikan dengan nasi hangat yang nikmat.

Nah Lemonizen, itulah daftar resep ayam kecap yang bisa kamu coba buat di rumah. Berbagai resep ayam kecap yang lezat ini bisa jadi alternatif olahan ayam yang mudah dan praktis dibuat di rumah. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.