Resep Ayam Teriyaki yang Enak, Begini Cara Membuatnya

29 Jun 2020 @ 21:29:40
Memasak adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Memasak membuat kita menjadi lupa atau sekedar tidak memikirkan masalah yang sedang berjalan. Namun, untuk bisa memasak tentunya kamu juga harus tahu beberapa resep yang pas sehingga makanan kamu hasilnya tidak hanya cantik tetapi juga enak. Salah satu resep yang banyak dicari adalah resep ayam teriyaki.

Masakan Jepang selama ini dikenal sebagai salah satu menu hidangan yang memang tidak membutuhkan terlalu banyak bumbu dalam pengolahannya. Hanya bermodalkan beberapa bumbu dan seasoning kunci saja, masakan Jepang bisa kamu buat dengan cepat. Hal ini juga berlaku untuk resep ayam teriyaki. 

Teriyaki adalah salah satu saus khas Jepang yang memiliki rasa yang agak manis, gurih dan sedikit pedas. Di Jepang sendiri, rasa otentik saus teriyaki berasal dari shoyu dan sake yang dicampurkan dengan gula. Sehingga rasa saus ini adalah perpaduan dari rasa gurih dan manis yang legit. Saus ini memang memiliki banyak peminat tak terkecuali bagi lidah orang Indonesia. Biasanya saus teriyaki ini digunakan untuk membumbui daging sapi maupun dengan menggunakan daging ayam.

Cara memasak ayam saus teriyaki juga sebenarnya sangat mudah, bahan utamanya juga sangat mudah ditemukan di pasar yaitu daging ayam dan beberapa bumbu lainnya. Kamu bisa mempraktikkan sendiri di rumah sehingga tidak perlu ke restoran untuk mendapatkan menu Jepang yang satu ini. Berikut ini adalah resep ayam teriyaki yang bisa kamu coba masak di rumah. 


Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah: 

  1. Ayam fillet yang sudah dipotong sekitar 300 gram
  2. Jamur kancing yang telah dipotong sekitar 100 gram
  3. Bawang putih 2 siung dicacah atau diulek
  4. Bawang bombay 1 buah dipotong sabit
  5. Paprika berbagai warna (sesuai selera) dipotong sabit
  6. Satu ruas jahe digeprek
  7. Kecap teriyaki 3 sendok makan
  8. Garam dan gula secukupnya
  9. Merica bubuk sejumput
  10. Minyak goreng 2 sendok makan
  11. Air secukupnya
Berikut ini adalah cara membuat ayam teriyaki ala Jepang: 

  1. Pertama-tama tumis terlebih dahulu berbagai bumbu dengan menggunakan minyak goreng, yaitu bawang putih, bawang bombay, dan jahe. Lalu masukan juga paprika. Silahkan tumis bahan-bahan tersebut sampai aroma harum dan wangi muncul. 
  2. Setelah aroma harum muncul, silahkan untuk memasukkan daging ayam yang sudah dipotong dan aduk bersama dengan bumbu sampai kecoklatan,
  3. Setelah kecoklatan, lanjutkan dengan memasukkan jamur kancing dan bumbui dengan gula, garam, merica, dan jangan lupa memasukkan saus teriyaki. Aduk sampai rata.
  4. Setelah itu silahkan masukkan air secukupnya dan tunggu hingga air mengental dan bumbunya meresap ke bagian daging ayam.
  5. Setelah air sudah banyak berkurang kamu bisa mematikan kompor 
  6. Ayam saus teriyaki pun siap untuk disajikan!


Agar sensasi teriyaki Jepang lebih terasa, akan disarankan untuk menyantap hidangan ini dengan nasi putih hangat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan taburan biji wijen di atas teriyaki atau menambahkan beberapa irisan daun bawang. Dengan begitu, rasa teriyaki yang sudah kamu buat akan jauh lebih mantap. 

Resep ayam teriyaki ini merupakan salah satu resep masakan yang bisa kamu coba buat dengan bahan-bahan yang mudah, bumbu yang sederhana, dan waktu yang cepat. Namun, tetap memiliki rasa yang lezat. Ayam Teriyaki yang merupakan masakan jepang ini sangat digemari oleh banyak orang sebab rasanya yang juga familier dengan lidah orang Indonesia. Selamat mencoba membuat resep ini ya! 


Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020