Resep Bawang Goreng Agar Hasil Renyah dan Lezat

Bawang goreng seringkali ditambahkan dalam berbagai jenis masakan untuk memperkuat aroma dan sebagai penambah rasa masakan. Tekstur renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi pilihan topping wajib dalam setiap masakan khas Indonesia, terutama hidangan berkuah seperti sup, soto, dan bakso. Meski terlihat mudah, namun ternyata resep bawang goreng ada trik khusus, lho. Cara mengolahnya yang kurang tepat malah membuat bawang goreng jadi bertekstur lembek, dan pahit. Nah, bagi kamu yang ingin membuat bawang goreng sendiri di rumah bisa gunakan resep di bawah ini: banner consideration shipping bg blue

1. Pilih Bawang Merah Dengan Ukuran Besar

Jenis dan ukuran bawang merah yang kamu pilih untuk membuat bawang goreng akan menentukan terhadap hasil akhir masakanmu. Supaya lebih lezat, pilih bawang merah dengan ukuran cukup besar. Selain itu, pastikan bawang yang kamu pilih masih segar dan memiliki kadar air rendah, supaya nanti hasil dari bawang goreng lebih renyah dan lezat. Kemudian kupas bawang dari kulitnya hingga bersih dan cuci di air yang mengalir agar lebih bersih dari kuman yang bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

2. Siapkan Bahan-Bahan Pelengkap 

Selain bawang merah, kamu juga harus menyiapkan beberapa bahan pelengkap lainnya, yaitu air putih, 1 sdm garam, 1 sdm tepung maizena, dan minyak goreng secukupnya. Jika semua bahan resep bawang goreng telah disiapkan, iris bawang merah dan pastikan ukurannya tidak terlalu tebal tapi tidak juga terlalu tipis. Pasalnya, jika terlalu tebal nanti tekstur bawang goreng akan menjadi lembek dan tidak renyah. Supaya hasil irisannya sama rata, kamu bisa menggunakan slicer atau alat pengiris bawang supaya lebih mudah.banner consideration promotion bg blue

3. Rendam Bawang di Air Garam

Rendam semua bawang merah yang sudah diiris dengan air garam sebelum digoreng. Campurkan satu liter air dengan 1 sdm garam dan rendam bawang merah kurang lebih 30 menit. Cara ini dapat membuat rasa bawang goreng menjadi lebih renyah dan lezat.

4. Taburkan Tepung

Setelah selesai direndam, tiriskan dan campurkan bawang merah dengan tepung maizena. Cukup taburkan 1 sdm tepung maizena untuk jumlah satu kilogram bawang merah. Aduk rata hingga semua bagian bawang merah tertutupi oleh tepung maizena. Biarkan adonan resep bawang goreng selama beberapa menit.

5. Keringkan Bawang Merah Selama 30 Menit

Jika seluruh permukaan bawang merah sudah terlapisi tepung maizena, jemur bawang sebelum digoreng dengan cara meletakkan bawang merah secara merata di atas wadah. Biarkan selama satu hingga dua jam. Cara ini supaya kadar air di dalam bawang berkurang dan menjadi lebih renyah.
Setelah itu, goreng bawang merah menggunakan minyak goreng secukupnya hingga bisa merendam semua permukaan bawang. Masukkan bawang merah saat minyak sudah setengah panas dan goreng dengan api kecil agar bawang tidak cepat gosong.

6. Tiriskan bawang dan Masukan ke Toples

Setelah diangkat, jangan buru-buru memasukan bawang goreng ke dalam toples. Tiriskan bawang terlebih dahulu hingga kandungan minyaknya berkurang. Kemudian letakkan bawang goreng di atas kertas minyak hingga semua minyaknya terserap.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Jika, minyak sudah terserap semuanya, masukan ke dalam toples dan tutup rapat supaya tekstur renyahnya tetap terjaga. Bawang goreng siap kamu nikmati sebagai pelengkap makanan.
Itulah resep bawang goreng agar hasil renyah dan lezat. Semoga setelah mengetahui resep ini, kamu bisa membuat bawang goreng yang renyah dan lezat ya Lemonizen. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami